Mengatasi Indikator ABS yang menyala

cara mengatasi indikator abs yang menyala

Lampu Indikator ABS Nyala ? Jangan panik, karena dapat kita mengatasi dengan mudah. Banyak lampu indikator di dasbor mobil dengan lambang yang berbeda dan memiliki arti masing-masing. Biasanya ketika kunci kontak dalam posisi On, beberapa lampu indikator menyala 1-3 detik kemudian padam sendiri. Namun bisa saja ada lampu yang masih menyala, itu artinya ada yang tidak beres pada mobil tersebut. Salah satunya adalah indikator lampu ABS yang menyala. Mobil Toyota saya kok tidak ada indikator ABS nya? Tentu saja indikator ini hanya terdapat pada kendaraan toyota yang sudah dilengkapi dengan Anti-Lock-Braking system (ABS), biasanya terdapat pada mobil toyota tahun 2000 ke atas. Tapi ada beberapa mobil di bawah tahun 2000 sudah dilengkapi dengan ABS, salah satunya All New Corolla 1.8

ABS adalah sistem keselamatan yang memungkinkan roda pada kendaraan bermotor untuk terus berputar, mencegah roda terkunci otomatis ketika melakukan pengereman mendadak. Atau singkat katanya, anti slip (sama seperti jargon celana dalam pria saja) ketika melakukan pengereman. Roda yang terkunci pada pengereman akan membuat kendaraan tidak terkendali dan bisa mengakibatkan kecelakaan. Perawatan mobil secara berkala tentu mengakibatkan semua komponen abs berlaku normal.

mengatasi lampu indikator ABS yang menyala
Modulator unit ABS
Hal yang seharusnya terjadi adalah ketika mesin dihidupkan, lampu ABS akan hidup sejenak lalu padam. Kalau terus menyala maka ada yang bermasalah dengan sistem ABS mobil kita. Jangan panik dan kita perlu mengetahui terlebih dahulu, darimanakah sumber kerusakannya. Sistem ABS merupakan kombinasi dari sistem elektronik dan hidraulis untuk mengatur pengereman masing-masing roda agar rem mobil tidak blong seketika. Komponen utama ABS adalah Speed Sensor, Wheel Sensor, Control Unit dan Modulator Unit.

Cara mengatasi lampu ABS mobil yang menyala

1.Cek apakah minyak rem berkurang secara drastis, cek juga bagian master rem mobil apakah ada yang macet ?

2.Cek bagian-bagian sensor yang terlihat seperti wheel sensor yang terletak pada setiap roda (biasa orang menyebutnya dengan sensor abs), apakah kita pernah membongkar bagian kaki-kaki mobil dan membuka wheel sensor ? apabila pernah membuka bagian kaki-kaki, ada kemungkinan bagian wheel sensor belum terpasang kembali dengan benar atau bisa jadi wheel sensor putus (Bentuknya kabel) atau jangan-jangan digigit oleh tikus.

3.Apabila tidak menemukan kejanggalan, dapat langsung melakukan SCAN untuk mengetahui dengan pasti bagian mana yang rusak dan spare part toyota mana yang perlu melakukan penggantian.

Sebagai informasi tambahan, apabila mobil toyota yang sudah dilengkapi dengan ABS melakukan perbaikan atau penggantian spare part toyota pada bagian rem maupun shock breaker maka seringkali indikator ABS di mobil menjadi menyala sendiri. Jangan khawatir, kita dapat menghilangkan dengan memacu mobil dengan kecepatan sekitar 60 dan melakukan pengereman mendadak, lakukan 2-3 kali dan indikator ABS yang menyala akan menjadi mati.

Apabila lampu ABS menyala, maka kita tidak usah panik untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil karena mobil masih dapat digunakan dan masih dapat mengerem dengan normal cuma sistem anti slip pengereman mobil saja yang menjadi hilang.

Semoga membantu

Artikel Terkait: