Cara Menambahkan Kabel Ground Pada Mobil

Cara menambahkan kabel ground pada mobil dapat dilakukan sendiri maupun dengan bantuan seorang mekanik, tetapi apa fungsi menambahkan kabel ground atau massa ke mobil kita ? Tentu kita mengetahui bahwa performa mobil terus akan menurun setiap tahunnya karena pemakaian rutin. Selain performa mobil menurun maka dapat dipastikan kualitas kabel kabel dari mobilpun akan menurun. Ground pada mobil sendiri memiliki fungsi yang cukup vital ( Ground dapat diartikan dengan Massa) adalah vital karena itu merupakan titik negatif dari sumber kelistrikan, apabila ground kita bermasalah maka daya hantar listrik dari accu, alternator dan lain lain juga akan terganggu. 

Sebenarnya mobil toyota baik baru maupun bekas sudah terinstalasi kabel ground dari pertama kali kita membelinya tetapi seiring berjalannya waktu , maka seringkali terdapat permasalahan akibat karat dan lain lain maka bidang sentuh kabel ke body akan makin menurun, hal ini dapat menyebabkan performa mesin menjadi menurun. (terutama mesin berbahan bakar bensin), selain itu turut mempengaruhi bagian elektrik mobil, cahaya lampu dan lain lain. Akhir-akhir ini banyak sekali pilihan kabell ground after market dengan harga yang cukup mahal, tetapi jangan khawatir kita dapat membuatnya sendiri.

Cara Menambahkan Kabel Ground pada Mobil

Peralatan membuat kabel ground mobil :


cara menambalkan kabel ground pada mobil


1. Bila anda Memiliki Kabel Listrik NYM dirumah bisa digunakan itu, atau bila anda punya kabel serabut yang Lain juga Bisa digunakan.


2. Fiting klem accu atau aki, anda dapat membeli secukupnya 5-6 buah (sesuai kabel yang akan dibuat)


3. Siapkan tang dan gunting atau peralatan yang diperlukan.

Cara Memasang Kabel Ground Mobil

letak pemasangan kabel ground mobil

1. Pertama kita ukur terlebih dahulu daerah Accu terminal Negatif ke daerah mobil yang akan ditempati ground, pada Mobil Diesel kita dapat menggunakan kombinasi 3-1 (Pengertiannya : 3 kabel ke body dan 1 kabel ke mesin) Sedangkan pada mobil berbahan bakar bensin kita dapat menggunakan kombinasi 2-2 ( 2 kabel ground ke body mobil dan 2 kabel Ground ke Mesin ) 

Mengapa pada mesin bensin harus 2 ?  Karena mesin bensin membutuhkan Ignation seperti koil, busi dan lain Lain. Tetapi pada mobil toyota yang sudah mengadaptasi satu koil untuk satu busi maka dapat menggunakan 4 kabel ground setiap businya. 


2. Setelah kita mengukur panjang dari aki bawaan negatif ke daerah yang akan dipasang kabel ground maka kita dapat memulai merangkai kabel ground yang akan kita pasangkan pada mobil (coba lihat pada gambar peralatan yang digunakan, pada gambar tersebut dapat dilihat pada samping kanan, kabel yang sudah dirangkai dengan ujung ujungnya sudah diberi klem penjepit. sedangkan gambar klem yang kotak itu adalah klem aki standart )
fungsi kabel ground mobil


3. Kita juga dapat mengunakan siku yang diberi lubang seperti dalam gambar alat dan bahan. Bahan siku pada umumnya terbuat dari tembaga / kuningan. Siku tersebut untuk mempermudah dan memperbanyak klem seandainya anda ingin menambah banyak sekali kabel ground, 

Pada gambar diatas, terlihat ada 2 kabel ground dan satu kabel Massa Ground dari relay lampu tambahan sementara masih ada 2 buah lubang kosong yang bisa dimanfaatkan lagi dikemudian hari bila anda membutuhkan ground tambahan. 

4. Setelah semua siap, kita tinggal memasangnya di unit negatif aki dan memasang ujung klem di bagian mesin ataupun ke bagian body. (Seperti Gambar), cukup mudah bukan ? Untuk Pemasangan pada mesin dihindari memasang kabel di dekat bagian mesin yang mudah panas seperti dekat exhaust mobil. Perlu diingat, agar mendapatkan hasil maksimal, jangan lupa untuk mengamplas terlebih dahulu bagian body yang ingin ditambahkan ground agar cat mobil tidak menghambat fungsi massa itu sendiri.



cara menambahkan kabel massa mobil


Demikianlah tips otomotif kali ini, yaitu cara menambahkan kabel ground pada mobil. Banyak sekali keuntungan pada pemasangan kabel ground pada mobil seperti, tarikan gas mobil lebih responsif, cahaya lampu yang lebih terang dan audio mobil yang menjadi lebih bening. Tidak percaya ? anda dapat membuktikan sendiri

Artikel Terkait:

6 comments:

tmoc said...

Mantap sangat bermanfaat infonya

Untuk owners etios bisa gabung di tevci ,ayo gabung di fb tevci atau untuk liat2 hasil kegiatan kita klik link ini http://etiosindonesia.blogspot.com/

Unknown said...

Makasih gan untuk informasinya :)
http://goo.gl/tgo8o0

Unknown said...

infonya sangat berguna..makasih gan,,

Unknown said...

Dapatkan promo rental elf jogja murah dengan kualitas pelayanan dan kondisi rental mobil jogja yang baik hanya di Persada Transport & 25transwisata - rental elf jogja.

ahmad sholihin said...

Masih bingung,
nasi tumpeng jogja

ahmad sholihin said...

Alamat dimana?
catering murah jogja

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --