Tips perawatan AC mobil

AC mobil tidak dingin

Suhu kabin mobil yang panas seringkali membuat kita sebagai pengguna mobil mengeluh bahwa perangkat AC mobil rusak atau mengira-ngira bahwa ada spare part / komponen AC yang sudah tidak bekerja dengan maksimal. Benarkah keluhan tersebut karena kinerja sistem AC atau justru karena kita sendiri yang kurang memahami pemakaiannya ? Berikut ini adalah tips otomotif untuk perawatan ac.

Tips Perawatan AC Mobil

Panasnya sinar matahari belakangan ini tidak dapat dipungkiri bahkan mobil Toyota kita tak jarang langsung diparkir di bawah terik matahari secara langsung. Selain dapat merusak cat mobil, hal ini juga dapat membuat kabin mobil memiliki suhu yang sangat tinggi. Dan, kita sebagai pengendara mobil tidak jarang menginginkan ketika masuk ke dalam mobil maka langsung merasakan udara dingin AC, padahal tentu saja tidak bisa seperti itu, bukan ?

Ada baiknya udara panas di dalam kabin dibuang terlebih dahulu dengan cara membuka kaca jendela dan pintu dan bersamaan dengan itu hidupkan AC mobil. Dengan membuang udara panas maka kinerja dari blower AC tidak akan terlalu berat dan untuk membuang udara panas hanya diperlukan 3-4 menit saja ketika mobil berhenti. Kalau membuang udara panas ketika mobil melaju, sangat dikhawatirkan ada debu berterbangan yang masuk ke dalam kabin. 
perawatan ac mobil
Buang udara panas terlebih dahulu

Selain membuang udara panas, kaca jendela mobil sebaiknya dibuka ketika pagi hari (sesaat sebelum beraktivitas), hal ini supaya terjadi sirkulasi / pergantian udara kabin, sebab jika tidak terjadi pergantian bisa mengakibatkan penyakit seperti pilek dan batuk. Penyakit tersebut bisa datang karena cara kerja AC yang mengolah udara kabin. Menghisap udara kabin untuk didinginkan kemudian dihembuskan kembali ke dalam kabin mobil. Melihat sirkulasi tersebut, sebaiknya kabin selalu dalam keadaan bersih baik itu karpet maupun permukaan jok. Hal ini terlihat sepele tapi cukup penting ketika di dalam mobil Toyota kita seringkali ditumpangi anak kecil yang notabene lebih mudah terserang penyakit.

Filter AC toyota Avanza
Cara mengganti Filter AC
Filter AC mobil atau biasa disebut dengan filter kabin harus kita perhatikan juga. Adapun fungsi Filter AC adalah menyaring udara dari kotoran yang telah diolah oleh AC mobil sehingga udara yang disemburkan kembali menjadi lebih bersih. Mobil yang sudah menggunakan Filter AC, jangan lupa untuk melakukan penggantiannya ketika sudah kotor. Pada beberapa mobil Toyota, penggantian Filter AC dapat kita lakukan sendiri, dimana letak Filter AC mobil adalah di bawah laci box mobil. Filter AC pun tidak tergolong mahal untuk ukuran spare part toyota yang tergolong vital ini, sebagai perbandingan hanya Rp 70.000,- untuk Filter AC Toyota Vios. Tingkat kotornya sangat tergantung pada pemakaian dan jalur jalan yang dilalui serta kebersihan di dalam kabin.

Dan sebagai tips tambahan, ada baiknya suhu AC pada mobil ada baiknya diatur pada posisi maksimum karena dapat membuat magnet clutch AC mobil menjadi lebih awet dibandingkan ketika mengatur suhu pada posisi medium. Ada yang pernah mengatakan, apabila suhu AC diatur pada posisi medium atau 3/4 itu dapat membuat mobil menjadi lebih irit dan magnet Clutch AC lebih awet, tetapi sayangnya hal itu hanyalah mitos dan tidak teruji kebenarannya. Bahkan pada mobil karburator toyota, ketika ac diatur pada posisi medium sering menyebabkan mesin tidak stabil.
AC mobil
Baiknya temperatur AC mobil dalam posisi Maximum

Demikianlah Tips Perawatan AC mobil, jadi AC mobil tidak dingin belum tentu karena ada spare part yang rusak tetapi bisa saja karena kesalahan kita di dalam merawat atau menggunakannya. 

Semoga Membantu
Ridwan SB

Artikel Terkait:

10 comments:

Belajar Elektronika said...

Wah mantap Gan tipsnya, Tips Perawatan AC mobil ini cukup detail Gan. Makasih..

BPTPH Sultra said...

Good Tips, tq

Anonymous said...

Kalo kijang tahun 94 apa sudah ada filter AC-nya?
Tks

zs said...

Thanks infonya

Anonymous said...

mas filter ac starlet disebelah mana y?

klo maks saya setel ac jatuhny kok lebih kenceng lg puteran mesinny ap itu g boros bensin mas?

anitasitus said...

Mantap.... infonya amat bermanfaat
Saya jarang melakukan hal diatas
Makanya AC mobil saya seringkali mengeluarkan bau yang tak sedap

Terimakasih infonya.

please visit my website :)
http://anitanet.staff.ipb.ac.id and http://anita-handayani.blogspot.com

akhmad khawarizmi said...

Tanya Om,
Mobil Ane, Soluna Gli tahun 2002.. Ada masalah di ACnya.. jadi klo kondisi jalan pagi, sore, malam, atau cuaca mendung ACnya itu dingin banget..
Tapi klo jalan pas siang terik ACnya malah hampir ga berasa alias gerah..
Itu kenapa ya? Solusinya bagaimana?

Admin said...

bagus tipsnya..

cabin air filter / filter ac mobil

Unknown said...

Ya iya lah boss. Kaca depan samping belakang ente kasih film minimal 60% buat ngurangin radiasi matahari.

Unknown said...

Ya iya lah boss. Kaca depan samping belakang ente kasih film minimal 60% buat ngurangin radiasi matahari.

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --