Mobil Toyota yang notabene banyak mengusung rangkaian komponen terpisah, harus disatukan dengan baik agar kinerja antar komponen dapat berlangsung sempurna. Contoh mudahnya adalah air radiator yang harus didinginkan selepas dari cylinder head, tanpa bantuan slang air maka dapat dipastikan proses ini tidak dapat berjalan. Salah satu penyambung rangkaian komponen adalah slang karet, spare part toyota yang seringkali diabaikan tetapi memiliki fungsi yang cukup vital.
Slang karet sangat banyak ditemukan pada mobil-mobil toyota dan masing-masing komponen memiliki peranan penting dan tentu usia pemakaian. Jangan biarkan komponen slang karet rusak tanpa terdeteksi, kita harus melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan apakah material karet setiap slang dalam kondisi yang layak pakai. Seringkali karena slang karet yang bocor atau pecah dan menyebabkan mobil menjadi susah stasioner atau hidup. Terbayang sudah betapa pentingnya slang karet yang ada di mobil, jangan anggap sepele masalah slang ini karena seringkali dapat merepotkan anda sendiri di tengah perjalanan.
Slang Karet Mobil yang perlu diperhatikan :
1. Vacuum Booster
Slang Vacuum Booster |
Meski jarang sekali rusak, slang besar ini berfungsi penting sebagai jalur vakum untuk membantu kinerja booster rem. Terhubung ke intake manifold, slang booster memiliki ciri dinding yang cukup tebal atau kaku agar tidak mudah kempos saat terjadi proses penghisapan (kevakuman)
Saat pedal rem diinjak, one way valve di tabung booster akan membuka dan terjadi proses kevakuman karena isapan dari langkah piston di mesin. Berbuntut karet membran booster bekerja untuk meringankan mekanis pengereman. Jadi tidak ada salahnya slang vakum booster , yang harganya tidak seberapa mahal untuk diganti setiap 2 tahun sekali untuk memastikan rem berfungsi dengan baik dan tidak mengempos.
2. Vacuum Injeksi / Karbu
Slang Vacuum Karburator |
Bila slang vakum untuk booster rem berdiameter besar, slang vakum untuk sistem injeksi bahan bakar atau karbulator berdiameter sangat kecil. Meski begitu konstruksi tetap sama dengan ketebalan dinding slang cukup tebal. Karena slang jenis ini banyak diaplikasi pada ruang mesin, suhu tinggi dan getaran dapat menyebabkan mudah rusak atau getas.
Sudah seharusnya bagi para pemilik mobil Toyota yang masih menggunakan karbulator seperti kijang Super, Toyota Corolla Twincam memerika kondisi slang vakum ini saat tune up ataupun service karbulator karena slang ini seringkali menyebabkan stasioner terganggu akibat kebocoran pada slang vakum. Dan harga untuk slang vakum ini sendiri tidak tergolong mahal, sekitar Rp 60.000 - Rp 100.000,-
3. Power Steering
Slang Power Steering |
Sistem power steering mobil toyota di bawah tahun 2005 masih menggunakan model hidraulis alias masih mengandalkan oli/minyak bertekanan, mengandalkan dua buah slang berukuran besar yang memiliki fungsi berbeda.
Satu buah slang dilengkapi dengan dua napel dari besi lengkap dengan mur pengencang yang merupakan slang high pressurre / bertekanan tinggi. Slang ini menjadi media minyak power steering dari pompa hidraulis ke rack steer. Satu slang lagi adalah slang balik minyak power steering dari rack steer ke pompa hidraulis dan tidak merupakan slang high pressurre. Pastikan kondisi kedua slang dalam kondisi apik sehingga tekanan oli ke rack steer slalu terjaga dan tidak terjadi kebocoran.
Usia slang power steering high pressurre sendiri tergolong lama dan dapat bertahan sekitar 4-5 tahun. Harga spare part toyota untuk slang high pressurre sendiri tergolong tinggi alias mahal tetapi memang lebih baik menggunakan barang original Toyota dibandingkan imitasi karena kualitasnya yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan imitasi. Salah satu ciri kerusakan slang power sterring adalah adanya bunyi dengung ketika kita memutarkan kemudi mobil dan bunyi ini sangat sulit hilang bila menggunakan slang high pressurre after market.
4.Air Conditioner
Slang AC |
Masih seputar slang bertekanan, media penyalur freon dari kompresor menuju kondensor ac juga mengandalkan slang karet yang dilengkapi dengan napel besi sebagai pengencang. Biasanya slang yang sudah retas / uzur, sering terjadi kebocoran pada bagian napel yang terpasang dengan cara dipress. Hal ini disebabkan karena tekanan yang sangat tinggi pada jalur ini.
Sedangkan, slang balik freon dari blower menuju kompresor tidak bertekanan terlalu tinggi, namun tetap saja bisa mengalami kebocoran karena faktor usia pakai yang sudah lama. Meski harga spare part original untuk slang ac tergolong mahal (sama seperti slang power steering), jangan tunggu hingga ac tidak dingin karena freon bocor dan dapat berakibat pada kerusakan spare part ac lainnya.
5. Rem
Slang Rem |
Untuk beberapa tipe dengan embel-embel High Performace, sang rem dibungkus lagi dengan anyaman serta baja ( braided ) agar saat tekanan hidraulis meningkat ( menginjak rem mendadak) maka slang tidak menggembung. Dan untuk mobil toyota yang dipakai harian sebenarnya tidak perlu mengaplikasi slang jenis braided, selama kualitas slang rem original terbilang bagus dan memang masih bisa diandalkan.
6. Radiator
Slang Radiator |
Slang ini lazimnya dibentuk spesifik sesuai tipe dan jenis mobil. Meski begitu ada juga yang versi universal yang sudah dibentuk dengan sudut yang umum dipakai seperti huruf "L" ataupun "I". Untuk berbagai jenis water hose, kini sudah tersedia dalam bentuk spiral type yang fleksible dan bahkan berwarna transparan untuk membuat tampilan slang radiator mobil beda dari lainnya.
7.Bahan Bakar
Slang Bensin |
Di pasaran tersedia beberapa macam slang bensin, slang untuk mesin injeksi berkualitas lebih bagus karena dituntut bisa mengantisipasi tekanan bahan bakar hingga 3 bar. Sementara slang bensin karburator yang baik dilengkapi dengan anyaman nilon untuk memastikan slang tidak gembung akibat dialiri bensin terus menerus. Slang ini banyak tersedia dalam bentuk meteran sehingga bisa membeli sesuai kebutuhan dan untuk kualitas yang bagus biasa dibandrol dengan harga Rp 70.000 - Rp 100.000 / meter.
8.Silicone Hose
Silicone Hose |
Slang silicon dapat menahan tekanan udara hingga 5 bar asalkan instalansi yang dilakukan benar. Tidak hanya untuk sambungan piping turbo, silicone hose ini semakin luas penggunaannya untuk water hose maupun vacumm hose karena pilihan warna yang menarik sehingga membuat mobil kita tampil beda
Demikianlah ketujuh (plus satu) slang karet mobil toyota yang memerlukan perhatian khusus sehingga tidak menyusahkan kita di tengah perjalanan karena kerusakan pada beberapa bagian slang tersebut dapat membahayakan nyawa kita sebagai pengendara. Selain slang karet mobil toyota, tentu bagian yang paling sering getas atau pecah adalah karet bodi mobil toyota
semoga membantu
No comments:
Post a Comment
Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman
-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --