Cara Mengatasi Bunyi pada Rem Mobil

Seringkali ada bunyi aneh saat kita mengerem ketika mengendarai mobil, bunyi akibat rem mobil sangat mengganggu kita sebagai pengemudi. Masalahnya rem mobil sangat berhubungan dengan keselamatan dan nyawa kita sendiri. Ada 3 bunyi khas yang seringkali diadukan dan timbul pada sistem pengereman yang menggunakan cakram seperti nguuk-nguuk, sring-sring & srek-sreek. Sekilas, bunyi yang muncul dari sumber yang sama ini hampir mirip. Tetapi kalo dicermati dengan teliti akan terdengar bedanya, selain itu setiap bebunyian tersebut memiliki penyebab yang berbeda.

Cara Mengatasi Bunyi pada Rem Mobil 

komponen rem mobil toyota
Komponen Rem Mobil Toyota

Bunyi Nguk-Nguk ketika mobil mengerem 

Nada yang mengganggu gendang telinga ini muncul saat fungsi penghenti laju dioperasikan. Hal ini biasa disebabkan karena kotoran yang menempel pada permukaan kampas rem (brake pad). Jadi saat kampas rem yang permukaannya berdebu menjepit cakram, saat itulah bunyi tersebut timbul. Karena terjadi efek kesat atau seret.

Agar bunyi nguk-nguk ketika mengerem dapat hilang caranya cukup gampang dan mudah. Pertama, lepaskan terlebih dahulu perangkat kaliper dari cakram. Bila ada kompresor, tinggal semprot bagian kampas remnya. Tetapi bila tidak ada kompresor, jangan putus asa. Bagian Rem dapat dibersihkan dengan menggunakan kuas ataupun brake cleaner. Selain itu, kalau kotorannya agak membandel, dapat menggunakan ampelas untuk mengikis tumpukan kerak tadi.

cara membersihkan tromol rem mobil
Penggunaan amplas halus untuk membersihkan kerak
 Pada mobil Toyota Vios, Toyota Yaris dan Toyota Camry, seringkal bagian rem untuk roda depan mengalami masalah seperti ini, penyebabnya dapat karena baut kaliper yang sudah aus sehingga kaliper rem menjadi goyang ataupun karena plat kampas rem yang sudah tidak presisi akibat pergantian rem. Plat kampas rem yang tidak presisi dapat diatasi dengan cara mengganjal plat tersebut dengan amplas.

Bunyi Sring-Sring ketika Mobil Mengerem

Bila didengarkan secara saksama, bunyi ini ditimbulkan karena gesekan antara logam dengan logam. Bunyi yang sangat menganggu karena membikin ngilu telinga ini. Penyebab bunyi seperti ini biasanya karena kampas rem yang sudah habis dan telat diganti mengakibatkan tatakan kampas rem yang terbuat dari lempengan besi beradu langsung dengan cakram / disc brake mobil.

Hal ini jangan dibiarkan terus menerus karena akan membuat cakram mobil terkikis dan menjadi tidak rata sehingga meskipun kampas rem mobil sudah diganti baru tetapi pengereman tidak bisa maksimal dan dapat membuat bunyi timbul kembali dalam jangka waktu yang dekat. 
cairan pembersih rem mobil
Brake Cleaner untuk membersihkan rem

Apabila disk brake / cakram mobil sudah terkikis atau sudah kena maka dianjurkan untuk membubut kembali disc brake atau melakukan penggantian spare part tersebut. Disc Brake mobil Toyota yang sudah beralur biasanya dapat dibubut satu kali sebelum melakukan penggantian disc brake tersebut. Tetapi apabila permukaan cakram mobil belum telanjur parah termakan nya, maka untuk menghilangkan suara sring-sring cukup dengan mengganti kampas rem saja.

Bunyi Srek-Srek ketika Mobil Mengerem

Biasanya bunyi srek-srek ini terdengar secara timbul tenggelam. Karena menurut hasil pendeteksian, penyebabnya karena permukaan cakram tidak rata alias sudah penyang. Kemungkinan terbesar hal itu terjadi karena pernah terbentur benda keras atapun karena material cakram kurang bagus sehingga gampang melintir saat terkena panas gesekan antara disk brake dengan kampas rem dan pemicu lainnya.

Untuk mengusir bunyi srek-srek tersebut, ada 2 pilihan. Pertama dengan mengganti piringan rem dengan yang baru. Dan langkah alternatifnya, dengan melakukan pengepresan maupun pembubutan pada permukaan cakram.

Jangan biarkan bunyi pada rem mobil menganggu kenyamanan dan keselamatan kita dalam berkendara.

Artikel Terkait: