Pengertian Camber Mobil
Camber mobil adalah sudut dari roda,
diukur dalam derajat, saat dilihat dari depan mobil.Roda dari
mobil, dipasang dengan bagian atasnya dimiringkan keluar atau kedalam.Ini disebut camber dan diukur dalam derajat kemiringan dari arah
vertikal. Apabila anda pencinta modifikasi mobil untuk bagian exterior, pastinya akan selalu berhubungan dengan masalah yang satu ini, berbeda dengan pencinta modifikasi mobil untuk bagian engine yang biasanya berurusan dengan akselerasi mobil.
Saat bagian atas roda dimiringkan keluar, maka disebut positive camber.
Dan sebaliknya apabila bagian atas roda dimiringkan ke dalam maka disebut dengan negative camber.
Pada beberapa mobil, camber berubah dengan kecepatan roda yang berbeda. Ini dikarenakan gaya aerodinamis yang menyebabkan perubahan pada ketinggian kendaraan dari pada saat mobil berhenti. Oleh karena itu, ketinggian kendaraan harus diperiksa dan diperbaiki sebelum mengeset camber.Dalam beberapa tahun ini trendnya adalah penyetelan camber pada nol atau sedikit positive untuk mengimbangi beban mobil, sayangnya trend saat ini adalah setting yang sedikit negative untuk meningkatkan stabilitas mobil dan keluar dari mobil, ini mengindikasikan sesuatu yang usang, meningkatkan handling.
Jika camber tidak diatur, maka akan mempengaruhi
keausan pada satu sisi roda.Jika camber terlalu negative, sebagai
contoh, maka roda akan dipakai pada bagian sisi dalam dari permukaannya.Pada beberapa mobil FWD (front wheel drive) camber tidak diukur.Jika
camber keluar dari mobil, ini mengindikasikan sesuatu yang usang,
mungkin dikarenakan kecelakaan dan harus diperbaiki dan diganti
Positive Camber Mobil
Positive camber menghasilkan beban yang dinamik yang
akan membuat roda berjalan dengan relative datar pada permukaan jalan.
Positive camber juga mengarahkan berat dan beban guncangan dari mobil
pada bearing roda bagian dalam yang besar dan pada splinder bagian dalam
dibandingkan dengan bagian luar bearing. Positive camber yang sedang
sedang saja, akan membuat umur bearing lebih panjang, memperkecil
kesalahan beban yang mendadak, dan keuntungan lainnya, kemudi yang lebih
mudah.
Positive camber yang berlebihan yang digunakan pada
roda bagian luar dapat menyebabkan keasuan suspensi seperti bearing roda
dan splinder. Pemberian positive camber pada roda menyebabkan beban
pada bagian dalam spindle, mengurangi gaya gerak pada spindle dan
steering knuckle.
Gaya reaksi, yang sama besar dengan beban mobil,
diberikan pada roda tegak lurus terhadap jalan. Ini dibagi dalam gaya
tegak lurus ke sumbu spindle dan gaya parallel ke sumbu spindle yang
mendorong roda kedalam, membantu untuk mencegah roda dari slip pada
spindle. Bearing dalam roda dibuat lebih besar dari bagian luar untuk
menahan beban ini.
Negative Camber Mobil
Variasi pada negative camber dapat
digunakan untuk meningkatkan handPenyetelan 1/2° negative pada kedua
sisi akan meningkatkan penyudutan tanpa mempengaruhi umur roda yang
berarti. Negative setting ini mengganti kerugian pada positive camber,
merubah roda bagian luar karena putaran mobil dengan cara demikian
bagian permukaan roda yang bergesekan lebih datar selama menyudut /
miring. negative camber yang berlebihan menggunakan bagian dalam roda
dan hampir sama dengan positif camber dapat menyebabkan keausan dan
stress pada suku cadang suspensi
Rear Camber Mobil
Rear camber tidak bisa diadjust pada sebagian besar
mobil RWD (rear wheel drive). Mobil mobil ini dirakit dengan setting
camber nol dan cukup kuat untuk tidak lentur atau melengkung dalam
kondisi beban normal. Hampir semua mobil front wheel drive, mempunyai
spesifikasi pabrik untuk sejumlah kecil rear camber, biasanya sejumlah
kecil dari negative camber untuk stabilitas di kemiringan. Jika
spesifikasi pabrik mengijinkan sebuah setting 0° sampai -0.5°(30’)
diperlukan untuk penggunaan roda dan stabilitas kemudi. Jika rear
setting berubah, suku cadang suspensi harus diganti, Meskipun demikian,
hampir semua mobil dapat diatur dengan menggunakan tipe lain untuk
pengaturan seperti shims, cam bolt atau bushing.
Road Crown dan Camber Crowned road
Ini dapat diartikan bahwa mobil miring sebelah sisi, yang disebabkan di bagian luar atau sebelah kanan tangan kita lebih rendah dari
pada sebelah kiri.Ini bermanfaat untuk pembuangan air di jalan tapi
merugikan karena akan mempengaruhi handling mobil.Road Crown harus
dikompensasikan dengan setting alignment sebab mengendarai mobil pada
crowned road akan miring ke samping, menyebabkan beberapa beban
berpindah ke sebelah kanan, dan camber berubah sedikit lebih positive.
Kombinasi ini menciptakan sebuah tarikan atau penyimpangan ke kanan.
Sebagian besar teknisi alignment menyetel mobil dengan sedikit lebih
positive untuk camber, biasanya 1/4°(15’), pada bagian kiri untuk
kompensasi road crown. Camber yang lebih positive ini tidak akan
menyebabkan tarikan yang nyata saat dikendarai pada jalan yang rata.
Sayangnya, jika camber tidak sama sisi ke sisi dengan perbedaan lebih
besar dari 1/2°(30’), mobil akan tertarik ke sebelah sisi yang cambernya
lebih positive Secara spesifikasi 0° to ±0.5°(30’) biasanya terbaik
untuk handling mobil.
Semoga membantu
No comments:
Post a Comment
Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman
-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --