Cara Membuat Speedometer Mobil Lebih Terang

membuat speedometer mobil lebih terang
Menambahkan LED pada spedometer
Pengen speedometer lebih terang dengan lampu LED seperti di gambar ? Mengapa kita tidak mencoba untuk membuat speedometer mobil lebih terang dengan LED. Tips otomotif kali ini untuk mengisi waktu luang para pecinta mobil yang senang melakukan DIY. Kali ini kita akan membongkar pada bagian speedometer mobil sendiri.(Kalo speedometer mobil orang agak ngeri juga ngerjainnya)

Peralatan untuk membuat speedometer mobil lebih terang :



1.Cutter
2.Kabel 2 warna
3.Bekas bohlam tancap spedometer yang sudah mati
4.LED Strip
5.Alat solder + Timah
6.Selang bakar
7.Obeng Plus
8.Kopi + Pisang goreng ( Ini paling penting biar gak stress-stress banget :P )

Cara membuka Spedometer mobil Toyota :

1. Lepas penutup spedometer dengan obeng plus terlebih dahulu
cara melepas speedometer great corolla
melepas speedometer mobil
2. Tips otomotif ini dilanjutkan dengan menarik speedometer secara perlahan-lahan.Hati-hati karena masih ada 3 soket kabel penghubung di belakang spedometer.Selipkan tangan dibelakang, cari soketnya terlebih dahulu dan tarik lepas soket dengan connectornya dengan cara menekan klipnya.
melepas speedometer mobil toyota great
cari soket di belakang spedometer dan lepaskan
3. Lepaskan penutup mika speedometer dan apabila mika speedometer dapat dibersihkan sekalian melepasnya.

cara membersihkan speedometer great corolla
Speedometer yang sudah terlepas
4.Buka bagian belakang Speedometer sehingga tampak seperti gambar

bagian belakang speedometer great corolla
lepas bagian belakang speedometer
speedometer toyota great corolla 1994
spedometer yang sudah terlepas

Cara Membuat Speedometer Mobil lebih terang dengan LED

1. Tips otomotif ini dilanjutkan dengan memotong LED Strip per 3cm / 3lampu LED sesuai tanda

2. Potong Kabel 2 warna sekitar 1-1,5 cm dan dirangkai menggunakan solder + timah (awas jangan salah solder, nanti jari tangan yang ditempel ke solderan).Di ujung2 solderan dapat disisipkan selang bakar sehingga terlihat rapi.Perhatikan tanda + dan -, jangan sampai terbalik pemasangannya.
rangkaian led untuk speedometer mobil
Rangkai LED menjadi seperti ini
3.Cabut semua lampu speedometer di mobil, Inget bohlam lampunya saja yang dicabut, soketnya tetap dipasang yah 

4.Atur posisi rangkaian LED yang telah dibuat di langkah kedua seperti gambar berikut :
cara membuat speedometer mobil lebih terang
Mengatur LED Di lingkaran Speedometer
5.Pasang kabel pada salah satu soket lampu yang lama dengan cara dijepit dengan lampu speedometer yang sudah mati.(Kenapa yang sudah mati ? kalo pake yang nyala mah jadi double lampu dong, malah bisa konslet karena kelebihan voltase),Ingat colok di bagian bawah kabel yang +, jangan sampai dibalik yah.

Pusing sampai disini ? makan dulu pisang gorengnya sambil minum kopinya, kasian dah dingin makanannya. Sudah selesai melanjutkan tips otomotif di dalam membuat speedometer mobil agar lebih terang ?

6. Setelah selesai, pasang kembali speedometer dan dicoba dilihat dulu hasilnya. Lebih terang dan jauh lebih menarik di mata speedometer mobil Toyota kita ? Mudah bukan untuk melakukan tips otomotif yang satu ini ?
cara membuat speedometer meter mobil terang
Hasil sesudah terpasang


Artikel Terkait:

33 comments:

Anonymous said...

tangan mas defri lagi

Ridwan SB said...

mas defri kan McGyver nya GCC jogjakarta

Anonymous said...

mantab bro...
thanks

Anonymous said...

mas brooo
kalo lepas jarum speedonya gimana caranya??
tinggal cabut aja apa ada acara di puter2 duluu???
thank youuu....

Anonymous said...

Mas Bro...
Kalo jarum speedometer berputar kagak normal (gyang2 gak beraturan) gmn?

Suyudi said...

Oom Ridwan...
Indikator bensin kendaraan saya nggak mau gerak, kata bengkel asesoris kerusakan ada pada motor di dalam spedometernya dan harus diganti, perkiraan dia sekitar 700 rban untuk standart Toyota, wuih mahal amat hanya untuk sebuah onderdil sebesar telur puyuh!
Berbekal memperbaiki spedometer dari oom Ridwan coba2 saya buka sendiri, ternyata untuk jarum fuel indikator jika diputer puter agak seret. Kalau digerakkan pada posisi F (full) dianya nggak mau balik sendiri ke posisi E (empty).
Awalnya fuel indikator selalu menunjuk ke posisi 1/3 dan tetep saja disitu baik bensin sedang penuh atau kosong, mesin hidup / mati ya tetep saja disitu. Namun setelah saya buka dan saya gerakkan ke posisi E dan saya pasang kembali, mesin saya nyalakan ehh... ternyata jarum mau bergerak, tapi berhenti lagi di posisi 1/3, pada hal tangki bensin dalam keadaan full tank. Menurut perkiraan saya motor masih normal, tapi ada gangguan seretnya tadi
Pertanyaan saya :
1. Apakah memang begitu untuk fuel indikator kalau diputer rasanya agak seret, beda dg indikator lainnya misalnya indikator suhu, kecepatan maupun RPM, yg mudah diputer puter dan mau kembali dg mudah ke posisi awal.
2. Menurut oom Ridwan gimana cara memperbaikinya ? Apakah ditetesi sedikit dg minyak rem pada as motornya fuel indikator bisa mengatasi masalah ? Saya kuatir nanti malah konslet !
3. Kalau memang harus diganti punyakah oom Ridwan motor fuel indikator yg second aja, tapi masih OK. Soalnya saya pernah cari ke pasar loak maunya suruh beli komplet seluruh panel2.
Terimakasih telah berbagi dan membantu...

Ridwan SB said...

1.Indikator bensin memang agak serat dibandingkan dengan yang lain

2, yakin permasalahannya dari indikator di speedometer ? apakah pelampung bensin di dalam tangki dalam keadaan bagus ? soalnya kalo buat indikator bensin yang susah naik, permasalahannya adalah di pelampung bensin dimana terdapat indikator untuk menggerakan jarum di speedometer..
perlu diperhatikan perbedaan antara pelampung original dengan pelampung imitasi, pelampung imitasi biasa mempunyai kekurangan bahwa bensin kurang presisi di dalam penunjukaannya, contoh : isi full tank, ternyata indikator hanya 3/4 saja...

3.mobil toyota apa nich buat fuel indikatornya

Ridwan SB said...

kalau goyang-goyang pada mobil apa nich ? kalau untuk toyota soluna dan corona twincam memang jarum speedometer tidak bisa stabil

Anonymous said...

mas ridwan jsrum spidometer great tidak jalan, tapi kilometernya jalan kira - kira yang rusak apa tu mas ridwan

Cholim uttami said...

mas Ridwan saya juga mempunyai pertanyaan spt saudara yang di atas,GRECO 92 saya jarum speedometer kadang jalan kadang tidak, dan jarum indikator temperatur menunjukkan di tengah tengah, apakah sangat bermasalah? Suwun....

Ridwan SB said...

kalau jarum speedometer mati2 gitu ada 2 komponen yang harus dicek :
1. sensor speedometer, diperiksa apakah ketika gigi2 di speedometer masih berfungsi, letaknya dekat gear box msin, kalau diputer manual jarum masih ada gerak berarti sensor ok

2. Kabel resistor di dalam speedometer, biasanya ketika kita membuka speedometer dan liat bagian belakangnya ada resistor yang putus atau mati sehingga harus diganti...sama prinsip kerjanya dengan barang2 elektronik yang menggunakan panel...

Kardina Didin said...

om indikator bensin corrola gl saya bermasalah... klo habis posisi ada di bawahnya setengah tangki.... kalau diisi full malah beregerak ke posisi E, kira2 apanya ya.... kalau mau beli dimana ya kok jarang yang jual...

luki said...

Om ridwan, klo bongkar speedo soluna bwt pasang LED harus cabut jarum2 indikator-nya ga? Atw sama kyk yg mas ridwan bongkar (Greco ya?) tidak usah dicabut jarum2nya?

Tq.

luki said...

Oh utk ternyata memang ga stabil ya jarum speedo soluna, saya kira mau putus kabel spidonya.

Ridwan SB said...

Dari case yang sering ditanyakan ke saya, penyebab utama alias biang keladi buat kejadian seperti ini adalah pelampung bensin.

Coba dibersihkan terlebih dahulu pelampung bensin yang terletak di dalam tangki bensin, biasanya sudah penuh karat dan tidak maen...

kalau kondisi sudah parah, mau tidak mau harus menggantinya dengan pelampung bensin baru dan saran saya menggunakan yang original Toyota karena yang imitasi seringkali tidak menunjukkan posisi yang akurat yang seperti dialami sekarang ini

Ridwan SB said...

kalau untuk led soluna seperti sudah banyak beredar yang model kit untuk indiglownya sekalipun, pemasangannya harus mencabut jarumnya spedometer untuk soluna.

hati2 yah pas mencabut jarumnya karena gampang patah, ada baiknya menggunakan benang dan dililitkan pada celah antara jarum lalu ditarik pelan2..


semoga membantu

deris viktiadi said...

Om Ridwan....Toyota Great saya kilometer nya gak "jalan" (gak muter)... itu kira2 apanya yah?

terimakasih

wbsakti said...

keren gan...kalau jarum udh ga mau bergerak gmn gan? jarum speedometer..

a said...

mobil sy limo exs taksi tahun 2005, lampu spedometernya mati. sudah sy bawa ke nasmoco advisnya odometer harus diganti. apa masih bisa diperbaiki? indikator lain di odometer hidup. mohon saranya gan. makasih.

edo said...

Saya baru pasang speedometer indiglow di mobil lancer evo IV, nyala bagus sih, tapi jarum speedometernya gak ikut nyala. Bagaimana supaya bisa ikut nyala? Mungkin mas Ridwan punya trik/advis, Trm ksh.

syahri ramadhan said...

Kalo lampu speedometer nyala cuma sebagian kenapa yaa mas? Lampu pemantik juga mati.. Trus lampu penerang pada tombol AC juga mati.. Mobil saya hyundai accent verna mas.. Mohon solusi. Thnx

Remando Hamzah said...

Misi gan, numpang nanya. RPM Corabs 93' ane bengong nih. Kira" permasalahannya dmn yaa gan.?? Mohon pencerahannya. Thanks..

Advadhita Prasadianinggar said...

Permisi pak Ridwan.. kalo misalnya spedometernta jalan tp kilometernya yg mati itu kenapa? Apakah gir kecil di indikator kilometer rusak atau ada komponen elektroniknya yg sudah rusak? Trrima kasih pak

Gede Diatmika said...

Permisi...lampu indikator angine sy knp ya ko klu udh jalan beberapa meter nyala,sy lihat spido km sy ga bergerak alias mati ?sampe saat ini sy blm benerin,,itu apanya yg rusak ya pa?fatal ga klu blm sy benerin jg,,,

Gede Diatmika said...

Mobil avanza g 2005 manual

fuad silvia said...

[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 13


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 14


[>>>] Modifikasi Mobil Menggunakan Velg Hitec Racing


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg ay179


[>>>] Modifikasi Mobil Racing R13X55H8ET15






[>>>] Cara Membaca Velg Ricing


[>>>] Tips Modifikasi Mobil


[>>>] Modifikasi Mobil Terios jadi 4WD


[>>>] Modifikasi Honda Jazz


[>>>] Toko Velg Mobil Time Attack, Tempatnya Jual Velg Bogor






[>>>] Modifikasi Mobil Avanza 2008


[>>>] Modifikasi Honda Civic Wonder


[>>>] Modifikasi Terios


[>>>] Modifikasi Mobil Paling Gila Di Dunia


[>>>] Seputar CIVIC WONDER








[>>>] Velg Racing ADV.5-JZ52-HSR-RING-22X9-H5X1143-ET42-SILVER


[>>>] DEAN-JZ604-HSR-RING-22X9-H5X1143-ET45-GREY


[>>>] VPS-JD2327-HSR-RING-17X75-85-H8X100-1143-ET40-SEMI-MATTE-GREY


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg VPS-JD2327-HSR-RING-17X75


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg GIOVANA-JD1038-RING17X75

suhardi hardi said...

Kalo lampu spedonya gak nyala,,,gmana cara ngatasin bozz

alvin chandra said...

dear mr Ridwan

untuk ganti lampu speedometer pada fortuner berapa ya? karena seperti ya lampu ya sudah agak ssoak, kadang kedap kedip.. klu kelistrikan sudah di cek normal..thanks

boy aditya said...

ada yg di jual ngak mas

sirine polisi said...


salam kenal dari kami, info yang sangat bermanfaat ,
Saya benar- benar tertarik dengan koleksinya. Mungkin agan juga pernah mendengar

TOA Jogja
TOA Jogja
TOA Jogja
TOA Jogja
TOA Jogja

Dealer TOA
TOA
Ampli TOA
Dealer TOA
Wireless Portable
Bel Sekolah Otomatis

Bel Sekolah Otomatis
Bel Sekolah Mp3
Bel Sekolah Gratis

Sirine
Sirine Patwal
Sirine Polisi

Sirine
Strobo
Strobo Dashboard

Batu Permata
Batu Permata Murah
Batu Permata Jogja

sirine patwal

patita saujana said...

menarik mas.. saya pingin bgt merubah tampilan spdmtr kijang grand extra 96.. mas bisa bantu tutorialnya gak..or saya beli jadi mas..thx

patita saujana said...

subuh2 mau sahur ketemu pencerahan..hehehe. mohon dibantu ya mas..biar lebih cerah lg.. thx

Gogi So said...

Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I've truly enjoyed browsing your blog posts.
Visit my web here: http://hyundai3cuc.vn/san-pham/xe-tai-van-dongben-x30-2-cho,
xe hd700 đồng vàng,

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --