Penyebab mobil terbakar tiba-tiba

Penyebab mobil terbakar

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab mobil terbakar tiba-tiba sendiri, pernahkah terbayangkan hal itu? Hiiih..serem, Hal ini memang mengerikan tapi bukan tidak mungkin bisa saja terjadi pada mobil kita. Sebagai pemilik, kita pasti tidak pernah membayangkan kalau mobil kita sendiri yang tiba-tiba terbakar, namun apa mau dikata, hal tersebut bisa saja datang menimpa kita di waktu yang tidak terduga.

 Beberapa hal penyebab mobil terbakar tiba-tiba:

1.Rembesan Oli Mesin

Rembesan oli mobil
Jangan anggap sepele rembesan oli pada mobil
Mungkin banyak yang binggung mengapa oli bisa sampai mengakibatkan mobil terbakar. Tapi perlu diingat, oli adalah bahan yang bisa juga terbakar. Jika ada pemicunya, oli sangat mungkin menjadi bahan yang bisa membakar.

Pernah ada kejadian dimana mobil terbakar bagian depannya yang disebabkan oleh oli. Sang pemilik mobil mengisi oli terlalu banyak ke  mesin dan sayangnya dia tidak memperhatikan bahwa terdapat celah antara tutup silinder dengan Cylinder Head yang mengakibatkan oli berhamburan di ruang mesin. Karena banyaknya oli yang tersembur keluar, mengakibatkan ada genangan oli di seputar baut header dan mengakibatkan kebakaran yang disebabkan panas yang berlebihan yang dihasilkan oleh header knalpot.

Ada juga kasus lainnya, dimana mobil tidak pernah mengganti oli gardan. Oli gardan yang sudah lama tidak diganti tersebut membuat seal-seal gardan menjadi retas dan mengakibatkan oli menjadi merembes keluar. Rembesan oli tersebut akhirnya menyentuh bagian gardan yang panas karena tidak ada pelumas yang memadai sehingga mengakibatkan kebakaran.

Memang titik didih oli untuk bisa terbakar tergolong sangat tinggi, yaitu 200 derajat celcius. Dan apabila mobil sampai terbakar akibat oli yang merembes, berarti penyebab kebakaran di tempat-tempat  pada mobil yang bisa menghasilkan suhu di atas 200 derajat celcius seperti gardan yang kurang pelumas atau header knalpot mobil. Jangan anggap lagi, oli tidak dapat menjadi penyebab kebakaran mobil.

2.Knalpot Bocor

knalpot mobil penyebab kecelakaan
Letupan api dari knalpot yang bocor sangat berbahaya
Berbicara tentang knalpot atau exhaust system, pastinya berhubungan dengan api sisa pembakaran di cylinder head. Untuk beberapa kasus yang pernah terjadi, header atau exhaust versi cor ( Header buatan dengan bahan dasar babbbet) yang sudah bolong setitik saja, bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Yang paling krusial bila api yang meletup dari lubang tadi menyambar lapisan peredam di kap mesin atau material lain pada mobil yang mudah terbakar seperti bahan plastik pada bumper.

Alasan mengapa header atau exhaust keluaran pabrik pasti dilengkapi dengan sekat adalah untuk menangkal kebocoran api. Dan masih berhubungan dengan knalpot, tabung atau muffler yang bocor dan memiliki posisi dekat tangki bahan bakar dapat menjadi biang keladi penyebab kebakaran mobil kita. Seringkali, kita lihat pada bengkel knalpot yang melakukan kecerobohan ketika melakukan perbaikan knalpot dengan cara mengelas langsung di kolong mobil.

3.Kelistrikan Mobil Konslet

kabel body meleleh
Kabel yang meleleh penyebab konslet

80% penyebab utama kebakaran pada mobil adalah bagian kelistrikan kendaraan. Semua pengerjaan yang berhubungan dengan kabel,  memang tidak dapat sembarangan apalagi bila ingin men-jumper kabel. Sangat disarankan pemasangan aksesoris (yang kebanyakan menggunakan listrik mobil di dalam pemasangan) harus berhati-hati dan rapi agar tidak menyebabkan kebakaran. Tapi pada mobil Toyota sekarang sudah dilengkapi dengan fitur check engine yang menyala apabila ada bagian elektrikal yang rusak.

Salah satu trik aman untuk memasang aksesoris mobil adalah menggunakan kabel, terminal, sambungan dan sekring yang bagus. Pilihlah kabel yang baik dan tidak murahan, kemudian di dalam setiap penyambungan usahakan menggunakan terminal sehingga arus yang mengalir dapat lancar. Penggunaan solder juga diperlukan sehingga arus tidak ada yang loncat dan terhambat, selain itu kabel juga selalu dalam keadaan dingin.

Ada beberapa aksesoris mobil yang menggunakan sekring di dalam pemasangannya sebagai pengaman. Kita harus benar-benar memperhatikan besar sekring yang digunakan. Apabila sekring yang digunakan kelebihan ampere nya maka sifat pengaman menjadi hilang yang menyebabkan kabel lebih cepat panas dan meleleh.

Charger mobil juga seringkali menjadi penyebab kebakaran mobil. Charger mobil yang murah atau tidak original, biasanya memiliki arus dan penampang yang lebih besar sehingga charger lebih cepat panas, yang akan tersalurkan kepada kabel di belakang rumah lighter. Kalau sudah sangat panas, kabel bisa meleleh dan  membakar dasbor mobil. Sebaiknya setelah pemakaian, charger dapat dilepas dari lighter karena lighter akan terus bekerja meskipun charger tidak dipakai untuk mengecas gadget kita.

4.Kebocoran Bensin Mobil

penyebab mobil terbakar
Selang bensin juga memiliki usia pakai

Tanpa disadari atau tidak, komponen pada mobil memiliki usia pakai yang terus menurun. Apalagi spare part dengan material karet seperti selang bensin. Meskipun bahan yang digunakan original atau kualitas yang paling baik sekalipun tetap saja memiliki usia pakai. Selang bensin yang seringkali luput dari perhatian pemakai merupakan awal dari serangkaian musibah yang dapat menimpa mobil kita. Kondisi karet yang mulai getas dan menyebabkan kebocoran bensin di sekitar bodi selang bensin atau di ujung sambungan (napel)

Bila posisi selang bensin yang sudah berumur tadi berada di atas komponen lain yang rawan penyebab api seperti exhaust manifold, alternator atau dinamo stater maka api akan sangat mudah menyambar. Menangkalnya cukup sederhana agar membuat selang karet bensin tidak mudah rusak, kita dapat mengakali dengan penangkal atau mengganti secara berkala. Gunakan juga insulator atau sekat tambahan agar bensin yang bocor tidak lansung mengenai komponen lain yang bisa memicu api.

Hal ini juga dapat terjadi dengan mobil yang masih memiliki sistem karburator, Bensin mulai rembes di sekitar bodi karburator bila paking atau gasket yang sudah mulai renggang. Napel penjepit selang karet bensin dengan pipa besi inlet karburator kerap menjadi sumber utama bensin menjadi rembes.

5.Faktor Eksternal

Memang faktor ini sangat jarang terjadi, namun memiliki kemungkinan terjadinya kebakaran di mobil. Misalnya, yang cukup banyak terjadi ketika mobil terpaksa memarkir dekat bak sampah yang masih mengeluarkan asasp karena habis bakar-bakar sampah. Atau mobil yang terparkir persis di bawah arang sisa pembakaran sampah. Tiba-tiba lagi diparkir, mobil menjadi terbakar.

Faktor eksternal lain yang kerap luput dari perhatian seperti lupa menutup atau kurang mengencangkan tutup tangki bensin sehabis pengisian bensin karena faktor terburu-buru.

Demikianlah 5 faktor yang dapat menyebabkan mobil terbakar tiba-tiba. Kita tentu tidak ingin ketika meninggalkan mobil di tempat parkir, tiba-tiba menjadi terbakar sendiri akibat kekurang tahuan kita. Dan yang paling mengerikan apabila mobil sedang jalan dan tiba-tiba terbakar, bisa-bisa kita yang menjadi korban jiwanya. Perawatan mobil secara berkala tentunya dapat meminimalkan dari kesalahan seperti ini.

Semoga membantu

Artikel Terkait:

1 comment:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --