Perawatan mobil tentu diperlukan agar dapat menghindari kejadia seperti Mobil yang Overheating atau panas berlebih dapat terjadi kapan saja dan pada kondisi tertentu, hal ini dapat membuat mobil menjadi tidak dapat berjalan. Bagi yang mengerti gejalanya, dapat segera mengantisipasi hal ini. Namun, kejadian ini dapat membuat orang panik, apalagi jika dialami oleh orang yang kurang paham mengenai hal satu ini karena ujung-ujungnya mobil akan mogok di tengah jalan. Biasanya overheating terjadi karena ada sistem mesin atau bagian dari sistem mesin yang tidak berfungsi dengan baik.
Penyebab Mobil Overheating :
1. Radiator Bocor
|
Radiator yang bocor |
Kalau air radiator kurang atau habis di sistem pendingin mesin, mesin akan mati karena overheating. Maka dari itu, air radiator harus sering diperiksa ketika perawatan mobil berkala. Atau penyebab lainnya, radiator mampat karena faktor air. Air di dalam radiator lama-lama akan menjadi keruh, keruhnya akan menjadi lumpur dan mengendap. Air untuk mengisi radiator yang paling bagus adalah air bekas tampungan ac rumah atau air untuk mengisi ulang radiator. Untuk penggunaan coolant, sebaiknya dihindari untuk mobil-mobil lawas.
|
Keterangan : bagian-bagian radiator |
2.Tutup Radiator
|
Tutup radiaator rusak karena karat |
Tutup radiator yang lepas akibat lupa memasangnya setelah mengisi atau mengecek radiator juga seringkali menjadi penyebab mobil overheat. Memang terdengar konyol, tapi keteledoran memang sering menjumpai kita di saat kita sedang terburu-buru, maka dari itu selain perawatan mobil berkala, ada baiknya kita melakukan perawatan mobil secara harian. Periksa juga apakah tutup radiator kita sudah rusak atau masih bagus. Tutup radiator yang rusak akan membuat air cadangan radiator tidak mengalir ke radiator ketika tekanan mencapai angka yang dituliskan pada tutup tersebut. Apabila air cadangan radiator tidak berfungsi dengan semestinya maka mesin mobil cepat atau lambat akan mengalami overheat kembali.
Cara untuk melihat apakah tutup radiator rusak atau tidak
- Cabut selang radiator yang menuju reservoir / tempat cadangan air radiator
- Hidupkan mesin, tahan pada putaran 2000rpm
- Jika keluar air dari radiator tempat selang dilepas sebelum kipas hidup / mesin panas berarti tutup radiator mengalami kerusakan dan perlu penggantian
3.Selang Radiator
|
Selang radiator dapat getas |
Selang radiator yang menyalurkan air panas ke radiator dan air dingin ke mesin sudah tersumbat sehingga terjadi kevakuman. Ketika
perawatan mobil berkala kita harus rajin memeriksa terutama bagian-bagian selang yang dekat dengan kleman, apakah selang sudah kembung atau rusak karena faktor usia. Radiator yang panas, otomotasi selang dipaksa menahan beban dorongan air dari waterpump.
Cek juga bagian waterpump, apakah sudah mampat atau belum. Bisa jadi karena usia pakai yang sudah lama sehingga diperlukan penggantian spare partnya sehingga kerja waterpump menjadi normal kembali.
4.Kipas Radiator
Jangan pernah melupakan pemeriksaan pada kipas radiator ketika perawatan mobil berkala, kipas radiator rusak bisa juga menyebabkan overheating. Apalagi letak kipas itu agak sulit terlihat dan dicek oleh kita. Kipas ini berfungsi membantu aliran udara dari depan radiator untuk melepas hawa panas. Kipas bisa mati karena motor kipas yang sudah lemah atau sudah mati. Baling-baling kipas juga memerlukan perhatian, apakah sudah pecah atau retak sehingga kipas tidak lagi berputar dengan sempurna.
|
Thermostat mobil toyota |
Selain itu thermostat yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi air, bisa saja macet. Untuk mengetahui kerusakan thermostat, memang harus dibuka terlebih dahulu, apabila pegas per pada thermostat sudah tidak berfungsi maka mau tidak mau harus dilakukan penggantian spare part
mobil Toyota nya
13 comments:
Artikel yg bagus.
Kendaraan saya Corabs 95 2000cc manual, dah cukup kuno makanya ada2 saja kasusnya, maklumlah mau ganti Camry masih terlalu amat sangat jauh he....
Pernah overheat sampai 3 x, terakhir dah tak ganti radiator baru merk denso, ac diservis (tp kompresornya belum) masih tetep saja overheat terutama ketika ac sedang on. Terpakasa saya opname di bengkel langganan, entah dah brapa kali kesana dg kasus yg berbeda beda. Silinderkop dibongkar memang dah pada kropos paknya dan katanya agak lengkung, wah kok separah ini ya...
Sekarang belum jadi itu tunggangan, ndak tahu habis brapa ?!.
Klo ada yg punya pengalaman serupa, tolong di share, misalnya apakah kinerja mesin jadi lemot atau bensin jadi boros apa gimana gitu...?
Mau ganti camry yah om ? kalo ganti camry 3.0 skrg sudah dapat ditebus di bawah angka 100 juta tetapi kendalanya satu camry 3000cc dianggap terlalu boros untuk ukuran mobil sedan sehingga nilai jualnya sangat jatuh dibanding 2.400 cc..
Mesin corona 2000 cc dianggap salah satu mesin unik milik toyota karena keadaan dudukan mesin dia yang miring. Apabila cylinder head sudah melengkung memang mau tidak mau mesin harus dipapas agar tidak terjadi overhead, tapi hal ini dikembalikan ke tangan tukang bubut. Andaikan tukang bubut sudah menganggap mesin tidak dapat dipapas maka mau tidak mau mas harus ganti satu gelundung cylinder head...Dan bila mendapakan tambahan keterangan dari mas bahwa banyak bagian yang sudah keropos, alangkah baiknya mengganti cylinder head satu gelundung dgn kisaran harga 7juta (komplit isinya)
kalau boros tergantung untuk corona diadu dengan mobil apa karena ukuran boros itu relatif untuk mesin 2000cc
semoga membantu
Mas, Mobil saya starlet 95 mengalami overheat, perjalanan baru 5 km siang hari ac on sudah overheat, air di tank cadangan mendidih sampai nyembur keluar dan habis, air di radiator juga kurang, sudah di bawa ke 2 Bengkel berbeda, analisanya sama, masalahnya di pack mesin bocor sehingga udara masuk ke radiator, apakah mungkin demikian? Mohon sarannya, trimakasih
share pengalaman gan. mobil ane greco '92. mesin pernah overheat, ternyata kipas radiator mati. spare part untuk motor 250.000 plus kipas 50.000. sekarang normal lagi...
@cah gemblung : kalau ada gelembung air yang cukup deras memang ada masalah di pack mesin atau biasa disebut paking cylinder head (pembatas antara cylinder head dengan cylinder block).. Tapi apabila sudah turun mesin seperti itu, coba lihat kondisi cylinder head, apakah sudah melengkung atau belum sehingga perlu dibubut kembali..
@wbsakti, untung penyebabnya segera diketahui sehingga tidak berlanjut ke masalah yang lain :)
ok infonya, mantap
coba ganti swicth thermostatnya mas..
Gan ane baru bali mobil timor
Trs sampek rumah selang yg ke tabung radiator itu di cabut
Kira kira apa masalahnya gan
Soale ane baru pertama kali punya roda4
Mohon pencerahannya
Trims
ikut nyimak gan,saya pengguna Greco th94,yg lagi punya masalah overhead hingga air mendidih. makasih
Mobil saya L300 disel baru saja mengalami overheat krn radiator bocor sampai keluar asap...setelah dingin saya coba distater tapi tidak mau hidup juga...waktu saya stater kipas radiator ikut muter menandakan mesin tidak macet/ngejump...kira2 apa yang harus saya lakukan...mohon bantuannya..thank's
Mohon info, cari karet body pintu depan Fortuner di mana ya? Terimakasih
Fortuner 2010 maksud saya.Tq
Fortuner 2010 maksud saya.Tq
Post a Comment
Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman
-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --