Tips Membeli Mobil Toyota Bekas

Tips membeli mobil toyota bekas

Tips Membeli Mobil Toyota Bekas ini perlu diperhatikan bagi anda yang sedang berburu mobil bekas toyota sehingga tidak terjebak dengan biaya perbaikan yang cukup tinggi ketika mobil tersebut sudah menjadi milik anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa mobil bekas toyota seringkali menjadi pilihan utama ketika kita memutuskan membeli sebuah mobil. Selain karena ketersediaan sparepart yang lebih mudah daripada mobil pabrikasi lainnya, mobil bekas Toyota juga masih memiliki nilai jual kembali yang cukup bagus di pasaran. 

Sebelum membeli mobil bekas ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal, seperti: bagaimana kemampuan financial kita untuk membayarnya, seberapa penting anda membutuhkan mobil ini dan bagaimana perbandingan harga dengan mobil Toyota terbaru. Banyak orang yang membeli mobil karena gengsi semata dan setelah itu ia merasa kesulitan dengan mobil yang dimilikinya, tentunya hal ini tidak anda dan saya inginkan untuk terjadi, bukan ? Apabila anda benar-benar sudah merasa yakin untuk menjatuhkan pilihan kepada mobil Toyota Bekas, maka ada beberapa point penting yang ingin saya bagikan ketika membelinya

Tips Membeli Mobil Toyota Bekas

1. Periksa Bagian Mesin dan Sensor Mobil Toyota

bagian mesin mobil toyota

Mesin merupakan bagian yang paling penting yang saya tekankan untuk diperhatikan ketika membeli mobil Toyota bekas. Bagian mesin memerlukan biaya perbaikan yang cukup tinggi agar mobil dapat berjalan dengan semestinya. Begitu juga dengan mobil toyota yang sudah menggunakan sensor untuk beberapa fungsinya, seperti mobil Toyota Vios, Toyota Camry ataupu Toyota Alphard. Sensor mobil ini harus diperhatikan dengan seksama, apakah ada salah satu dari bagian tersebut yang rusak ? 
Point yang harus dilakukan untuk mengecek bagian mesin dan sensor :
  • Cek panel dashboard mobil terlebih dahulu, adakah indikator sensor ataupun check engine yang menyala ?
  • Cek mesin mobil, apakah terdengar suara kasar yang ditimbulkan ketika menyalakan mobil ?
  • Cek apakah ada oli yang merembes pada bagian mesin. apabila ada rembesan oli, kemungkinan besar bagian seal memerlukan penggantian.
  • Cek apakah ada asap putih yang mengepul dari knalpot mobil ketika menekan gas hingga rpm diangka 3000. Asap putih dari knalpot ketika mesin panas menandakan mobil harus turun setengah mesin untuk penggantian ring piston dan seal klep.
  • Cek soket-soket mobil dan sensor mobil toyota, apakah terdapat pecah atau retak karena soket-soket merupakan barang yang lumayan sulit ditemukan spare part nya.
Apabila anda sudah yakin dengan mobil ini, anda dapat meminta si pemilik mobil untuk melakukan penggantian oli mobil dan oli transmisi mobil. Apakah tarikan mobil terasa lebih enteng ketika melakukan penggantian oli mobil dan tentunya turut mengamati apakah ada asap putih yang keluar terus menerus ketika kita sudah mengganti oli baru ?

2. Periksa Bagian Transmisi mobil

Transmisi mobil juga merupakan bagian vital yang harus diperiksa oleh kita terutama bila kita membeli mobil toyota bekas dengan transmisi Matic. Untuk mengecek bagian transmisi, kita harus mencoba untuk melakukan test drive dengan pilihan jalan yang menanjak. 
Point yang harus dilakukan ketika mengecek bagian transmisi mobil :
  • Test mobil di tempat yang cukup terjal seperti parkiran gedung, apabila mobil toyota manual dapat tetap melaju ketika posisi gigi 2 maka bagian transmisi masih cukup baik.
  • Begitu juga dengan mobil Toyota Matic, test apakah mobil masih dapat melaju dengan baik ketika jalanan menanjak? 
  • Ketika jalanan mendatar, pada mobil matic perhatikan apakah ketika kaki melepas rem, apakah mobil dapat melaju sendiri dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi, begitu pula ketika mundur. Transmisi matic yang bagus adalah ketika kita menginjak gas secara tiba-tiba, maka ada jeda sekitar 1-2 detik untuk mobil merespon. 

 3. Periksa Bagian Bodi luar / Exterior

bodi kaleng mobil toyota bekas

Apabila anda membeli mobil Toyota bekas dari showroom mobil, biasanya bagian bodi luar sudah bersih dan rapi sehingga dapat mengecoh pembeli. 
Point yang harus dilakukan ketika mengecek bagian bodi luar
  • Buka tutup kap mesin, lihat bagian atas radiator, akan ada besi melintang horizontal (namanya : bullhead) apakah ada penyok atau bekas penggantian sehingga tidak sewarna dengan bagian lainnya.
  • Perhatikan juga shockbreaker antar sisi, apakah terdapat perbedaan ketinggian ? Begitu juga dengan jarak fender dengan roda apakah antara sisi kanan dengan sisi kiri memiliki perbedaan ketinggian ?
  • Ketok dengan tangan pada tulang-tulang mobil atau bagian pintu, dengarkan bunyinya apakah sama atau berbeda. Perbedaan bunyi dihasilkan dempul yang melekat pada bagian tersebut.

4. Periksa Dokumen mobil

Kita tentu tidak menginginkan pembelian mobil Toyota bekas dari hasil pencurian ataupun ada kasus nomor polisi yang double. Untuk saat ini pengecekan kendaraan sangat mudah, anda tinggal mengirimkan SMS nomor polisi mobil ke 1414 dan tidak lama kemudian akan dikirimkan data tentang mobil bersangkutan. Sesuaikan dengan BPKB yang diperlihatkan oleh penjual mobil tersebut.

5.Periksa Bagian Dalam Mobil / Interior

Untuk bagian ini, saya tidak dapat berkomentar banyak karena bagian interior mobil biasanya sudah banyak penambahan variasi mobil, tetapi yang perlu diperhatikan adalah bagian-bagian seperti plafon mobil dan kaca mobil.

Point- point yang saya berikan di atas adalah point penting yang harus dicek ketika ingin membeli mobil bekas Toyota, apabila kalian masih memiliki waktu dan masih merasa kurang yakin dengan keadaan mobil bekas Toyota yang ingin kita beli, maka saya akan bagian list pemeriksaan mobil bekas Toyota untuk kalian. List ini sudah dipakai pada mobil 88 Toyota untuk menentukan nilai beli dari mobil toyota bekas kalian. Kalian dapat menggunakan list ini juga untuk menawar harga mobil yang ditawarkan penjual

List Pemeriksaan Mobil Toyota Bekas :

cara memeriksa mobil toyota bekas

Cek Riwayat Mobil

1.Apakah anda mengetahu dengan pasti siapa penjual mobil tersebut? Dan jika suata saat diperlukan, dapatkah Anda menemukan penjualnya kembali? (D)
2. Apakah alamat pemilik mobil sebelumnya jelas ? (D)
3. Lihat dan perhatikan sisi kendaraan, apakah terlihat lurus dan simetris? (D)
4. Periksa setiap sisi untuk mengenali kerusakan berat. (C)
5. Periksa celah antar panel, seharusnya sama rata dan konsisten antar tiap panel. Jika ada bagian yang lain sendiri, ada kemungkinan kendaraan tersebut pernah mengalami tabrakan. (D)
6. Apakah warna cat mobil sama di setiap bagian kendaraan? Jika tidak sama, ada kemungkinan mobil pernah dicat ulang. (C)
7. Apakah permukaan cat pada bagian mobil terasa halus? Jika tidak, berarti mobil tersebut pernah dicat ulang dengan kualitas yang buruk. (C)
8. Apakah ada pernis pelapis cat yang terangkat? (B)
9. Apakah cat secara keseluruhan sesuai dengan umur dan jarak tempuh? (B)
10. Periksa ujung kap mesin, sewajarnya ada bekas tumbukan kerikil jika kendaraan sudah berumur. Kalau tidak, berarti pernah dicat ulang. (B)
11. Lihat panel di bawah bemper, apakah rusak? (B)
12. Apakah mobil masih lurus ketika dijalankan? (C)
13. Lihat kolong mobil, adakah kebocoran atau karat? (B)

Cek Bagian Exterior

1. Apakah bumper depan mulus atau tergores? (A)
2. Bagaimana kondisi bumper belakang? (A)
3. Adakah bumper yang pecah? Jika ada, curigai kerusakan lain di sekitarnya. (B)
4. Apakah panel atap memiliki lubang bekas bor seperti di taksi? (B)
5. Apakah lampu depan atau head lamp pecah atau rusak? (B)
6. Bagaimana dengan kondisi lampu lainnya, baik di belakang (stop lamp) atau samping (sein)? (B)
7. Apakah semua lampu berfungsi dengan baik? (A)
8. Bagaimana kondisi ban depan? Sudut roda yang tidak lurus dapat menyebabkan ban aus tidak merata, atau dapat dijadikan indikasi kerusakan suspensi yang lebih parah. (B)
9. Bagaimana dengan ban belakang? Keausan tak merata merupakan hal tak biasa dan bisa mengindikasikan masalah lebih serius. (C)
10. Apakah velg mobil dalam kondisi baik? Lihat dari beberapa sisi untuk menemukan kerusakan atau karat pada bagian tersebut. (B)
11. Apakah velg dilindungi dengan baut roda berkunci? Jika ya, apakah kuncinya masih tersedia? (B)
12. Apakah spek mobil tersebut sesuai dengan kondisi standart? (B)
13. Apakah semua pintu dapat membuka tutup dengan sempurna? (C)
14. Ketika ditutup, apakah pintu duduk sempurna di bodi, atau malah tidak pas? (C)
15. Apakah semua remote control masih berfungsi? (B)
16. Apakah ada panel eksterior yang hilang atau rusak? (A)
17. Apakah ada kerusakan pada rumah kaca spion luar? seperti tidak dapat melipat otomatis pada beberapa mobil toyota yang memang sudah menggunakan fitur retracble
18. Apakah antena radio berfungsi? (A)

Cek Bagian Interior

1. Apakah kabin ternoda oleh rokok?(A)
2. Apakah jok pengemudi nyaman atau telah kempes? (B)
3. Bagaimana kondisi kain pelapis interior? Mobil modern mempunyai pelapis tahan lama, jadi kalau rusak kemungkinan mobil ini telah bekerja berat. (C)
bagian interior mobil toyota camry
Interior mobil
4. Apakah terdapat cacat atau kerusakan pada door trim mobil? (B)
5. Apakah central lock masih berfungsi dengan baik di semua pintu? (B)
6. Adakah tetesan air di lantai depan akibat kebocoran karet-karet kaca? (B)
7. Jika terdapat tetesan cairan coolant di lantai depan, berarti ada kebocoran pada heater (pemanas kabin).
8. Pada mobil yang menggunakan sunvisor, periksa roof rail kendaraan. Kerusakan apapun akan memerlukan perbaikan yang mahal. (B)
9. Apakah ada kerusakan atau retak lain pada dasbor? (C)
10. Jika tempat airbag retak, berarti kantung pernah meletus. (C)
11. Apakah hembusan AC cukup dingin? (C)
12. Apakah temperatur climate control sesuai dengan suhu seharusnya? (B)
13. Apakah tombol pengatur udara panas/dingin berfungsi normal? (C)
14. Apakah semua lampu interior bekerja dengan semestinya? (A)
15. Apakah jam kendaraan masih berfungsi dengan baik? (A)
16. Apakah semua sound system asli masih ada dan berfungsi? (A)
17. Jika tidak ada audio, apakah tersedia tempat pemasangannya? (B)
18. Apakah ada lubang bekas bor di dasbor yang mengindikasikan bekas penambahan aksesoris? (B)
19. Apakah semua seatbelt berfungsi dengan baik? (B)
20. Apakah di bagasi lembab? Jika ya, coba cek di balik karpet dan tempat ban cadangan. (B)
21. Apakah pengatur suhu berfungsi? (A)
22. Periksa kondisi ban cadangan. (A)
23. Apakah ban serep sama dengan ban yang terpasang? (A)
24. Apakah dongkrak serta perlengkapannya dan tool kit masih komplit? (A)

Cek Bagian Bawah Kap Mesin

1. Apakah ada tanda-tanda bekas perbaikan karena kecelakaan? (C)
2. Adakah gejala karat yang cukup signifikan di bodi dalam? (C)
3. Apakah kap mesin mudah dibuka? (A)
4. Apakah panel depan sudah pernah rusak dan diperbaiki? (B)
5. Apakah cat di balik kap mesin berbeda dengan bodi luar? (B)
6. Apakah jumlah air pendingin dan oli tepat? (B)
7. Apakah olinya terlihat bersih, atau justru kotor dan hitam? (A)
8. Adakah tanda-tanda oli terkontaminasi air? (C)
9. Apakah filter oli terlihat baru, atau sudah tua dan lusuh? (A)
10. Adakah tanda-tanda kebocoran oli? Cek lantai tempat mobil biasa diparkir, apakah ada tetesan oli. (B)
11. Beningkah cairan pendingin di radiator? Atau terlihat seperti kontaminasi oli? (B)
12. Bocorkah gasket kepala silindernya? Lihat saat mesin sudah panas. (D)
13. Apakah ada gelembung/buih air pendingin di botol ekspansi saat mesin bekerja? (D)
14. Apakah ada asap biru keluar dari penutup oli atau lubang pengecek oli? (C)
15. Lihatlah banyaknya minyak rem. Apakah tepat? (C)
16. Bersihkah minyak remnya? (B)
17. Apakah jumlah minyak power steering sesuai standar? (B)
18. Sudahkah filter bensin diganti sesuai dengan buku manual? (B)
19. Bagaimana bentuk fisik akinya? (A)
20. Pada mobil berumur tua, apakah mesinnya terlalu bersih? Mungkinkah itu hanya menutupi problem yang ada? (C)
21. Kapan terakhir kali timing belt diganti? Sesuaikah dengan rekomendasi pabrik? (B)

Cek Ketika Mobil Jalan

1. Mudahkan mesin distart saat dingin? (B)
2. Pada mesin bensin, apakah ada asap biru dari knalpot saat mobil distart? (C)
3. Apakah pompa injeksi diesel di mesin berbunyi berisik? (D)
4. Pada mesin bensin, haluskah mesin saat dingin? (B)
5. Ketika mesin sudah panas, apakah terjadi gejala ngelitik parah ketika berakselerasi? (D)
6. Adakah asap biru keluar saat berakselerasi? (C)
7. Apakah setir mobil menarik ke kanan-kiri secara parah saat berjalan normal? (C)
8. Berisikkah bunyi suspensinya? (B)
9. Ketika direm, apakah mobil menarik ke salah satu sisi? (B)
10. Bagaimana jarak main pedal rem? (B)
11. Saat belok maksimum atau putar balik, apakah ada bunyi 'tek....tek' dari as roda? (A)
12. Apakah kopling slip ketika berakselerasi atau menanjak? (C)
13. Apakah perpindahan tuas persneling manual bisa dilakukan halus? Apakah tuas melompat balik ke netral saat berjalan? (C)
14. Apakah ada satu posisi gigi yang lebih berisik dari lainnya? (B)
15. Jika bertransmisi matik, apakah perpindahan giginya halus tanpa entakan kasar saat berakselerasi atau mengerem keras? (C)
16. Apakah tombol overdrive berfungsi normal? (C)
17. Apakah mode "Sport" atau "Economy" di transmisi matik bekerja normal? (C)
18. Apakah sistem kickdown di transmisi matik bekerja normal? (B)
19. Apakah seluruh posisi transmisi bekerja normal? (C)
20. Di mobil jip 4WD apakah tuas transfer berfungsi normal? (C)
21. Di mobil 4WD modern, apakah lampu peringatan 4WD-nya menyala? (C)
22. Bisakah rem tangan menahan mobil melawan tenaga mesin? (A)

Cek Panel Instrumen

1. Apakah lampu peringatan oli dan lainnya mati saat mesin sudah menyala? (C)
2. Apakah lampu peringatan airbag hidup terus? (B)
3. Apakah lampu peringatan ABS menyala terus? (C)
4. Apakah lampu peringatan "charge" menyala terus? (B)
5. Apakah semua lampu peringatan berfungsi normal? (B)
6. Apakah karet pedal sudah aus? Seharusnya belum, jika mobil berjalan di bawah 100.000 km. (C)
7. Apakah seluruh angka di odometer analog berada satu garis lurus yang rapi? (C)
8. Apakah indikator temperatur bekerja normal? (B)
9. Apakah alarm/immobiliser bekerja normal? (B)
10. Apakah setirnya lurus? (B)
11. Apakah seluruh power window bekerja normal? (B)
12. Apakah kunci masuk ke lubang start dengan mantap, atau longgar dan bisa gagal menstart mesin? (C)
13. Apakah elemen pemanas di kaca belakang masih bekerja? (B)
14. Apakah spion elektriknya masih bekerja baik? (A)
15. Apakah wiper melakukan sapuan dengan bersih? (A)
16. Apakah on-board computer bekerja normal? (C)

Cek Bagian Kolong Mobil


1. Adakah tanda-tanda bekas perbaikan kecelakaan? (B)
2. Anda melihat ada kebocoran oli? (B)
3. Apakah pernya berbunyi berisik? (B)
4. Apakah knalpot berbunyi normal? (B)
5. Apakah sokbeker dalam kondisi prima dan bebas kebocoran oli? (B)
6. Apakah saluran bahan bakar bocor? (C)
7. Adakah kebocoran dari sistem rem? (C)
8. Adakah kebocoran di sistem power steering? (B)
9. Apakah ban dalam kondisi baik (A)

Cek Bagian Dokumen Mobil Bekas

cara periksa dokumen mobil toyota


1. Apakah ada STNK, BPKB, serta faktur yang sah berlaku? (D)
2. Apakah detail di STNK sesuai dengan mobil? (D)
3. Adakah catatan perawatan di bengkel resmi? (C)
4. Apakah seluruh kode keamanan di mobil masih ada, termasuk kode kunci? (C)
5. Apakah mobil ini bermasalah dengan kepolisian? (D)

Keterangan Kode :

(A) Problem minor. Biasanya karena habis dipakai dan normal terjadi di mobil yang sudah berumur. Tapi hal ini bisa dijadikan bahan negosiasi harga. Apabila mobilnya masih relatif baru, problem ini juga bisa berarti biaya mahal.
(B) Cacat yang bisa menjadi serius, kadangkala membutuhkan investigasi lebih lanjut.
(C) Kemungkinan adalah problem serius yang mahal dan sulit diperbaiki hingga normal.
(D) JANGAN beli mobil ini!!!!!!!!!!

Dengan adanya tips membeli mobil Toyota bekas yang lengkap ini, saya rasa anda tidak akan merasa kecewa maupun tertipu ketika akan membeli mobil Toyota bekas. Sudah siap untuk berburu mobil toyota bekas idaman anda untuk memenuhi bagasi ? Atau lebih tertarik untuk melihat mobil baru Toyota ?

Artikel Terkait:

11 comments:

5758 (Maju Mapan) said...

informasi tips Membeli Mobil Bekas nya cukup menarik daan informatif. Memang tips-tips seperti ini yang dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin membeli sebuah mobil bekas.

COMET BALI"Personaly Local Guided & Car Driver" said...

thank you, sangat informatif

COMET BALI"Personaly Local Guided & Car Driver" said...

terima kasih banyak, sangat sangat informatif

cecep setia said...

cukup jelas saya ada keinginan beli mobil bekas toyota starlet kotak....ada artikel yang membahas khusus tentang starlet di sini?

Unknown said...

sangat inspiratif bagi pemula seperti saya...
salam sukses

Unknown said...

keren blognya

Unknown said...

top blognya infonya sangat membantu bagi saya yang awam

sumadifk said...

mantapppp boss

web design malang said...

TOYOTA SEMARANG

Unknown said...

Agen BandarQ Online Judi Online RGOSAKONG
Agen Sakong Poker Online IDNSAKONG
Bandar Poker Sakong Online Sakong99
Agen AduQ Judi BandarQ Online WSakong
Agen Domino Ceme Online WSamgong

Agen BandarQ Online
Judi BandarQ Online
BandarQ Online
BandarQ
Agen Judi BandarQ

jokerbandar66 said...

Jokerqq.com agen bandar66 online terpercaya di dindonesia
sedia berbagai bonus menarik langsung cek saja guys
ingin tau Tips Nenek Moyang Menang Poker Online , Bandar66 , Judi DOmino ? Silahakan Cek website ini
http://www.jokerbandar66.com/

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --