Kelebihan Toyota Etios Valco

kelebihan toyota etios valco

Toyota Etios Valco, varian city car yang diluncurkan oleh Toyota ternyata mendapat sambutan yang tidak dapat dipandang sebelah mata pada kalangan pemakai mobil. Mengusung nama besar Toyota, mobil Etios mengutamakan sisi fun cruising, comfort serta strong functional value layaknya mobil-mobil toyota terdahulu. Pemberian nama Valco sendiri merupakan kependekan dari VALue dan COmfort yang memang merupakan kelebihan mobil Toyota dibandingkan dengan pesaingnya. Toyota Etios sendiri diluncurkan untuk menyaingi produk city car yang sudah 'lahir' terlebih dahulu seperti Honda Brio, Mitshubishi Mirage, Kia Picanto.

Spesifikasi Toyota Etios 

spesifikasi mesin toyota etios valco
Mesin Toyota Etios

  • Type Mesin 3 NR - FE, 4 Cylinder, 16 Valve DOHC
  • Isi Silinder 1197cc
  • Diameter x Langkah 72.5x72.5mm
  • Daya Maksimum 80 hp pada 5.600 rpm
  • Torsi Maksimum 10.6 Kgm pada 3,100 rpm
  • Pada Etios Valco J dilengkapi dengan fitur keamanan dual-airbag dan versi termewah Etios Valco G mendapat tambahan fitur ABS

Bagian Exterior Mobil Toyota Etios 

Toyota etios warna putih
Warna putih merupakan warna favorit tahun 2013

Mobil Toyota Etios sendiri mengusung desain yang sporty dan dinamis, dimana target pengguna adalah anak muda yang memang memiliki mobilitas yang tinggi dan ingin tampil beda dengan kendaraan yang dimilikinya. Hadir dalam 6 varian warna antara lain silver metallic, blue metallic, grey metallic, belge metallic, white dan black mica.

Bagian Interior Mobil Toyota Etios 

bagian interior mobil toyota etios
Bagian interior yang lapang

dashboard mobil toyota etios
Dashboard yang lega
Mobil ini cukup menghadirkan suasana nyaman dan dinamis pada bagian interiornya. Kombinasi gaya sporty dengan aspek kenyamanan berkendara. Kabin semakin lengkap dengan audio double-din electronic power stering (EPS) pada kemudi. Meskipun City car tetapi Toyota sangat menaruh perhatian untuk tempat duduk yang notabene menjadi kelemahan beberapa mobil city car, tempat duduk untuk mobil Etios tergolong lega untuk driver maupun penumpang.

Harga Mobil Toyota Etios 2013

Toyota Etios Type J Rp 135,5 juta (tanpa power steering)
Toyota Etios Type E M/T Rp 149,9 juta ( sudah dilengkapi dengan electronic power steering)
Toyota Etios Type G M/T Rp 161,6 juta. ( Electronic Power steering dan ABS serta EBD)
Untuk Diskon dan aksesoris tambahan yang diberikan bergantung pada dealer Toyota yang menawarkan sehingga tidak bisa diperkirakan dengan pasti apa yang diberikan untuk mobil baru toyota ini. Dan saat ini mobil toyota Etios hadir dalam pilihan manual tetapi bukan tidak mungkin kedepannya, Etios akan hadir dalam varian automatic maupun Diesel. Jadi, tunggu apalagi untuk mendapatkan mobil baru toyota yang satu ini ?

Kelebihan Toyota Etios 

Etios Valco diuntungkan dengan ground clearance (jarak terendah ke tanah) tertinggi di kelasnya dengan 170 mm vs 141 mm milik Nissan March vs 160 mm untuk Mitshubishi Mirage. Sementara wheelbase Etios Valco terpanjang dengan 2460mm (seperti Yaris) vs 2440 mm March vs 2450 mm vs 2345 mm.

Bahkan, mesin 3NW-FE 1,2 liter 4-silinder DOHC Etios Valco (80 PS) menjadi salah satu mobil paling bertenaga bila dibandingkan dengan Mesin Mirage 77 PS dan March 76 PS tetapi untuk pemenang tenaga varian city car adalah Honda Brio (100 PS).

Untuk fitur-fitur keselamatan ada rem ABS dan EBD di Etios Valco G. Namun semua Etios Valco mengadopsi collapsible steering column (batang kemudi akan patah jika terjadi tumbukan) serta sepasang airbag. Electronic Power Steering (EPS) hadir di Etios Valco G dan E, kecuali J.

panel audio mobil toyota etios
Panel audio sudah di steer
Kelebihan lain Etios Valco adalah menempatkan cluster instrument di tengah dashboard. Posisi ini dapat memudahkan pandangan pengemudi mengamati jalan, sekaligus membantu semua penumpang untuk memonitor kondisi mobil. Selain itu adanya pengatur tombol audio mobil yang sudah terletak pada steer mobil.

Kemudian, pendingin yang juga mengalir pada laci dashboard, sehingga dapat menaruh minuman agar tetap segar dan dingin. Ada juga card holder dan utility pocket yang secara khusus didesain untuk masyarakat Indonesia. Keunggulan lainnya adalah desain pada ruang kaki pengemudi dan penumpang yang terbilang cukup luas. 

Bandingkan Toyota Etios Valco dengan mobil baru toyota yang murah dan irit bbm juga, yaitu Toyota Agya

Artikel Terkait:

58 comments:

Unknown said...

Dear moderator

Saya baru membeli Etios Valco tipe G Awal Juni kemaren, dan sejauh ini cukup baik, hanya tenaga yg dihasilkan msh cukup kurang jika dibawah 2000 Rpm, dan sedikit loyo jika naik tanjakan, apakah ada rekan2 pengguna Etios lain yg memiliki masalah pada kendaraan mereka? atau sudah ada community / club Etios online di Indonesia? sehingga bisa saling tukar informasi dari berbagai keluhan atau berita2 tentang Etios saat ini maupun yg akan datang?

Terima kasih..

Unknown said...

Karakteristik mobil-mobil city car yang memiliki 1.200-1.300 cc memang masih terasa kurang ketika tarikan di gigi-gigi awal. hal ini dikarenakan mobil ini didesain untuk hemat bbm dengan kondisi perkotaan yang rawan macet

untuk lebih meredakan rasa penasaran, ada baiknya mencoba terlebih dahulu dengan honda brio maupun mitshubisi mirage maupun kia picanto yang sama-sama 'satu kelas' , maka untuk tarikan di gigi-gigi awal terasa lambat dan kurang tarikan tetapi setiap pabrikan mempunyai perbedaan kenyamanan ketika sudah menginjak gigi 3..

saat ini belum ada wadah pengguna etios baik secara online maupun forum-forum otomotif lainnya

Unknown said...

Terima kasih mas Ridwan buat informasinya..

salam kenal..

Unknown said...

Mas Ridwan SB, saya mau tanya pada speedometer ditunjukkan angka maximum kecepatan hingga 200 km/jam, apakah yg terjadi jika saya geber sampai misalnya 160 - 180 km/jam, apakah pengaruh dari mesinnya & faktor keamanannya? yg kedua jika saya mau meningkatkan performa mesin Etios type G bagaimana supaya mendapat akselerasi yg optimal dgn tetap mengandalkan mesin 1200 CC tsb apa perlu dipakai NOS? ketiga jika alloy wheel saya ganti dgn pelek 16" misalnya 200/60/16, apakah pengaruh dari performa mesin tsb atau faktor keseimbangan mobilnya? Terima kasih.

Unknown said...

Dibantu yah mbak buat permasalahannya.
1. Angka di spedometer memang menunjukkan hingga 200km/jam, tetapi pertanyaannya apakah bisa mbak membawa mobil hingga angka maksimal tersebut ? tentunya untuk membawa mobil hingga max membutuhkan teknik tersendiri dan nyali yang benar-benar besar...

Permasalahan yang timbul ketika mobil etios 'dipaksa' berlari sedemikian kencang adalah suara bising dari luar karena untuk mobil-mobil city car sangat minim pengedap suara, getaran yang terasa pada pedal dan steer serta body bagian belakang yang terasa agak membuang..

pengaruh kepada keamanan tentu saja jarak rem yang tidak dapat saya perkirakan karena belum sempat menguji hingga di atas 160km/jam karena ini adalah mobil city car yang notabene untuk bermacet-macet ria di dalam kota.

2. Meningkatkan performa ada banyak macam cara selain memakai nos...kita bisa memakai piggy back hingga remaping ECU sehingga dapat meningkatkan performa. Percuma menggunakan NOS apabila ECU belum di remaping, istilahnya kita paksa mobil berlari dari awal tetapi 'otak' nya masih menganggap bahwa ini adalah waktu berjalan sehingga hasil tidak akan maksimal.

3. Penggantian Velg dianjurkan untuk naek paling maksimal 2 dari bawaan mobil. Apabila menggunakan Velg 15, maka paling maksimal menggunakan velg dengan ring 17.. Di luar itu harus menggunakan spicer bahkan harus mulai menggunakan baut chamber sehingga tidak gasruk.. Penggantian ukuran velg dan ban tentu saja berpengaruh terhadap kenyamanan mobil dimana di Indonesia cukup banyak jalanan berlubang dan polisi tidur

semoga membantu

AnakDewa said...

masih manual...

diandra said...

Untuk aksesoris toyota etios valco belum ada yah ? :(

Unknown said...

apakah benar toyota etios valco memiliki body yang ringan sehingga jika digeber dengan kecepatan tinggi tidak nyaman? terima kasih..

Unknown said...

sebaiknya sebelum memasang banyak variasi pada mobil baru toyota, ada baiknya membaca bahaya pemasangan aksesoris

Unknown said...

Mobil Toyota semenjak kijang capsul memang memiliki body yang ringan dan gampang penyok.. Bisa dilihat dari yaris, avanza maupun altis sekalipun

Unknown said...

Pak Ridwan
Kalau kita mau beli etios G dengan pesanan vleg ringnya di ganti 17 " lgsg dari toyota ( dihitung tukar tambah ) apakah bisa ?? berapa biaya yang harus dikeluarkan ? kapan etios matic diluncurkan ?

Sang Tajuk said...

Sebelumnya saya ucapkan " Selamat Idul Fitri 1434H, Maaf Lahir Bathin", Salam Kenal buat semuanya :-)...
Mas Ridwan saya mau tanya, kenapa pada etios tipe E tidak menyematkan indikator suhu mesin ? apakah ada pertimbangan tertentu untuk hal ini ? terimakasih sebelumnya...

Unknown said...

kalau dari dealer toyota tentu tidak akan diperkenankan untuk penggantian velg seperti itu karena mobil dan spare part yang ditawarkan harus original toyota ataupun aksesoris2 seperti kaca film yang sudah melakukan kerja sama dengan dealer....

menurut berita terakhir yang saya dapat, etios matic akan diluncurkan minimal setelah satu tahun etios ini dikeluarkan karena untuk matic masih mengalami pengembangan untuk gearboxnya

Sang Tajuk said...

maksud indikator disini semacam jarum penunjuk angka tertentu bukan hanya lampu yg berkedip saja, thanks

Unknown said...

selamat idul fitri juga om... banyak mobil sekarang yang sudah tidak menunjukkan indikasi suhu mesin karena pertimbangan efisiensi dan perancangan pada indikator2 di speedometer...

selain itu mobil sekarang sudah tidak konvensional seperti toyota kijang, sudah banyak sensor yang mengatur untuk menentukkan apakah mobil mengalami overheat atau tidak jadi tidak perlu khawatir mobil overheat tanpa kita tidak mengetahui....biasanya sensor overheat akan bekerja ketika mobil mencapai panas 85% dari kondisi panas maksimal

Unknown said...

saya mau tanya kalau toyota etios bisa di pasang header racing ga ya...?
terus kalau di modif gaya JDM bisa ga ya...?
di pasang turbo keyong seperti kakaknya etios, yaris
terus katanya mau keluar etios TRD ya...?
saya tanya-tanya dulu sebelum membeli
bales ya soalnya saya ingin memodifikasi etios biyar meramaikan pasar etios di indonesia

Unknown said...

header tentu saja bisa menggunakan racing, tapi bukankah kalau ingin modif mesin, bagian knalpot adalah pengerjaan terakhir setelah koprek2 mesinnya agar hasil yang didapat bisa maksimal ?

Turbo keong untuk mesin 1200 cc ? Tampaknya seperti starlet GT Turbo... mungkin bisa saja tapi saya tidak bisa menjamin apakah bodi tidak melayang karena terlalu enteng...

Untuk sampai saat ini belum ada wacana untuk mengeluarkan versi TRD, kalau model sedan sudah ada pembicaraan untuk dikeluarkan... Yang akan keluar langsung model TRD adalah Toyota Agya TRD

Unknown said...

oke deh penjelasannya bro terimakasih sangat bermanfaat besar buat modifikator pemula seperti saya

Unknown said...

Dear Pak Ridwan,

Mohon dibantu, saya pengguna etios sejak 2 bulan lalu, setelah servis 1000km, esoknya kok tiap kali saya rem terdengar bunyi "dag" terkadang 2x bunyi di sebelah kanan mobil (spertinya dari ban belakang), itu karena apa ya Pak? Terima kasih sebelumnya

Unknown said...

penerawangan saya kemungkinan karena per belakang terletak di belakang ban makanya bukannya menekan malah sebaliknya malah mengangkat itusih menurut saya

Unknown said...

Terima kasih sekali atas jawabannya Pak. Apa solusi untuk menghilangkan bunyi tersebut ya? saya sudah coba ke bengkel resmi, mereka memberi gemuk pada ke 4 ban saya, ditest drive stelah itu tidak bunyi (mungkin karena suasana jalanan sangat ramai dan bising), karena bunyi ternyata tidak hilang saat malam saya pulang kantor. Terus terang bunyi tersebut sangat mengganggu setiap kali saya menekan rem. Mohon dibantu ya Pak. Terima kasih kembali.

Unknown said...

ada bunyi dag ketika mengerem, langkah2 pengecekan :
1. Periksa terlebih dahulu dengan teliti darimanakah bunyi itu berasal. Bisa saja dari kunci2 roda yang tercecer, posisi ban serep yang tidak pas dan yang terakhir yang sering terjadi adalah ujung sabuk pengaman untuk jok belakang yang tersembunyi di bangku belakang sehingga beradu dengan bodi mobil ketika mengerem. (80% pengguna mobil baru mengalami hal ini)

2. Apabila semua dalam keadaan standart, minta tolong untuk dibersihkan bagian rem belakang dan dicek kondisi rem tangannya, takutnya sedikit mengunci dan kotor sehingga menyebabkan bunyi ini..

Unknown said...

Kebetulan karena masih bermasalah setelah dari bengkel, langkah pengecekan yang disebutkan di nomor 1 sudah saya lakukan dan bukan itu penyebabnya.

Terima kasih untuk semua masukannya...sukses selalu.

Unknown said...

mau tanya,mas ridwan, ketika mobil etios dibawa ke puncak yg banyak tanjakannya.apakah aman ?

Unknown said...

Siang Mas Ridwan,Tadinya saya ingin membeli mobil merek lain,tadi mobil tersebut sekarang turun kelas ke kelas LCGC,dan setelah saya lihat2 di forum dan berita Otomotif akhirnya saya memutuskan akan membeli Etios Valco Type G,,,Pertanyaan saya sama dengan Bro Rizky Mursyaid,,Apakan jika mobil di ajak ke daerah Puncak akan aman jika di tanjakan dan apakan beban mesin akan bertambah karna komsunsi AC yang terus bekerja,Terimaksih sebelumnya

Unknown said...

Mas Wahyu mau beli honda brio yah ? tpi sekarang keluarnya brio satya...
Menjawab pertayaan mas wahyu dan mas rizky, apakah mobil kuat diajak ke puncak ? ada banyak faktor yang menyebabkan mobil kuat atau tidak kuat :

1. Usahakan mobil tidak overweight, alias mengangkut banyak penumpang sehingga melebihi kapasitas maksimum sebuah mobil. Selain membuat mobil menjadi lebih berat dalam tarikan tentu saja dari segi keamanan juga sangat membahayakan.

2. Kondisi kopling itu sendiri, untuk mobil baru seperti ini, tentu saja tidak usah khawatir dengan masalah kopling

Mobil starlet dan mobil carry yang notabene 1.000 cc saja masih kuat naek ke puncak, masa mobil baru tidak kuat ? dan agar lebih menyakinkan, saya pernah test naek ke puncak dengan mirage yang notabene 3 cylinder dengan kapasitas 1.200 cc matic masih sangat nyaman diajak narik di puncak dan lembang. Sepertinya tidak ada masalah dengan mobil 1.200 cc 4 cylinder, dah kebetulan juga saya sudah pernah test drive ke kedua daerah tersebut tanpa masalah dengan mobil ini.

Unknown said...

Mas ridwan saya mau tanya,bagus mana toyota etios dan toyota agya dari semua aspek spesifikasinya..trims

Nayyzhyra Muntaz said...

Salam,

Mas ridwan,saya mau beli mobil dan masih sangat bingung memilih city car mana yg harus saya beli,menurut mas ridwan, lebih baik saya membelu etios,mirrage atau aveo? Mohon pencerahannya, terimakasih.

Nayyzhyra Muntaz said...

Salam,

Mas ridwan,saya mau beli mobil dan masih sangat bingung memilih city car mana yg harus saya beli,menurut mas ridwan, lebih baik saya membelu etios,mirrage atau aveo? Mohon pencerahannya, terimakasih.

Unknown said...

Banyak aspek yang membuat orang memutuskan membeli sebuah mobil baru, pertimbangkan beberapa aspek ini :
1. City car berarti banyak dipakai untuk di perkotaan untuk mobilitas sehari-hari, apakah anda mengingikan manual atau matic ? kalau matic, singkirkan etios.

2. Harga Beli, diskon dan penawaran aksesoris tambahan biasanya juga mempengaruhi orang untuk melakukan pembelian.

3. ketersediaan sparepart after sales juga perlu diperhatikan dan toyota adalah produsen dengan kemudahan sparepart dan barang-barang after market.

4. Nilai jual mobil kembali karena city car biasanya mulai disisihkan apabila sudah memiliki 2 orang anak karena keterbatasan tempat.

5. Untuk masalah performa, mirage dan etios hampir dibilan 11-12 sedangkan untuk aveo, saya merasa kurang nyaman ketika handling.

Sang Tajuk said...

Siang Mas Ridwan SB, setelah menggunakan Etios type E kurang lebih 2 bulan selama itu pula saya tidak menemukan keluhan pada performanya, namun saya merasa risih dengan Antena luarnya yg tidak bisa dipendekan,mengingat saya menggunakan body cover untuk melindungi kendaraan saya dari terpaan hujan. Apakah akan menghilangkan Garansi elektrik-nya jika saya menggantinya dengan yg bisa dipendekan? Klo tidak masalah, dimana saya bisa mendapatkannya? terimakasih..

Unknown said...

trima kasih jawabannya mas ridwan dan tanggapannya mas wahyudi, saya ada yang mu tanya. mas ridwan kenapa menurut saya kursi penumpang belakang etios kurang tinggi u sandaran kepala belakangnya berbeda dengan agya. sy agak lbh comfy sandaran tipenya agya. bgmn menurut mas ridwan.

Unknown said...

Mas nanya kalau mas pilih brio atau etios g? Karena saya percaya dengan pilihan mas..Terima kasih..

Unknown said...

Mas nanya kalau mas pilih brio atau etios g? Karena saya percaya dengan pilihan mas..Terima kasih..

Unknown said...

@ sang tajuk, silahkan diganti saja mas antenna nya dengan yang lebih kecil, tapi ketika service ada baiknya mengganti lagi biar aman saja..

@Rizky : tapi ground floor atau jarak antar bangku lebih menang etios, memang mungkin lebih nyaman sandaran kepala agya.

@muhhamad : saya milih mirage om, karena saya skrg lagi pake mirage :)...tapi kalau brio satya vs etios ? kayanya brio satya boleh dipertimbangkan, tapi apakah om doyan dengan bentuk kaca belakang dan dashboard yang terlihat kaku ? itu saja pertimbangannya

Unknown said...

Mas sy mw ty apa toyota agya bisa digunakan untuk jarak jauh dan kodisi jaLan turun naik..

Database said...

Dear All,

Tanpa mengurangi rasa hormat, Kami Field Force Indonesia merupakan salah satu perusahaan riset terbesar di Indonesia dan secara berkala mengadakan riset untuk mewakili perusahaan resmi otomotif yang ada didunia.

Tujuan Riset yang kami adakan saat ini adalah untuk menjaring Responden guna mengetahui pendapat dan tingkat kepuasan mereka terhadap kendaraan yang dimiliki.

Dengan meninggalkan nomor yang dapat dihubungi untuk appointment, kami berharap partisipasi Bapak / Ibu untuk kami meluangkan waktunya demi keperluan riset kami.

Berikut flyer resmi kami,
http://imageshack.com/i/0decchj

Best Regards,
Project Manager Field Force Indonesia
Jl. Cikini Raya no.111 Menteng, Jakarta 10330, Indonesia
+6221 310 3680 ext.209

Unknown said...

@puji : selama tidak kelebihan beban ketika perjalanan jauh, saya rasa semua mobil baru meskipun cc kecil sekalipun akan kuat melahap medan naik turun...

Unknown said...

Salam,

Saya mau tanya, etios saya tipe E beberapa hari lalu pernah saya pakai di tanjakan yg curam dan harus mengantri agak lama sehingga saya menahan setengah kopling cukup lama dgn gas yg saya besarkan karena takut mobil mati bebannya lgi berat. Lalu kampas koplingnya spertinya hangus, ada asap keluar dri kap dan bau sangit yg lumayan lama tercium.

Mobil saya baru berumur 6 bulan sdh dipake 12000 lbh km nya. Apa saya perlu mengkhawatirkan kondisi kampas kopling saya ? Apa ada efek negatif akibat hangusnya kampas tersebut ?

Terima Kasih

Unknown said...

mas ridwan ada pertanyaan. antenna bawaan etios sy rusak krn mobil slalu di cover jk tdk dipakai, kbetulan tempo lalu turun hujan lebat, jd menyebabkan tekanan cover itu mnyebabkan antena sy rusak. sy mau tanya mas, antenna yg sirip hiu seperti honda cr v, apa bisa di pasang ke etios. lalu biasanya kena brapa duit ya.

iyut said...

Salam kenal mas Ridwan, Setelah membaca beberapa pendapat mengenai kelemahan dan kelebihan mobil citycar, saya jadi bimbang beli dengan etios. Menurut mas ridwan apa benar etios kl hujan air bisa masuk soalnya tidak ada karet pengaman dipintu, KATANYA SIH soalnya ini masig indenn yg G.

Unknown said...

@chandra : kalau mobil dipakai untuk naik tanjakan curam disertai beban berat memang membutuhkan tenaga yang besar di dalam penggunaan kopling, apalagi beban tersebut melebihi batas maksimum untuk berat mobil.

Apakah kopling sudah terasa berat hingga saat ini ? apabila iya, ada baiknya menanyakan SA toyota karena mobil anda masih tergolong baru.

@ Rizky : saya kurang tahu bisa apa gak, tetapi asalkan kompatible dengan rumah antena maka bisa saja diganti

@Iyut : itu hanyaa issue saja, apabila benar seperti itu maka ada penarikan mobil secara massal karena air yang masuk melalui jendela akan menyebabkan power window korslet dan dapat mengakibatkan mobil terbakar seperti kejadian honda city...

Unknown said...

mas Ridwan numpang tanya lg yah, kalo misalnya Etios dipasang alat penghemat BBM seperti produk Broquet apa benar2 dapat mengurangi & lebih hemat lg pemakaian BBM dan tidak mempunyai kelemahan atau kekurangan terhadap mesin?

terima kasih

Unknown said...

@ Herdy : etios sendiri sudah termasuk mobil yang irit bbm.. Sampai saat ini saya belum menemukan perbedaan signifikan dengan alat penghemat bbm itu, karena boros tidak boros ditentukan oleh kaki dan cara membawa mobil juga..

agar lebih valid mungkin bisa disuru ditest di toyota innova, yang terkenal dengan mobil yang cukup boros :P

Unknown said...

Salam kenal mas Ridwan..
Sy masih inden etios tapi dr awal memang ga sreg sm door handling nya. Kalo nanti lgs sy ganti yg model yaris masalah ga dan cocok ga ya? Sama satu lagi, kalo sy mau pasang tv apakah pengaruh juga ke garansi elektriknya? Terima kasih..

Unknown said...

Salam kenal mas Ridwan..
Sy masih inden etios tapi dr awal memang ga sreg sm door handling nya. Kalo nanti lgs sy ganti yg model yaris masalah ga dan cocok ga ya? Sama satu lagi, kalo sy mau pasang tv apakah pengaruh juga ke garansi elektriknya? Terima kasih..

Mr.X said...

Mas Ridwan...

Saya baru sebulan lebih menggunakan Etios Valco Type G, kenapa ya tarikan gigi 2 nya sangat kurang? kadang sering mati trus tercium bau gosong gitu.. padahal itu bukan tanjakan yg tinggi.. mohon pencerahannya.. terima kasih..

suhartawan said...

Etios Valco milik saya pada saat mengerem selalu berbunyi, bagaimana itu apakah ini kesalahan produk atau memang ada peralatan yang harus di set dengan lebih tepat.karena ini kasusnya sama dengan Lizbeth Phang diatas sama percis. mohon masukannya bagi yang tahu Terimakasih

suhartawan said...

@Bung Chandra Mudjib, pengalaman saya mengandarai Etios valco di tanjakan,
- gunakankan gigi yang serendah mungkin saat tanjakan bisa gigi 2 atau bila mungkin gigi 1 melihat kondisi lapangan dan beban mobil,
- Over gigi sebelum kendaraan minta over gigi yang lebih rendah.
- dengan penumpang 5 org dan tambah beban dalam Bagasi mobil Etios tidak menemukan kelainan di tanjakan.
- Gunakan Rem tangan bila berhenti atau jalan merayap di tanjakan
Terima kasih.

PPT said...

Akhirnya etios valco saya gagal naik tanjakan dgn kemiringin kurang lebih 40 - 45 derajat. Setelah meraung raung tapi malah turun lagi.
Setelah baca forum etios ternyata ada bug final revisi jadi ratio 4.2 yg sebelumnya ratio 3.9
Skrg etios sy harus rela di bongkar dan di set ulang gear ratio nya. Selama 4 hari menginep di bengkel tunas toyota.
Sedikit mengkwatirkan Quality Control. Se aman apa kah setelah di bongkar2 gitu?
Dan bagaimana saya tau klo sudah di pasang revisi final gear ratio 4.2
Bagaiman saya meng check urutan rationya?
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st 3.545
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd 1.913
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd 1.310
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th 0.973
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th 0.804
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse 3.214
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final 4.294
Terima Kasih Pak Ridwan

Unknown said...

Slam kenal mas ridwan...mohon pencerahan nya...disaat mobil etios valco tipe E saya cuci sering terdapat air d bagasi belakang mlah bikin ban serap saya jdi berlumut...kenapa ya mas....????

Unknown said...

Brp harga sparepart kampas kopling etios ya, trims mas ridwan

Unknown said...

Brp harga sparepart kampas kopling etios ya, trims mas ridwan

Anonymous said...

saya baru beli etios G bekas th2014 tapi belum tahu kondisi Air bagge nya masih baik atau tidak Imponya Tks

Anonymous said...

Maksudnya Bagaimana Cara Nengetahui Baik atau Tidak nya Air bagge Etios Valco G

Anonymous said...

Maksudnya Bagaimana Cara Nengetahui Baik atau Tidak nya Air bagge Etios Valco G

Anonymous said...

saya baru beli etios G bekas th2014 tapi belum tahu kondisi Air bagge nya masih baik atau tidak Imponya Tks

Unknown said...

Bisakah velg standar brio digunakan pada etios G 2014?

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --