Cara Membuat Oil Catch Tank

memasang oil catch tank sendiri
Salah satu fungsi Oil Catch Tank : mobil bersih dari oli membandel
Cara Membuat Oil Catch Tank Sendiri sebenarnya tidak sulit hanya niat dan rasa malas saja yang sering menghalangi kita untuk membuat oil catch tank. Biasanya kita mempunyai sedikit rasa malu ketika membuka kap mesin ternyata terdapat kumpulan oli yang menempel di bagian mesin terutama di bagian Cylinder Head. Apalagi kalau membuka kap mesin nya di hadapan rekan-rekan club sekalian atau di depan mertua, tidak jarang ada pertanyaan seperti : "Koq, ada oli menempel yah di bagian head? Jarang di tune-up yah ?" Padahal mobil baru saja di tune up, tetapi mengapa ada bekas oli di bagian head ? Perawatan mobil yang kita lakukan sepertinya kurang afdol apabila tidak ikut merawat bagian dalam kap mesin kita.

Nah sekarang ada alat yang cukup lagi naik daun di kalangan pecinta mobil nich, namanya oil catch tank yang kalau diterjemahkan langsung adalah wadah menangkap oli. Apa itu ? Mari kita bahas lebih lanjut tips otomotif berikut ini. Buat rekan-rekan sekalian yang pengen intake nya bersih, dan bisa menambah kerjaan ketika kumpul rame-rame nich (daripada mabuk-mabukan dan ugal-ugalan tidak jelas)

Fungsi Oil Catch Tank

Diagram Oil Catch Tank toyota
Diagram Oil Catch Tank
Oil Catch Tank (OCT) bukan bagian dari spare part toyota, tapi merupakan bentuk kreativitas dari teman-teman pencinta mobil yang ingin intake dan bagian head di mobilnya bersih dari sisa uap oli. Untuk pengertian mudahnya, Oil Catch Tank adalah tempat penampungan uap oli yang dihasilkan dari panas mobil sehingga uap oli tersebut tidak mengumpul di bagian intake mobil.
hasil oil catch tank
Intake mobil dapat bersih seperti ini, mau  ?

Dan harga OCT sendiri beraneka ragam di pasaran, tergantung merk nya. Bisa antara 400 ribu hingga 2 juta rupiah. Tapi tenang saja, karena disini yang akan dibahas adalah bagaimana cara membuat Oil Catch Tank sendiri atau istilah kerennya DIY (Do It Yourself) sehingga ketika sedang Kopdar atau lagi kumpul-kumpul santai, teman-teman sekalian bisa menambah kreativitas dalam memasang OCT dan untuk lebih mengenal mobil Toyota nya.

Ok, langsung saja kita mulai pembahasan tentang DIY : Oil Catch Tank

Peralatan membuat Oil Catch Tank :

  • 1.Tabung Filter Kompresor +/- Rp 80.000- Rp 125.000 
  • 2.Selang nylon secukupunya +/- Rp 20.000
  • 3.Neple 2 buah Rp 10.000
  • 4.Selang adaptorRp 5.000
  • 5.Bracket Rp 5.000
  • 6.Baut pegangan filter, tinggal meminta saja

Perlengkapan :

  • 1.Gerinda , untuk membuat dudukan bracket agar pas di mobil
  • 2.Sealer buat tutup ujung tabung filter
  • 3.Kreativitas dan doa dari rumah (ini faktor paling penting)


membuat sendiri oil catch tank
Peralatan yang dibutuhkan

 Cara Membuat Oil Catch Tank 

1.Bikin dudukan bracket OCT dengan menggunakan Gerinda.Sebaiknya diukur terlebih dahulu bracketnya dengan tempat kosong di mobil untuk menaruh OCT. Tetapi posisi bracket, kira-kira dibentuk seperti gambar dibawah ini :
membuat sendiri oil catch tank
Bracket yang sudah dibentuk
2.Setelah itu, jangan lupa katup bagian bawah di ujung botol ditutup dan dapat dilem dengan sealer untuk mencegah kebocoran oli di Oil Catch Tank akibat beban massa oli yang terlalu banyak.

wadah untuk oil catch tank
Ujung botol yang sudah disealer
3.Bentuk penampakan dari peralatan yang sudah disiapkan pertama kali seperti gambar dibawah ini (inilah gunanya kreativitas dan doa )

oil catch tank buatan sendiri
Oil Catch Tank yang terpasang

Perbedaan setelah dan sebelum memasang Oil Catch Tank  :

oil catch tank mobil toyota
Sebelum pemasangan OCT
oil catch tank mobil toyota
Setelah pemasangan OCT
Cukup mudah bukan untuk membuat oil catch tank ?

Efek utama dari pemasangan Oil Catch Tank adalah intake mobil menjadi bersih sehingga dapat membantu untuk mengirit bahan bakar. Hal ini disebabkan karena pembakaran tidak terhalang oleh kerak oli (sisa uap-uap oli) yang biasa bersarang di intake mobil toyota kita.

Semoga artikel ini bisa membantu untuk mengisi acara Kopi Darat rekan-rekan Sekalian, Tips dan trik membuat oil catch tank cocok untuk mobil Toyota Great Corolla, Corolla All new, Toyota Soluna dan terakhir sudah dicoba di Corona. Cara memasang oil catch tank sendiri dipersembahkan oleh anak-anak Great Corolla Club.

Selain membuat Oil Catch Tank, ada juga tips-tips otomotif yang cukup menarik dan cukup mudah untuk dilakukan di rumah seperti cara melakukan carbon clean sendiri. Pada blogtoyota.com juga diajarkan membuat speedometer mobil lebih terang dengan LED. Mari menjadikan mobil Toyota kesayangan kita menjadi lebih menarik dan lebih unik tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Artikel Terkait:

9 comments:

Anonymous said...

asyik juga buat kerjaan malem n libur

Dow Corning DC 704 silicone diffusion pump oil said...

What a wonderful post. I have learnt so much from this blog.I like your blog.Thanks for the post.

Anonymous said...

Filter Kompresor jenis apa yang digunakan mas ridwan, sangat membantu triknya

Unknown said...

ciri ciri kanker payudara stadium awal
obat tradisional psoriasis

Unknown said...

Om mau tanya kl filter kompresornya yg kecil kan ada yg sekali jalan in atas out bawah.....bsa kah?cm beda ukuran filter

Unknown said...

Biasanya buat filter pengecatan (sama2 menyaring air/minyak di udara)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
agrhatea said...

Om, mau tanya kl lihat di xenia saya, ada dua saluran dari head, yg pertama head menuju input throttle body dan yang kedua head ke intake manifold, apa dua2nya bisa dipasang oct atau salah satu aja, mohon pencerahan

Unknown said...

Kalau boleh tau spesifikasi filter kompresornya merk apa ya dan untuk kompresor berapa PK

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --