Cara mudah membuat alarm tambahan Avanza

Saklar alarm mobil avanza

Membuat alarm tambahan pada mobil Toyota Avanza atau Xenia sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri, hal ini diperlukan karena mobil Toyota Avanza maupun Xenia seringkali menjadi target operasi pencurian mobil dalam beberapa tahun belakangan ini. Sebagai pemilik kendaraan kedua mobil tersebut, tentu saja kita sudah mengantisipasi kehilangan kendaraan kita dengan mengasuransikan mobil kita dan memasang alarm. Namun tidak menjadi permasalahan dapat beres dengan mudah dengan mengasuransikan mobil Avanza kita, yang terjadi adalah proses administasi yang memakan waktu yang lama dan bertele-tele yang membuat kita bete ketika mengurus kehilangan mobil. 

Mengapa Toyota Avanza dan Xenia yang seringkali dicuri ? 

Selain karena faktor permintaan yang cukup tinggi dari pasaran mobil di Indonesia, Avanza tergolong mobil yang sangat mudah untuk dicuri. Alarm standart yang menjadi perangkat tambahan saat membeli mobil Avanza hanya memiliki 3 tipe bawaan pabrik sehingga dengan menggunakan master key alarm, dapat dengan mudah membuka mobil tersebut tanpa harus merusak kunci mobil avanza. Sampai saat ini, saya belum tahu apakah sistem ini sudah diperbaiki atau masih menggunakan hal yang sama.

Belum lagi sistem lock door yang berhubungan langsung dengan pintu belakang Avanza, sehingga bila kita membuka bagian pintu belakang Avanza secara paksa, maka secara otomatis semua bagian pintu akan terbuka secara otomatis. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuka pintu belakang Avanza hanya dengan menggunakan besi panjang yang sudah dimodifikasi sedikit ? Hanya sekitar 30 detik. Cukup singkat bukan waktu yang dibutuhkan untuk mencuri mobil Avanza / Xenia kita ?

Biasanya kita melengkapi mobil kita dengan kunci setir, tetapi jaman semakin canggih dan lagi-lagi banyak maling mobil yang hanya membutuhkan sedikit waktu untuk membongkar kunci setir. Ada 2 opsi tambahan yang seringkali dipakai untuk menambah keamanan mobil :

1. Anti Hijack atau Anti pembajakan

Anti-Hijack adalah alat yang dipasang pada sistem alarm, yang membuat mesin mobil dapat mati sendiri beberapa saat setelah kita mengaktifkan tombol anti-hijack. Ada juga yang fungsi ini akan aktif sendiri setiap kali kita mematikan mesin mobil, dimana saat menyalakan kembali mesin mobil, kita perlu memasukkan kode khusus ke satu atau lebih tombol kode yang disediakan oleh sistem alarm tersebut agar fungsi ini tidak aktif. Biasanya cara yang digunakan adalah menghubungkan sistem ini dengan handphone yang kita pakai. Jadi saat mobil kita dirampas di jalan, kita cukup matikan mesin, saat perampas tersebut menyalakan mesin dan membawa kabur mobil, dalam jarak beberapa ratus meter, mesin mobil akan mati sendiri dan alarm akan berbunyi untuk membuat mereka panik, sementara kita bisa mencari bantuan untuk mengejar/menangkap perampas tersebut  dan yang terpenting kita dalam keadaan selamat tanpa ancaman kejahatan.

2. Immobilizer

Immobilizer adalah sistem yang dipasang pada sistem alarm atau langsung pada kendaraan tersebut yang membuat mesin mobil tidak dapat dinyalakan sebelum fungsi immobilizer dimatikan. Banyak mobil yang sudah dilengkapi fungsi immobilizer, umumnya bekerja langsung terhubung ke sistem komputer mobil (ECU). Seperti pada mobil BMW, Mercedes, dan lain-lain yang pada kunci kontaknya sudah dilengkapi Chip khusus sebagai bagian dari sistem immobilizer tersebut, jadi kemungkinan kunci dipalsukan sangat kecil.
Ada juga immobilizer yang disertakan dalam sistem Alarm, dimana kita harus memasukkan kunci/kartu khusus atau kode tertentu untuk mematikan fungsi immobilizer tersebut.

Cara kerja Immobilizer Mobil

Immobilizer ini bekerja dengan cara memutuskan listrik yang menuju Fuel Pump (pompa bensin). Sehingga mesin tidak bisa menyala karena tidak ada bensin yang tersalur ke mesin. Karena mesin dapat di starter, seolah mobil tersebut tidak dilengkapi fungsi immobilizer dan terkesan normal-normal saja, namun hingga accu habis pun, mesin tidak akan bisa menyala. Immobilizer ini di aktifkan atau dimatikan dengan menggunakan saklar yang tempatnya tersembunyi. Silahkan pilih lokasi yang paling dirasa aman tapi tidak sulit untuk dicapai saat akan digunakan.
Dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

diagram fuel pump toyota avanza
Diagram kelistrikan fuel pump

diagram kelistrikan fuel pump toyota avanza
Diagram kelistrikan fuel pump yang akan kita bongkar
Pada tips otomotif kali ini, kita akan membahas cara membuat alarm tambahan Toyota Avanza  yang tergolong mudah dan murah untuk mobil Toyota Avanza dan Xenia. Penasaran ?  Mari kita bersiap untuk membuatnya sendiri. Check it Out!

Cara membuat alarm tambahan untuk mobil Toyota Avanza maupun Xenia

Kita cari terlebih dahulu kabel yang berwarna merah merah yang menuju fuel pump (lihat diagram di atas yang menjelaskan mengapa kabel ini yang perlu kita cari ). Lokasi kabel tersebut berada di balik panel plastik di dekat pedal gas.

cara membuka sekring fuel pump avanza
Kondisi sebelum dibuka

Untuk membuka panel plastik tersebut, dibutuhkan obeng minus yang besar, dan obeng kecil untuk menusuk klip. Membuka klip kecil tersebut dilakukan dengan cara menusuk bagian tengah klip hingga tertekan sedikit ke dalam (jangan terlalu keras/dalam menusuknya). Kemungkinan besar plastik di bagian bawah pintu juga akan terangkat saat melepas panel plastik tersebut.

cara membuka soket fuel pump
Setelah terbuka penutupnya
Socket IF1 terlihat dengan jelas seperti gambar di atas. Dan sususan kakinya seperti ini

diagram box sekring avanza xenia

cara membuat pemutus listrik avanza
kabel merah
Siapkan saklar + kabel (diameter minimal 2mm). Pilih saklar yang berkualitas baik, yang mampu bekerja hingga minimal 10Ampere. Saklar yang tidak bagus bisa membuat repot di kemudian hari, karena tiba-tiba mesin akan bisa mati sendiri pada saat mobil sedang digunakan, hanya akibat dari koneksi saklar yang buruk sehingga fuel pump tidak mendapat aliran listrik. Tidak lucu kan mobil menjadi mogok sendiri akibat saklar ini. Setelah saklar dan kabel siap, putuskan kabel merah tadi dan sambungkan dengan rangkaian saklar kabel tadi. Sambunglah kabel sebaik dan serapih mungkin agar tidak mudah terlepas. Bungkus dengan baik dan rapih, seakan perkabelan mobil tidak pernah diutak-atik sama sekali.
merangkai alarm mobil toyota Avanza
Rangkai saklar seperti ini
Silahkan cari lokasi penempatan saklar immobilizer tersebut di tempat yang tersembunyi namun mudah untuk dicapai (tidak merepotkan diri sendiri).Pasang dan rapihkan kembali panel plastik yang tadi dibuka.

Dan untuk pengembangannya, dapat menggunakan saklar-saklar yang berbeda jenis yang dijual di pasaran seperti saklar magnet yang berfungsi apabila kedua kutub magnet ditemukan ataupun jenis lainnya yang banyak beredar di pasaran. Sebagai saran tambahan, jika memungkinkan pilih posisi pemotongan kabel merah tadi di bagian yang tersembunyi. Bungkuslah dengan rapih.
Nah, setelah selesai memasang immobilizer tersebut, aktifkan setiap kali parkir di manapun yang dirasa kurang aman. Pemutus listirk ini seringkali kita lihat pada mobil-mobil anak avanza xenia indonesia community  (AXIC) dan tips ini adalah persembahan mereka dan safttujuh.com. Cukup mudah bukan untuk membuat sendiri alarm tambahan pada mobil avanza atau xenia ? Selain membuat alarm sendiri, kita juga dapat membuat volt stabilizer pada mobil Toyota.

Semoga membantu 

Artikel Terkait:

1 comment:

Unknown said...

Alarm Mobil NO DOUBT Smart alarm System, GSM dan GPS, star/stop mesin pakai Remot kontrol dan Mobile Phone, GPS Tracking, Anti Hijacking (anti maling/anti pembajakan), Push Button star/stop mesin mobil, Auto alarming jika terjadi sesuatu terhadap mobil, Tombol SOS. Dll www.alarmmobil.net

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --