Tips mencegah karat pada mobil

karat pada bagian kaki-kaki

Mencegah karat pada mobil Toyota kesayangan anda sebenarnya sangat mudah dilakukan.Seperti yang sudah kita ketahui, karat pada mobil dapat membuat body mobil lebih cepat keropos dan spare part mobil  kita pun menjadi lebih mudah cepat rusak daripada umur pakai semestinya. Berikut ini tips otomotif untuk mencegah karat pada mobil toyota kesayangan kita.

Penyebab karat pada mobil :

1.Endapan garam, debu, kelembaban atau bahan kima di bagian bawah atau frame mobil Toyota kita.
2.Bagian yang terkelupas atau tergores di bagian metal yang mungkin saja diakibatkan batu atau kerikil ketika melintasi jalan.

Kondisi Lingkungan Yang Dapat Mempercepat terjadinya Karat  :

1. Garam, bahan kimia, udara di sekitar daerah laut atau polusi industri akan mempercepat terjadinya karat pada bagian metal.Oleh karena itu bagi yang tinggal di daerah dekat pantai(Jakarta Utara), umumnya mobil Toyota nya lebih cepat terserang oleh karat.
2. Kelembaban udara yang tinggi, terutama jika suhu udara diatas titik beku.
3. Uap air di area tertentu dalam waktu lama, meskipun pada bagian bodi yang lain kering.
4. Suhu tinggi dapat mempercepat timbulnya karat pada bagian kendaraan yang tidak berventilasi baik, sehingga tidak cepat kering, dan sering kali juga membuat power window mobil macet.

Tips Mencegah Karat Pada Mobil

Cara termudah untuk mencegah karat di mobil sebenarnya hanya dengan mencuci kendaraan Toyota anda sesering mungkin. Jangan biarkan mobil yang sudah melintasi banjir atau terkena hujan didiamkan selama berhari-hari sehingga lupa mencuci mobilnya.Air di lingkungan mencuci mobil juga berpengaruh, apabila cucinya di lungkungan yang air tanahnya mengandung Zink / Zat Besi yang tinggi sama saja cepat menyebabkan karat.Untuk cairan anti karat sendiri sudah banyak dijual di pasaran seperti : 3M , Tuff-Kote Dinol , Barracuda.

Tetapi ada yang obat yang lebih ampuh dan terbukti hasilnya bila dibandingkan dengan obat-obat yang sudah beredar di pasaran.Teman-teman bisa mencoba menggunakan cat Marine Coating, yang biasa diaplikasikan untuk kapal-kapal.Merk yang sering dipakai biasanya Nippon Marine Coating atau Agatha Marine Coating.Setelah membeli cat yang berwarna hitam (agar sesuai dengan bagian bawah mobil), teman-teman dapat mengecat sendiri bagian bawah mobil untuk mengisi waktu luang.

cat anti karat untuk mobil
Nippon Marine Coating

tips mencegah karat pada mobil
Agatha Marine Coating


semoga membantu

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --