Cara menghilangkan jamur kaca dan baret kaca

menghilangkan baret kaca

Jamur pada kaca mobil seringkali menggangu pandangan pengemudi ketika mengemudi mobil kesayangan terutama ketika dalam kondisi hujan.Sapuan wiper terasa kurang bersih padahal wiper tersebut baru saja diganti dengan yang baru.Penyebab jamur kaca tidak lain karena mobil yang terkena air dan terjemur matahari secara langsung.

Tips otomotif kali ini membahas cara untuk menghilangkan jamur kaca

Penggunaan pasta gigi :

menghilangkan baret kaca dengan pasta gigi
Pasta gigi dapat menghilangkan jamur kaca
1.Siapkan pasta gigi, spoon bersih dan lap yang tidak berserat (kain perca atau potongan baju)

2.Basahi kaca mobil yang terkena jamur atau seluruh kaca mobil (biar sekalian kerja), pastikan tidak ada debu yang tertinggal sehingga tidak menyebabkan kaca mobil menjadi baret.

3.Oleskan pasta gigi pada spoon secukupnya lalu poles kaca mobil yang sudah berjamur tersebut.Poles menggunakan perasaan, jangan sampai karena terlalu bersemangat malah kaca mobil menjadi pecah.

4.Setelah dioleskan, siram dengan air dan lap kaca mobil hingga kering.(jangan dibiarkan basah sehingga angin yang mengeringkan, kalau dengan cara ini sama saja seperti membiarkan berjamur kembali)

5.Liat perbedaannya, apabila kurang bersih dapat diulangi untuk memoles kacanya.

Catatan tambahan untuk kaca mobil yang baret halus.

1.Oleskan pasta gigi pada bagian kaca yang mengalami baret halus.

2.Semprotkan air sedikit atau dapat dikatakan diteteskan air sedikit.

3.Setelah itu lakukan gerakan mengulek gado-gado (penuh semangat) pada bagian kaca yang baret agar baret kaca dapat tersamarkan

4.Bilas dengan air sehingga sisa odol menghilang

5.Keringkan dengan menggunakan kertas koran atau kain perca.

6.Lihat perbedaannya, tetapi tips ini tidak berlaku bagi kaca yang memiliki baret yang cukup dalam apalagi sudah mengalami retak di kaca.

7.Dapat diaplikasikan pada headlamp mobil yang sering mengalami baret halus.


Jangan lupa untuk membaca tips otomotif tentang bagaimana mengatasi mobil yang mogok secara tiba-tiba.

Semoga membantu

Artikel Terkait:

23 comments:

Anonymous said...

Kalau mau menghilangkan baret di lampu akibat amplas gimana ya?

Ridwan SB said...

baret-baret cacing atau gimana nich bro ?
kok bisa sampe diamplas sich headlampnya

kalau baret pada headlamp tidak terlalu dalam, headlamp dapat dilapisi dahulu dengan lilin, setelah itu dikerok secara perlahan..Sehabis itu dapat menggunakan wax untuk memoles kembali permukaannya.

Trik ini dapat membuat batok lampu mobil menjadi lebih tipis karena dikerok tetapi membuat headlamp nampak lebih bening

muhammad hasan said...

gimana cara poles lampu depan yang benar? dn alat keroknya pakek apa serta obat penghilang bekas rampelas...?

Tedi Sopyan said...

klo cara hilangin noda aspal di body gmn ya boss, apa benar pakai solar/ bensin?

Ridwan SB said...

kalau untuk moles lampu depan tanpa ada baret2, cukup dengan kain perca / kain kasa ( serat halus) dengan tangan sendiri sudah cukup

tapi kalau ada baret2, ada baiknya menggunakan alat poles sendiri...

untuk mengerok lampu yang baret setelah dibalur lilin, dapat menggunakan cutter maka dari itu saya bilang membuat tipis headlamp. tapi trik ini sulit dilakukan pada headlamp yang menggunakan bahan dasar plastik

Ridwan SB said...

untuk noda aspal dapat dibaca di menghilangkan noda aspal

Anonymous said...

merek odolnya apa,pak?

Derri Deryana said...

Saya sudah coba berulang kali menghilangkan baret-baret kecil di kaca depan pakai odol dengan berbagai merek tapi hasilnya nihil bro, baretnya tetap aja ada, gimana tu? ada tips lain?

ridho said...

Iya tuh baretnya msh blm ilang gmna ya bro

Ridwan SB said...

Derry & Ridho : Baretnya sepertinya cukup dalam di kaca depan, hal ini karena penggunaan wiper yang sudah kering sehingga menimbulkan baret yang berulang2 di tempat yang sama sehingga hasilnya cukup dalam..

kalau baret cukup dalam dan tidak dapat dihilangkan, mungkin alternatif lainnya adalah poles kaca dengan menggunakan mesin poles tetapi ada kekurangan dari poles kaca yang notabene untuk penipisian kaca depan sehingga seringkali banyak cahaya bias dari kendaraan lawan kita di malam hari dan membuat mata tidak fokus...

Dian Rent Car Cirebon said...

salam sukses..

mantap nih infonya....makasih buanyak pa..
ijin copas..

salam sukses

Anonymous said...

pecahin aja kacanya bro trus ganti yg baru..
dijamin hilang baretnya bro..
selamat mencoba...

Muhammad Arifin said...

Mas bro, mau tanya.. Kalau cara menghilangkan Baret TNI-AD yang ada dikaca depan mobil bapak saya gimana mas bro?? soalnya warnanya ijo dari dulu ditaronya disitu2 aja..

Ridwan SB said...

kalo baret TNI-AD itu sama kaya baret yang ditinggalkan mobil-mobil ex taxi dan tidak dpat dihilangkan...solusinya, ditimpa kembali dengan stiker-stiker lainnya yang mungkin sesuai selera atau penggantian kaca..

Tapi kalau kondisi kaca mobil masih ok, kayanya solusi mengganti dengan stiker lain menjadi jauh lebih bagus dan terjangkau

Muhammad Arifin said...

ohh gitu.. oke makasih banyak mas bro.. tapi bukan stiker ini mah, tp topi baret di dlm kaca

Ridwan SB said...

Hahaha kalo yang 'baret' yang itu biarkan di tempat seperti apa adanya....lumayan buat pengaman di jalan :)

warsito lakir said...

Iya nich baret kaca agak dlm umpama di kasih lilin terus di kerok sepert ngilangin baret di headlamp bisa nggak gan

Ridwan SB said...

kalau baretnya di kaca mobil bagian depan, saya gak berani menyarankan untuk dikerok seperti itu om karena efeknya kaca mobil akan bias ketika mendapatkan sinar dari lawan arah dan dapat membahayakan keselamatan.

Yayan Sirliana said...

lebih setuju ganti kaca yang baret bekas wiper mah!tapi mobil saya corolla great 93 kemana nyari tuh kaca,kisaran harga berapa yah sama lis kacanya?

Anita Handayani said...

Di kaca depan mobil saya juga ada tuh baret karena wiper
Saya diemin aja, saya fikir emang sudah umurnya kali.... hehehe....

Kalau buat mencegah biar baretnya gak tambah banyak gimana ya Mas?


Izin kopas ya Mas

please visit my website :)
http://anitanet.staff.ipb.ac.id and http://anita-handayani.blogspot.com

Irsan Komarga said...

Teman-teman yang bingung merawat mobi, silahkan kunjungi web saya di www.cardetailing.co.id

fuad silvia said...

[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 13


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 14


[>>>] Modifikasi Mobil Menggunakan Velg Hitec Racing


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg ay179


[>>>] Modifikasi Mobil Racing R13X55H8ET15






[>>>] Cara Membaca Velg Ricing


[>>>] Tips Modifikasi Mobil


[>>>] Modifikasi Mobil Terios jadi 4WD


[>>>] Modifikasi Honda Jazz


[>>>] Toko Velg Mobil Time Attack, Tempatnya Jual Velg Bogor






[>>>] Modifikasi Mobil Avanza 2008


[>>>] Modifikasi Honda Civic Wonder


[>>>] Modifikasi Terios


[>>>] Modifikasi Mobil Paling Gila Di Dunia


[>>>] Seputar CIVIC WONDER








[>>>] Velg Racing ADV.5-JZ52-HSR-RING-22X9-H5X1143-ET42-SILVER


[>>>] DEAN-JZ604-HSR-RING-22X9-H5X1143-ET45-GREY


[>>>] VPS-JD2327-HSR-RING-17X75-85-H8X100-1143-ET40-SEMI-MATTE-GREY


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg VPS-JD2327-HSR-RING-17X75


[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg GIOVANA-JD1038-RING17X75

Cirebon Wisata said...

Kaca depan adalah faktor paling utama keselamatan dalam berkendara. saya setuju agan membahas artikel ini.. pasti banyak yang belum tahu. Thanks gan ilmunya... sangat bermanfaat... hehehe...
Bila temen2 ada yang ke kota cirebon, kalo cari rental mobil. sok lihat link nya.. mksh yaa.... Sipp...
Rent Car Cirebon
Rental Mobil Cirebon
HIACE CIREBON Trans - Rental Cirebon
Rental Mobil Cirebon
Sewa Rental Mobil Cirebon

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --