Serba Serbi Toyota Agya

 kelebihan toyota agya
Mobil murah Toyota, Toyota Agya is back. Ungkapan itu sepertinya cocok untuk para peminat mobil baru dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah sempat mengecewakan para peminat mobil ini di awal tahun karena belum mendapatkan persetujuan tentang regulasi LCGC (Low Cost and Green Car) sehingga berbuntut dengan pengembalian DP yang telah dibayarkan oleh calon konsumen. Sekarang pihak Toyota sudah mantap untuk menerima DP untuk pembelian Toyota Agya. 

Pertanyaan yang sering diajukan kepada saya adalah, "Bagaimana kualitas dari Toyota Agya ini ? Apakah mobil baru Toyota ini aman dan layak untuk dibeli? Komponen yang dipakai apakah komponen murahan sehingga menciptakan harga murah ?" Saya berusaha menjawab dengan logika dan data-data spesifikasi dari toyota Agya itu sendiri sehingga kita dapat mengetahui mengapa mobil baru dapat menjadi murah.

Penyebab Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Murah

1. Kebijakan LGCC (Low Cost and Green Car ), kebijakan ini mengatur agar mobil yang dipakai di daerah perkotaan sebaiknya adalah mobil-mobil dengan cc yang rendah dan ramah lingkungan. Mengapa begitu ? Karena daerah perkotaan yang notabene adalah daerah dengan mobilitas tinggi alias macet dan hampir 90% terletak pada ruang bidang yang landai sehingga sangat efektif apabila menggunakan mobil dengan cc rendah sehingga dapat menurunkan tingkat polusi udara.

Dari kebijakan LGCC itulah, pihak astra berinisiatif untuk menciptakan mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dengan mesin 998cc dengan penggerak 3 silinder dan juga memproduksi mobil ini dengan tipe automatic. Berbeda dengan toyota Etios yang sampai saat ini versi matic nya belum keluar di pasaran, mungkin ini juga pertimbangan toyota agar konsumen perkotaan lebih cenderung memilih Toyota Agya sebagai pengisi garasinya.

2. Mesin 998 cc dengan 3 silinder tentu menghabiskan biaya yang jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan biaya memproduksi mesin 1000 cc dengan 4 silinder seperti Toyota Starlet. Untuk bagian bodi pun, mobil-mobil sekarang memang memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil-mobil Toyota tahun '90an yang masih menggunakan bahan dasar kaleng untuk bagian bodi. Tidak percaya ? Silahkan bersandar dengan penuh tenaga pada mobil Toyota Avanza.

3. Masih ingat dengan harga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pertama kali diluncurkan ? Yup! harganya kurang lebih sama dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sekarang, yaitu 90juta rupiah. Dan perlu diingat waktu itu Toyota Avanza keluar dengan mesin 1.300cc dengan 4 silinder. Apabila dihitung nilai inflasi sampai dengan tahun 2013, maka angka Rp 80.000.000 - Rp 90.000.000 adalah harga yang pa ccntas untuk mobil 998cc ini.

4. Pajak untuk mobil-mobil LCGC juga mengalami perbedaan dengan mobil-mobil Toyota sebelumnya. Untuk mobil LCGC tentu diberlakukan sistemasi pajak yang berbeda sehingga dapat menekan biaya produksi. Bagian pajak ini tentu saja jangan ditanyakan kepada saya karena saya tidak mengerti dengan pasti bagaimana kebijakan pajak yang diberlakukan untuk mobil ini.

Dari keempat alasan di ataslah maka saya berani bilang bahwa harga yang ditawarkan adalah harga yang wajar untuk mobil ini. Jangan khawatir bahwa mobil Toyota Agya ini seperti mobil-mobil cina yang pernah menyerbu pasaran Indonesia dan hilang begitu saja karena bahan dasar yang kurang bagus dan susah untuk pelayanan after sell nya alias susah untuk mencari keberadaan spare partnya. Toyota mengusung nama besarnya untuk menciptakan produk yang satu ini koq.

Spesifikasi dan Review Toyota Agya

Setelah mengetahui penyebab mengapa mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla murah, sekarang kita akan mengintip spesifikasi mobil ini :

Type Car : Hatchback City Car, karena sudah menggunakan nama city car mungkin saya masih merasa ragu apakah mobil ini kuat untuk dipakai ke daerah penggunungan berulang-ulang kali. Kalau sekali atau dua kali tentunya kuat donk.

Panjang : 3,58 Meter
Lebar : 1,6 Meter
Tinggi : 1,51 Meter
Kapasitas penumpang : 4 orang ukuran jumbo atau 5-6 orang ukuran minion (hahaha)
Dari dimensi mobil ini, berarti mobil ini mudah untuk parkir dan berakselerasi di jalanan karena space mobil yang unyu-unyu. Ketika saya test drive mobil ini, memang saya memiliki kesusahan ketika duduk tegak di mobil karena jarak tinggi dengan kepala saya sedikit mentok.

mesin toyota agya
Mesin kecil dan ringan
Mesin : 998 cc dengan 3 silinder dan tentunya 12 Valve (kode mesin : 1-KR), Engine power maksimal (katanya, soalnya belum test langsung sampai maksimal) 67 Hp di putaran 6000Rpm dengan penggerak roda depan. Tentu saja dengan tenaga yang tidak terlalu besar, mobil Toyota Agya ini sangat cocok untuk para pencinta ibukota atau untuk ibu-ibu yang ingin meluangkan waktu dengan anak-anaknya. Dan sebagai tambahan, berat mesin Toyota Agya hanya 10 kg, sebuah mesin yang sangat enteng dan kecil tentunya untuk ukuran sebuah mobil.

bagian interior toyota agya 

Kelengkapan yang bikin menarik adalah sudah dilengkapi dengan air bag dan elekrik mirror (kecuali type terendah). Dan tentu saja sudah dilengkapi dengan power window dan central lock sebagai tambahan kenyamanan penumpang. Sudah dilengkapi dengan electrik power steering juga untuk mobil Toyota Agya ini. Sayangnya untuk bagian ac masih bersifat manual alias diputar sendiri untuk mengatur suhu ac, belum elektrik seperti mirage.

Harga Toyota Agya 2013

Mobil Toyota Agya ini masih pre-order, harga yang diberikan di bawah ini tidak dapat mengikat dengan pasti karena masih ancang-ancang harga yang dikeluarkan dan belum ada keputusan resmi berapa harga yang harus dijual karena masih hitung-hitungan dengan pihak pemerintah sepertinya :) 

Untuk Order Mobil Toyota Agya cukup memberikan booking fee sebesar 5 juta yang tentu saja refundable apabila anda tidak setuju dengan harga yang dikeluarkan.

Type E sekitar Rp 80-95 juta ,
Type G sekitar 95-105 Juta rupiah,
Type TRD-S antara 105-120 juta rupiah ,

Perbedaan utama type E dengan type G dan TRD-S adalah : tanpa velg alloy dan tanpa electric spion serta ukuran velg lebih kecil, Untuk detail perbedaan type Toyota Agya E dengan G maupun TRD dapat dilihat di bawah

Perbedaan Type pada Toyota Agya

Toyota Agya Type E terdapat pilihan manual dan automatic

  • Mesin 1-KR 1000cc DOHC,Dual SRS. AIRBAG
  • 1 Din integrated audio with CD/MP3/USB/AUX
  • Adjustable Headrest for rear passenger
  • Power Steering,Power Door Lock,Power Window
  • Seatbelt in every seat,Foldable rear seat,
  • R13 155/80 tyre
  • AC
  • Front Air Spats (Automatic Transmission only)

Toyota Agya Type G terdapat pilihan Manual dan automatic

  • Memiliki seluruh kelengkapan fitur Tipe E ditambah:
  • Alloy velg,Rear Spoiler,Foglamp with chrome list,R14 175/65 tyre
  • Chrome Door handle,Chrome lower bumper ornament,Chrome inside door handle
  • Chrome side protective moulding,2 DIN integrated audio with CD/MP3/USB/AUX
  • Electric Outer Miror,Multi Information Display(MID),5 Setting Alarm
  • Eco Mode Indicator,Chrome AC Register,Tachometer indicator
  • Shift lever & knob silver ornament,Steering wheel silver ornament,Center cluster silver ornament

Toyota Agya TRD-S (sporty) manual / matic

Toyota Agya Versi TRD
Toyota Agya Versi TRD

  • Memiliki seluruh kelengkapan fitur G ditambah:
  • FRONT TRD S Aerokit,REAR TRD S Aerokit
  • TRD S Sideskrit,TRD S side Sticker,TRD S Emblem.

Pilihan Warna Mobil Untuk Toyota Agya :

  • Putih
  • Hitam
  • Silver Metalik
  • Biru Muda
  • Abu-Abu Metalik
  • Dan tentu saja warna ekslusif toyota nya yaitu dark blue metalic
Sebagai penutup, tentu saja apabila diminta pendapat apakah mobil Toyota Agya layak untuk dibeli atau tidak ? Saya hanya dapat menjawab, "Apakah kebutuhan teman-teman di dalam membeli mobil ?" Apabila hanya untuk mobil di lingkup perkotaan tanpa harus mobile ke daerah-daerah lain, maka saya dapat menyarankan untuk membeli mobil Toyota Agya. Atau mungkin mobil ini ingin dihadiahkan kepada istri (kalau simpanan, bukan saya yang nyuruh yah) untuk mobilitas dia menjemput anak sekolah ataupun pergi berbelanja maka mobil ini cocok untuk menghiasi garasi anda. Apabila tidak ada kebutuhan seperti di atas atau hanya ingin coba-coba, pleaseeee... jangan buat ibu kota menjadi lebih macet.

Artikel Terkait:

3 comments:

Unknown said...

artikel yang menarik bro...
jadi toyota Agya ini dapat dibilang sebagai penerus dari toyota Avanza ?

Unknown said...

Hahahaha bisa aja si rico
kan dah pernah kita bahas nich masalah Agya dengan Avanza..

Jadi Dp mobil ini kah co ? jgn lupa nanti ajak2 test drive lagi, lebih asoy kalo dah milik sndiri jadi bisa digeber terus kan.

TOKO BUNGA PEKALONGAN PEMALANG BATANG (RIMBUN FLORIST) said...

ada info leasingnya gak gan?
http://apapunberitanya.blogspot.com

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --