Cara Mendeteksi Bearing Roda rusak

bearing roda mobil rusak
Bagi sebagian besar pemilik mobil, seringkali mendengar bunyi mengaung dari roda yang kerap kali mengganggu. Hal ini biasanya disebabkan dari 3 kemungkinan besar : 
  • 2. Ban mobil yang sudah mulai benjol atau bergelombang
  • 3. Velg yang sudah mulai peyang atau tidak rata

Cara mendeteksi bunyi mengaung / dengung pada bearing roda mobil

1.Menentukan asal suara mengaung / dengung

Untuk menentukan roda bagian mana yang merupakan asal bunyi ngaung / dengung tersebut, kita harus mencoba mendengarkan dengan seksama darimanakah asal bunyi tersebut. Mungkin bisa dari roda bagian depan kanan atau kiri maupun bisa berasal dari roda bagian belakang kanan atau kiri. 

2. Ciri-ciri atau tanda-tanda bunyi mengaung / dengung akibat ban mobil benjol atau bearing roda aus :

  • Pada bearing roda yang sudah aus / rusak, maka akan terdengar bunyi mengaung atau dengung yang semakin kencang sesuai dengan kecepatan mobil. Apabila mobil dipacu lebih kencang maka mobil dengung akan semakin kencang seiring bertambahnya kecepatan kendaraan.
  • Pada ban mobil yang sudah benjol, maka bunyi mengaung (lebih terdengar seperti bunyi nguk-nguk) biasanya terdengar pada kecepatan 80 dan bunyi tersebut akan hilang ketika mobil melaju pada kecepatan 100 Km/H
penyebab dengung pada kendaraan
ban mobil yang benjol

3.Untuk lebih memastikan, kita dapat mendongkrak roda mobil Toyota kita

  • Ketika didongkrak, goyangkan ban mobil kita (bukan kita yang bergoyang yah!) ke arah depan atau belakang apabila roda oblak / ngoblak maka dapat dipastikan spare part yang memerlukan penggantian adalah bearing roda. Agar lebih yakin, kita dapat melakukan pemeriksaan dengan memutar ban mobil kita dan setelah itu pegang komponen kaki-kaki yang mengandung besi seperti arm atau shock breaker, biasanya pada bagian yang mengandung besi tersebut akan terasa getaran akibat bearing roda yang memang sudah rusak / aus.
    penyebab dengung pada mobil
    Velg mobil peyang penyebab dengung
  •  Untuk mendeteksi ban mobil yang benjol, kita dapat memutar roda mobil kita dengan cukup kencang, setelah itu perhatikan dengan seksama , apakah putarannya tidak sempurna alias bergelombang ? Apabila iya, kemungkinan terbesar adalah ban mobil atau velg mobil kita yang sudah mulai peyang. Agar lebih pasti, kita dapat melakukan balancing terlebih dahulu sehingga kita dapat tahu dengan pasti kondisi ban mobil kita.

Biasanya penyebab bearing roda atau ban mobil serta velgnya menjadi rusak karena :

1.Usia pemakaian sehingga memang sudah waktunya memerlukan pergantian spare part 
2.Kondisi jalanan yang rusak
3.Melewati lubang dalam kecepatan yang cukup tinggi

Selain mendeteksi bearing roda yang mulai rusak, ada baiknya kita juga mengetahui bagaimana cara mendeteksi kopling yang sudah mulai aus sehingga tidak menyebabkan mobil tidak dapat masuk gigi secara tiba-tiba.
Semoga membantu

Artikel Terkait:

6 comments:

Unknown said...

dalam 4 bulan ini saya udah 2x ganti bearing roda depan avanza, memang bearing bukan original toyota, kira2 apa yang harus saya cek sebelum saya ganti bearing lagi

Unknown said...

Sblm ganti bearing ada baiknya spooring dan balncing terlebih dahulu..



Salam
Malcomx

Unknown said...

ada beberapa pertanyaan yang mesti diajukan terlebih dahulu..
apakah penggantian bearing untuk kiri dan kanan atau hanya satu sisi saja ?
bagian yang mengalami kerusakan apakah kedua sisi atau satu sisi saja..

kalau kedua sisi mengalami rusak bersamaan berarti kualitas bearing kurang bagus, tetapi kalau hanya satu sisi ada kemungkinan karena kurang ketelitian ketika pemasangan (faktor manusia)

Unknown said...

Bos Ridwan, Efek paling buruk kalau bearing rusak apa ya? apa roda macet gak bisa gerak?

Unknown said...

Kenapa ban depan yg sebelak kanan pnya saya.. sering berbunyi kretekk.. kretekk... padahal saya sudah cek semua . Tapi gk ada yg rusak.. tolong kasih saya solusii

agunk walker said...

Harus dibubut disk breaknya..tp bubut yg nempel dimobik

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --