Alasan memilih Toyota Great Corolla


modifikasi toyota great corolla

Toyota Great Corolla atau biasa disebut Greco merupakan salah satu mobil legendaris yang dihasilkan oleh Toyota dengan angka penjualan yang cukup fantastis, pada masanya hampir setiap 3 menit terdapat satu penjualan mobil great corolla di seluruh dunia. Bahkan hingga sekarang, harga Toyota Great Corolla tergolong cukup tinggi untuk mobil keluaran tahun 1992 hingga 1995 (bandingkan dengan harga Toyota All New Corolla 1.600cc keluaran tahun 1997 yang harganya lebih murah atau sama dengan Greco). Apa yang menyebabkan harga mobil bekas toyota Great Corolla begitu stabil di tengah maraknya mobil baru yang beredar di Indonesia ?

Toyota Great Corolla

Great Corolla didesain sebagai penerus keberhasilaan varian Corolla yang cukup diminati oleh masyarakat. Toyota Great sendiri hadir sebagai bentuk penyempurnaan dari Toyota Corolla Twincam. Daya tarik utama mobil ini adalah kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 1.600cc, sudah menggaplikasikan twincam (double noken as) dan sudah menggunakan Sistem Injeksi (bukan lagi karburator)

Great Corolla mulai diproduksi dan masuk ke Indonesia pada tahun 1992 sampai dengan 1995 dengan 2 pilihan kapasitas mesin, yaitu 1.600 cc DOHC dan 1.300cc SOHC (masih menggunakan mesin Corolla Twincam dan karburator) Tersedia juga varian matic tetapi hanya khusus untuk Greco 1.600 cc.

Ada sedikit perbedaan antara mobil Great Corolla keluaran tahun 1992-1993 dengan mobil Greco keluaran tahun 1994-1995, adapun letak perbedaannya :

1.Stop Lamp / Lampu Rem
Pada Greco tahun 1992-1993, stop lamp dan sein berwarna merah kuning sedangkan pada Greco tahun 1994-1995 sudah berwarna merah putih

stop lamp great corolla 1992
Stop lamp Greco 1992
 
2. Spion
stop lamp great corolla 1995
Stop Lamp Greco 1995
Pada great corolla 1992 sudah dilengkapi dengan retracble mirror alias spion bisa melipat otomatis dari bangku pengemudi sedangkan pada greco tahun 1994-1995, fungsi spion kembali menjadi manual. Downgrade ?

3. Kisi-Kisi AC
Pada Greco tahun 1992 terdapat kisi-kisi ac yang terletak di bawah dashboard sedangkan pada great corolla tahun 1994 kisi-kisi ac kecil tersebut dihilangkan dengan alasan tidak terlalu fungsional.

4. Grill
Pada Great corolla tahun 1992, grill mengarah kepada desain sporti sedangkan pada great corolla 1994 grill mobil dirancang lebih elegan.

5. Master Rem
Pada great corolla 1992-1993 menggunakan master rem dengan model kaki 3 sedangkan pada Greco 1994 menggunakan master rem dengan model kaki 2

Kelebihan Great Corolla

Great Corolla mempunyai banyak kelebihan yang membuatnya harganya tetap stabil hingga saat ini. Berikut ini pembahasan mengapa banyak orang yang lebih memilih Toyota Great Corolla dibandingkan dengan Toyota All New ataupun Toyota Soluna.

1. Mobil Irit dan Bertenaga

Hampir setiap mobil baru mengusung tema irit bahan bahan TAPI bagaimana dengan tenaga yang dihasilkan dan performa di jalan raya ? Tampaknya, kita tidak perlu meragukan lagi dengan performa Great Corolla yang memiliki kapasitas mesin 1.600 cc (bahkan ada yang bisa memacunya hingga top speed 200km/jam) dan perbandingan bensin sebesar 1 : 11/13. Memang Great Corolla masih kalah irit dengan toyota Soluna tetapi perlu diingat Soluna memiliki kapasitas mesin 1.500 cc

2. Desain Bodi gagah dan tidak lekang oleh waktu

Bodi mobil sedan toyota yang satu ini memang terlihat gagah dan tampak menarik hingga tahun 2013 ini sehingga tidak jarang orang yang langsung jatuh hati melihatnya. Dan yang membuatnya layak untuk dibeli adalah masih merupakan produksi Jepang bukan seperti mobil toyota Avanza ataupun Innova yang sudah merupakan pabrikasi Indonesia. Kualitas kekuatan bodi boleh dibuktikan sendiri, bodi kaleng toyota Great jauh lebih baik dan stabil.

3. Banyak pilihan modifikasi

Faktor ini merupakan faktor utama yang membuat orang lebih memilih Great Corolla dibandingkan dengan All new Corolla maupun Soluna. Ada banyak pilihan modifikasi tampilan untuk Great Corolla, bisa masuk ke model Japan (JDM) maupun model USA (USDM). Biasanya perbedaan yang bisa dimodifikasi pada bagian exterior seperti Head Lamp, Grill, Bemper maupun Stop Lamp. Bagian Interior pun tidak luput sebagai pilihan modifikasi seperti kursi dan stir. Bandingkan dengan kedua pesaingnya yang tidak memiliki banyak pilihan modifikasi untuk tampilan luar.

mobil great corolla putih
Great Corolla Versi JDM

 
toyota great corolla USDM
Great Corolla versi USDM

4. Spare part Great Corolla

Mobil tua identik dengan spare part yang sudah mulai langka, tetapi berbeda untuk mobil Great Corolla yang memang banyak pemakainya sehingga spare part toyota Great Corolla sangat mudah didapatkan dengan harga yang tidak tergolong mahal. Memang ada beberapa spare part Great Corolla yang sudah mulai susah didapatkan seperti kabel bodi maupun soket-soket dan beberapa komponen elektronik lainnya.

5. Banyaknya kolektor mobil yang menyukainya

Harga jual yang tergolong tinggi tidak lepas dari permintaan pasar yang cukup banyak akan mobil Great Corolla. Hal ini dipicu karena banyaknya pemilik mobil yang memiliki kenangan manis dengan mobil toyota yang satu ini sehingga mereka rela menghabiskan kocek yang cukup dalam untuk mendandani Greco seperti kenangan mereka dahulu kala. Selain itu banyak juga penggila mobil Greco yang mendandani mobil mereka sesuai model JDM maupun USDM agar terlihat unik.

Masalah Great Corolla

Mobil bekas tentu meninggalkan PR untuk para pemakainya, apabila kalian berminat untuk membeli Greco tentu saja ada beberapa permasalahan yang sering dikeluhkan para pemakainya. Tapi tenang saja, masalah yang ditinggalkan biasanya tidak terlalu rumit.

1. Kaki-kaki mobil
Bagian kaki-kaki mobil seperti shockbreaker, tie rod, long tie rod , ball joint, link stabil seringkali menjadi fokus pertama pembeli mobil great corolla. Tetapi banyaknya pilihan after market sehingga biaya untuk mereparasi bagian ini dapat ditekan tidak terlalu tinggi

2. Timing Belt
Untuk pembeli mobil Great Corolla, saya selalu menganjurkan untuk penggantian Timing belt dan tensioner terlebih dahulu karena spare part toyota yang satu ini memang vital dan membutuhkan record yang pasti untuk penggantiannya. Lihat harga timing belt untuk mengetahuinya biaya yang diperlukan.

3. Power Steering
Pada beberapa kasus pembelian Great Corolla, mereka kurang teliti mengecek bagian power steering yang sudah mulai bocor atau rembes sehingga memerlukan kocek untuk melakukan penggantian spare part. Biasanya sangat dianjurkan untuk mengganti satu set rack steer daripada harus mengganti seal rack steer yang dimana tingkat resiko kegagalan lebih tinggi daripada penggantian satu set.

4. Bagian Belakang
Hampir semua mobil sedan Toyota mengalami permasalahan pada bagian belakang mobil ketika bermuatan penuh. Semua mengeluhkan, "Mobil saya gasruk ketika muatan penuh." Tetapi tenang saja, kendala ini dapat diatasi dengan melakukan penggantian shock Kayaba Exel G dan per mobil yang lebih keras sehingga masalah ini dapat terselesaikan, harga yang harus dikeluarkan sekitar 1,5 juta rupiah untuk mengatasi masalah bagian belakang mobil.

Harga Spare part Toyota Great Corolla 


modifikasi corolla great atau greco
Berikut ini beberapa harga spare part Great Corolla di Sumber Berkat Toyota :

I. Tune up
- Filter Oli : Rp 45.000 (original)
- Filter Bensin : Rp 150.000 (denso)
- Busi : @ Rp 15.000 x 4 (original)
- Oli mesin disarankan memakai Shell Helix HX-5 Rp 175.000 / galon (4L)
- Injection Cleaner : Rp 50.000 / botol

II. Spare Part untuk Kaki Depan
- Shock breaker Great Corolla : Rp 950.000 / set ( Kayaba Exel G )
- Tie Rod : Rp 150.000/set (merk TRW )
- Long Tie Rod : Rp 220.000/set (merk TRW)
- Ball Joint : Rp 200.000/set (merk TRW)
- Link Stabil : Rp 175.000/set (merk TRW)
- Bushing Arm Besar : Rp 75.000/pc 
- Bushing Arm Kecil : Rp 55.000/pc
- Kampas Rem Depan : Rp 330.000 (Original)

III. Spare part untuk Kaki Belakang
- Shock Breaker Great Corolla : Rp 950.000 / set (Kayaba Exel G )
- Link Stabil : Rp 175.000/set (merk TRW)
- Kampas Rem Belakang : Rp 225.000 (Original)

Beberapa bagian lainnya akan di update oleh sumber berkat toyota atau apabila ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Great Corolla dapat melihat halaman About Us atau dapat ditanyakan disini mengenai permasalahan mobil Great Corolla nya.

Jadi apakah layak mobil Toyota Great Corolla mencapai harga yang cukup tinggi ? Semuanya saya kembalikan kepada anda, apakah kalian memang memiliki kenangan manis dan mencari mobil Toyota yang bertenaga dengan biaya perawatan murah serta banyak pilihan modifikasi? Atau kalian lebih memilih city car yang sudah banyak beredar di Indonesia ?

Artikel Terkait:

39 comments:

itonk said...

trimakasih review.nya Oom... jadi makin semangat berburu greco nih...

Unknown said...

selamat berburu greco yang ciamik mas bro

Unknown said...

Kalo untuk lis diatas bamper belakang greco nyarinya dimana ya..

stiker kaca sejahtera said...

klo ada yg mau jual greco boleh dunk hub ane di http://stiker-kaca.blogspot.com


thanks

kevin said...

baca artikel ini... jadi terkenang sm si greco red boil pertama ane dulu... tenaganya lumayan yahud tapi fc nya rada boros 1:8 dalkot... pernah ane gaspol di tol masuk 180 kpj... pokoknya 2 thumbs buat si greco...

Imam Azzumar said...

Keren om buat artikel2nya, sangat2 membantu buat penggemar merek toyota...

Bikin ulasan tentang Corolla Twincam dong om, klo setelah saya browse di blog ini blom ada, yang notabene mobil ini banyak juga pemakainya,

Selain itu juga, TC ideal buat first car bagi anak muda yang baru makan duit sendiri dan mau belajar ngerawat mobil kayak saya
(Dari segi ketersediaan parts, konsumsi bensin irit, harga spareparts yang lumayan dan mesin yang bandel)

Overall, emang manteb om ridwan ini, semoga Allah SWT membalas om karena kebaikan om

Salam,

Imam

Unknown said...

list di atas bemper yang dimaksud yang mana yah bro ?
apakah crome list, itu bisa pake meteran saja agar murah

Unknown said...

widih nich greco cepet juga yah setelah dioprek2... jangan2 cylinder blok nya sudah pake punya allnew corolla 1.8 dengan piston gt...hahaha

kalo 180 greco memang masih bisa tembus setelah dioprek, cuma kendalanya dengkul saya tidak kuat lagi buat nge gas kencang2

Unknown said...

salam kenal juga om..
nanti akan dibuat ulasan juga mengenai twinnie...mobil twincam dapat dibilang sebagai engkongnya greco sehingga lahir mobil great corolla

perbedaan mendasar tentu saja antara sistem injeksi dengan sistem karburator antara kedua mobil ini...

Pamungkas Nunchaku said...

hayoooo siapa yg mau menjual Great Corolla miliknya. kirim e-mail saja mas bro.. ke: siaplaksanakan86@gmail.com

Unknown said...

Nah ada yang bisa membantu mas danna untuk menemukan Greco nya ?

kawulo jogja said...

asyiikkk, ulasannya mantab.. jadi obat galau nyari mobil second... terima kasih om

Unknown said...

2 thumbs buat bro ridwan...

saya lagi galau ni bro, antara greco & soluna, mengingat dana yang cekak +/- 60-70 jt,
kalo soluna tahun lebih muda, fc irit,, kalo pilh greco tunggangan stabil tapi aga tua....mengingat ddana juga...
rencana cuma dipakai buat harian kerja???? gimana bro, adakah pencerahan???

Bambang Feryantono said...

Saya mau jual great corolla th 1995, kondisi mulus, atas nama sendiri, plat H, warna merah, DVD TV double din, jok semi kulit warna putih tulang, contact HP 08122513741, PIN BB 26B70BC3, alamat rumah perumahan Sidosari Jl. Ciliwung I no. 25 Ungaran, kab. Semarang

Unknown said...

gak usah galau koq
antara great dan soluna mempunyai kelebihan masing2 juga om walaupun secara teknis mesin great dan soluna tidak berbeda jauh dan banyak juga kemiripannya.

soluna dan vios terkenal sebagai mobil paling irit toyota, ditambah taun yang masih muda, masih ada beberapa leasing mobil dan asuransi yang menerimanya...

sedangkan greco tentu saja kelebihannya untuk bermain di eksteriornya yang notabene banyak sekali pilihan customnya.

Unknown said...

Great corolla saya tahun 92. Saat saat ini kalau mobil sedang dijalankan dan dinyalakan ac dalam jarak kira kira 15km, tiba tiba mobil mati sendiri seperti kehilangan pengapian atau kehabisan bensin. Saya harus menunggu waktu sekitar 30 menitan untuk bisa menghidupkan mobil kembali. Kira kira kendalanya apa ya? Mohon informasinya

cahgemblung said...

Duck tail kali?

Unknown said...

asiik< ane dapet Greco istimewa, abis dapet dari sodara, xixixixi

Unknown said...

Buat agan2 masta ane mau tanya nih, greco ane kok kadang ngebul putih kenapa ya?.... itu hanya sheal clepnya atau ring sekernya yang kena?.... mohon pencerahanya....

Unknown said...

kalau ngebul putih nya sudah cukup banyak memang sudah kena seal klepnya..tapi biasanya untuk mobil tahun 90an, memang sudah saatnya penggantian ring piston / ring seher dan seal klep...jadi sekalian turun mesin untuk skir klep agar tarikan enteng kembali...

cukup sayang apabila hanya penggantian seal klep karena untuk mobil di atas durasi 10 tahun ada kemungkinan ring piston sudah mulai longgar, kalau dikerjakan satu2 malah terkena ongkos double

Unknown said...

@mas ridwan untuk ongkos turun mesin penggantian seal klep + ring piston perkiraan berapa ya?

Unknown said...

Mw tanya dong rotor delco itu apa ya... Soal nya kata orang bengkel mesti diganti rotor delco nya karena sukan endut"n...

Unknown said...

komponen di dalam delco om... kalau cup delco sudah terbuka, maka ada barang berwarna merah yang terlihat langsung oleh mata, dan itu adalah rotor delco...

sudah coba tune up dan penggantian filter bensin terlebih dahulu ? rotor itu jarang rusak apabila tidak dibuka copot, biasanya yang sering rusak adalah seal2 delco yang getas sehingga oli membasahi koil dan kondensor yang terletak di dalam delco

Unknown said...

biasanya tidak lain tidak bukan adalah koil..karena setelah dingin mobil dapat dihidupkan kembali.

abi brewok said...

Mantap om bro 4 jempol buat ulasan ttg greco nih....salam kenal & salam hangat dr penggila greco surabaya...

abi brewok said...

Mantap om bro 4 jempol buat ulasan ttg greco nih....salam kenal & salam hangat dr penggila greco surabaya...

Unknown said...

Mantap om ulasanya ,cuma ane mau nanya greco ane kalo pagi ada netes oli dari antara mesin sama gardan ,netesya sih ga banyak cuma 2 tetea ..itu kenapa yah...sama greco ane kan pake velk ring 17 cuma kalo kecepatan udah yampe 100km/jam ada semi getar...itu apa masalhya ....

Unknown said...

manstab..ulasan nya thank kang Ridwan

Unknown said...

Seal" sudah diganti om tapi masih ada rembes diseputar delco, kira" apa ya?!

Unknown said...

trims ulasannya.... sangat membantu

Unknown said...

ijin bookmark gan, bermanfaat banget infonya

anam said...

Om tolong dong di ulas juga corona twinie (ex saloon),ane punya twinie 91 mau ganti kaki kaki biar empuk berapa kira2 biaya harus keluar,trs kenapa mobil kok boros dalam kota cuma 6km/ltr

Unknown said...

Kang Ridwan ulasanya mantaab abis nih,, kebetulan ane mau jual greco bapak nih.. tahun 1995 abu abu tua metalik 1.6 Se.g , transmisi automatic.. mobil masih sangat enak , tinggal test drive .. Alamatnya Griya Purwa Asri blok A-410 Purwomartani kalasan sleman DIY. CP : 085 729 800 215

Anonymous said...

MALEM OM RIDWAN, BARANGKALI ADA YG MAU NERUSIN GRECO MATIC PUNYA ANE SENDIRI ,KONDISI MOBIL SIAP PAKE GAN ,TH 1995 ABU" GELAP ,CAKEP, GAN NOPOL B ,CONTAC : 087736013213 LOKASI SOLO JATENG NUWUN ( ULASAN OM RIDWAN MANTABS BANGETS )

Unknown said...

Bantu jawab
Coba balancing dan sporing
Selanjutnya cek karet2 dudukan mesin

ahmadsayuthi said...

Mohon ijin tanya Gan: greco 95 lampu sein kadang-kadang berkedip lambat bahkan tidak mau berkedip, hanya menyala saja. Bagian apa yang harus diperbaiki? Terima kasih atas jawabannya.

ahmadsayuthi said...

Up

ahmadsayuthi said...

Nunggu jawaban ini

Unknown said...

Kl ada yg jual, boleh nee...

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --