Cara Menguras Radiator Mobil




Pasti Kita tentu sudah mengetahui bahwa salah satu penyebab radiator menjadi tersumbat adalah karena menumpuknya endapan atau kotoran yang terdapat pada saluran dan kisi-kisi radiator. Agar kotoran tersebut tidak menumpuk dan menyebabkan radiator tersumbat, ada baiknya kita menguras radiator pada periode tertentu. Apabila mobil sering digunakan, kita dapat menguras radiator setiap 6 bulan sekali. Tetapi pada mobil yang jarang dipakai sekalipun, ada baiknya kita menguras setiap satu tahun sekali.

Agar mencapai hasil yang maksimal dalam membersihkan radiator, kita dapat menggunakan radiator flush, dimana fungsinya adalah merontokan segala kotoran yang menempel pada saluran radiator tentunya tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi motor. Di pasaran saat ini, banyak sekali merk radiator flush yang sudah beredar seperti merk Prestone, Dobelli, Master dan lain lain.

Radiator Flush sendiri juga dianjurkan apabila kita menginginkan mengganti cairan radiator / radiator coolant dengan merk lain. Agar sisa-sisa cairan yang menempel pada permukaan saluran pendingin ini dapat rontok dan tidak menimbulkan gumpalan karena penggantian merk coolant.

Cara Menguras Radiator Mobil





1. Pastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan dingin, buka tutup atas radiator. Setelah itu kita dapat membuang sedikit air radiator dengan cara membuka keran bawah radiator (letaknya tepat di bagian bawah radiator). Kita dapat membuang sekitar 200ml - 300ml saja agar radiator flush dapat dimasukkan ke dalam radiator.

2. Kencangkan kembali tutup pembuangan tadi, tuang radiator flush lewat tutup atas radiator, setelah itu pasang kembali tutupnya. Setelah itu kita dapat menghidupkan mesin kurang lebih 15 menit agar radiator flush larut dalam cairan radiator yang lama dan dapat melarutkan kerak pada permukaan-permukaan saluran radiator. 

3. Sehabis itu buang air radiator sampai habis melalui keran bawah, jangan lupa untuk membersihkan tabung cadangan radiator hingga bersih. Kencangkan kembali keran bawah radiator dan isi radiator dengan air penambah aki ataupun tampungan air ac ( saya kurang menyarankan menggunakan air biasa karena kandungan mineral yang cukup tinggi ) hingga penuh. Setelah itu hidupkan kembali mesin selama 15 menit, jangan langsung menutup tutup atas radiator terlebih dahulu, apabila air berkurang dapat ditambahkan hingga penuh dan stabil. Fungsi air yang kita masukkan disini adalah untuk pembilasan agar sisa cairan radiator yang telah tercampur dengan radiator flush dapat terbuang semua dan bersih dari radiator kita.

4. Langkah selanjutnya dalam menguras radiator mobil adalah membuang kembali air radiator sampai benar-benar kering, kita dapat mendiamkan terlebih dahulu agar semua air terbuang keluar dari radiator. Apabila sudah kering, maka kita dapat menutup keran bawah radiator dan mengisinya dengan coolant ataupun air radiator yang baru. Jangan lupa untuk mengisi tabung air cadangan radiator hingga batas atas.

5. Hidupkan kembali  mesin beberapa saat untuk memastikan saluran radiator terisi merata. Apabila coolant berkurang, maka kita dapat menambahkan kembali coolant atau air radiator hingga penuh. Untuk menghindari gelembung udara pada saluran radiator, coba dibuka sedikit tutup pembuangan udara pada mobil toyota avanza sampai coolant keluar melalui celah tersebut.   

Cukup mudah bukan cara menguras air radiator pada mobil toyota kesayangan kita. Tips perawatan mobil ini agar kita dapat meminimalkan kerusakan yang terjadi pada mobil kita akibat kelalaian kita sehingga menyebabkan mobil membutuhkan biaya yang cukup besar untuk perbaikan.

Artikel Terkait:

6 comments:

Unknown said...

Pake air penambah aki juga bisa ya om..!! Thx banget info nya om..

Rental Mobil Makassar said...

thanks bro atas infonya
www.rentalmobildimakassar.com

Unknown said...

Tipsnya mantap & membantu sekali.thanks a lot..GbU.

Vikar said...

* MOBIL Sienta Paling IRIT *
http://m.news.viva.co.id/news/read/800096-fakta-fakta-menarik-toyota-sienta-diklaim-paling-irit
DP Sienta hanya 25jtaaaaaan
Harga resmi Toyota Sienta
ON THE ROAD:
- SIENTA E MT 230,000,000
- SIENTA 1.5 E CVT 248,000,000
- SIENTA 1.5 G MT 242,000,000
- SIENTA 1.5 G CVT 260,000,000
- SIENTA 1.5 V MT 257,000,000
- SIENTA 1.5 V CVT 275,000,000
- SIENTA 1.5 Q CVT 295,000,000

Info dan Pemesanan,
Vikar Ronaldo Toyota Pondok indah
✆ 0812 1287 4111 (WA)
Pin BB : 56B197A4
http://www.toyotamobilindo.com/

Otomotif said...

Makasih sarannya mas. Lain wakru bisa di coba. Mampir juga ya: http://bloggodor.blogspot.com

Unknown said...

Dapatkan promo rental elf jogja murah dengan kualitas pelayanan dan kondisi rental mobil jogja yang baik hanya di Persada Transport & 25transwisata - rental elf jogja.

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --