6 cara meningkatkan tenaga mesin diesel

cara meningkatkan tenaga mesin diesel

Banyak cara untuk meningkatkan tenaga mesin mobil diesel mulai dari cara yang paling sederhana hingga cara yang tergolong mahal. Mesin diesel sepertinya sudah menjadi primadona baru untuk dibedah lebih dalam karena masih banyak potensi yang bisa digali dari mesin tanpa busi ini. Tidak heran semakin banyak orang yang tergolong dalam "Diesel Freak" alias penggila mesin diesel yang terus meningkatkan kinerja mobil diesel milik nya.

Karena prinsip kerja utama mesin diesel ( Toyota Innova, Fortuner dan Hilux) adalah meledakan bahan bakar tanpa perlu ledakan api, maka fokus pengupgrade-an ditujukan pada suplai udara maupun bahan bakar, misalnya dengan memperlancar pasokan udara dengan memakai saringan udara tipe high flow atau mengutak-atik turbo agar tekanannya bertambah. 

Selain itu, banyak juga memodifikasi mesin diesel dengan mengupgradenya dengan bermain pada software mobil diesel. Kilikan elektronik ini cukup efektif mengatur pasokan bahan bakar pada waktu dan jumlah yang lebih pas sesuai dengan keinginan. Penambahan Water-Methanol Injection acapkali menjadi pilihan karena hal ini paling mudah dan instan di dalam menambah tenaga. Namun, kalau ingin perubahan total bisa menyentuh hampir semua sektor seperti mengganti rumah keong agar tekanan turbo menggila dan mengupgrade dengan menambahkan ECU after market.

6 pilihan cara untuk mengupgrade / meningkatkan tenaga mobil diesel :

1. Mengganjal Wastegate

cara mengupgrade tenaga mesin diesel
Hanya dengan menambahkan ring pada wastegate
Fungsi dari wastegate sendiri adalah agar boost pressure stabil dengan cara mengalihkan exhaust gases dari turbine dan semenjak exhaust gases dialihkan dari turbine menyebabkan putaran kompresor menurun. Wastegate dikontrol oleh wastegate actuator dan umumnyanya letaknya menempel di rumah kompresor. Apabila blowoff turbo posisinya sebelum tekanan udara masuk (in) ke thorthle body maka wastegate posisinya di bagaian pembuangan (out)
.
Cara paling sederhana meningkatkan performa dengan melakukan oprekan / perubahan pada wastegate. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganjal wastegate dengan ring agar posisinya lebih mundur daripada posisi standart bawaan mobil.

Posisi wastegate yang lebih mundur sekitar 2-3 mm menimbulkan efek gerbang lebih berat untuk membuka saat boost berlangsung. Otomatis sisa boost yang seharusnya sudah terbuang masih ikut tersedot ke ruang bakar. Akan terasa sekali akselarasi di gigi awal lebih padat karena turbocharger tetap konstan ngeboost pada putaran mesin yang lebih lama.

 2. Piggyback dan Stand Alone ECU

power plug innova
Piggy back yang plug n play

Sudah banyak piggyback yang beredar di pasaran, mulai dari yang plug dan play sampai yang programmable alias harus menggunakan settingan manual sehingga mencapai hasil maksimal atau hasil yang diinginkan.

Adapun keuntungan menggunakan piggyback yang plug and play (salah satunya, merk Power Plug) adalah instalansi yang mudah sehingga tidak merusak garansi mesin dari pabrikan mobil. Sedangkan keunggulan piggyback programmable bisa disesuaikan dengan settingan mesin, kita dapat mengatur injector pulse (daya semprot injector) dan fuel pressure (tekanan solar)

Piggyback yang dipasang masih bergandengan dengan ECU Standart mobil, sedangkan pada stand alone ECU khusus untuk mengatur mesin sedangkan ECU standar hanya dipakai untuk mengatur komponen lainnya seperti AC, Elektrik mobil. Dengan menggunakan ECU stand alone, beberapa variabel dapat dimaksimalkan seperti menaikan redline yang tidak bisa diatur oleh piggyback

3. Turbo Kit

cara menambah hp mesin diesel
Turbo Kit
Mentok dengan performa mesin standar ? Kita dapat mengakali dengan mengupgrade rumah keong (turbo). Paket turbo yang ditawarkan pun beragam dan sudah beberapa macam di pasaran, tetapi untuk mengupgrade turbo, dibutuhkan biaya yang tidak bisa dipandang sebelah mata, sekitar 20-25 Juta rupiah karena komponen yang diganti meliputi Turbo, Adaptor , pipa dan beberapa spare part lainnya.

Untuk Turbo kit sendiri memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap mobil karena konstrusi setiap mobil berbeda-beda dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus dipadukan dengan piggyback ataupun Stand Alone ECU.

4. High Flow Air Filter

open air filter Fortuner
Prinsip kerja mesin turbo diesel adalah memasok udara sebanyak-banyaknya ke ruang bakar. Tidak heran apabila sistem penyaring udara alias air filter harus bagus dan selalu dalam keadaan bersih. Gunakan air filter yang bisa memasok debit udara dalam jumlah besar atau sering disebut high flow air filter atau biasa disebut open air filter.

Di pasaran sudah tersedia beragam merk dan jenis sesuai kebutuhan, mulai dari yang berbentuk orisinal pabrik hingga model pot air filter (kerucut), merk ternama seperti K&N, JFC, Simota dan Hurricane sudah mensupport tipe open air filter untuk mesin diesel. Selain memasok udara dalam jumlah banyak, open air filter dapat dicuci bila sudah kotor.

5. Downpipe Free Flow

cara menaikan tenaga mesin diesel

Mesin turbo diesel zaman sekarang didesain untuk tetap ramah lingkungan, oleh karena itu pabrikan resmi menyematkan piranti Catalytic Converter persis pada saluran gas buang di turbocharger (downpipe). Padahal catalytic converter, khususnya yang sudah kotor sangat menghambat performa karena sisa gas buang yang keluar ikut terhambat.

Cara mudah mengantisipasinya, mengganti catalytic converter dengan downpipe model polos alias free flow. Sisa gas buang bisa plong hingga ke ujung knalpot tanpa terhambat sama sekali. Pemasangan downpipe free flow sendiri tergolong mudah dan tanpa melakukan perubahan sama sekali terhadap spesifikasi mobil.

6. Water-Methanol Injection

cara meningkatkan tenaga mesin diesel
Cara yang lebih advance mempertahankan peak power mesin turbo diesel adalah dengan cara menyemprotkan kabut methanol dan H20 (air) ke dalam ruang bakar. Prinsipnya adalah meredam suhu tinggi yang terjadi di seputaran intake manifold hingga ruang bakar agar performa maksimal tidak drop atau boyo.

Bermodal tabung berisi campuran methanol dan air, pompa bertekanan tinggi dan nozzel khusus yang dibenamkan ke belalai intake. Dan dari pengalaman menggunakan peralatan ini di drag race, suhu tinggi mesin akibat proses detonasi bisa diturunkan hingga 25%.


Jadi apakah anda siap untuk membuat lebih kencang lagi mobil diesel anda ? Semoga 6 cara meningkatkan tenaga dari mesin diesel dapat menjadi panduan untuk mengoprek lebih dalam mobil toyota diesel kesayangan anda. Meskipun banyak yang bilang bahwa mobil diesel memiliki banyak permasalahan tetapi seperti mobil diesel memang sedang menjadi trend di tahun 2013 ini.

Artikel Terkait:

13 comments:

Anonymous said...

Saya tertarik dengan artikel ini, saya pengguna fortuner diesel 2009 bagaimana caranya meningkatkan tenaga tanpa harus mengoprek mesin dan dengan biaya yg minim ? mohon saran dan masukannya

Unknown said...

Mungkin cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan piggy back seperti power plug yang pemasangannya tinggal plug and play. Merk ini saya anjurkan karena tidak merusak garansi mesin yang pemasangannya tidak permanen sehingga ketika service rutin di bengkel resmi, alat ini dapat dilepas dulu untuk sementara... alat ini juga dapat menaikkan hingga 40-50 HP

Anonymous said...

Beli dimana ya piggy back, saya punya ford everst 2009

Radian Diesel said...

pada mesin diesel terjadi kemerahan pada exhaust manifold, atau dengan kata lain membara, dari apakah penyebanya....mohon informasinya..

Unknown said...

Mesin diesel dalam keadaan standart atau sudah modifikasi nich ?
begitu juga dengan exhaust nya, apakah masih std atau sudah dirubah ?

merah membara biasa disebabkan karena panas yang berlebihan yang dihasilkan dari penggunaan koil mobil racing...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Kalo untuk mobil diesel jadul kayak kijang bisa nggak pake piggyback..ato ada solusi lain yg sederhana utk mendongkrak performa...

Unknown said...

kalau kijang lama belum bisa menggunakan piggy back karena memang belum competible untuk mobil tersebut

Unknown said...

Klo mau masang knalpot racing di fortuner diesel hrs bgmn prosesnya ya...apa sm kaya mobil bensin,trus pengaruh ndak ya sm performa mesin bang....mhon infonya...makasih.

Brey said...

artikelnya bagus mas, salam dari bengkel service diesel purwokerto, silahkan mampir

Unknown said...

info bagus... makasih min...!!!

Unknown said...

saya punya dcab hilux 3.0 setelah pasang piggyback dan jg ganti nozzle pake 2EDU stage 2 DensO kok tarikan bwh malh ngempos ga bs spontan..Mohon penjelasan ..Tx

Unknown said...

Cara naikin tenaga putaran atasnya gimana? gak apa-apa kalo putaran bawah ngempos.

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --