Penyebab masuknya air ke dalam mobil

Seringkali kita merasa kebinggungan apakah penyebab air masuk ke dalam mobil kita. Jika sudah demikian, kabin akan menjadi basah dan jika tidak segera dikeringkan akan mengakibatkan bau yang tidak sedap. Akan tetapi apabila kita tidak mengetahui sumber masuknya air, maka hal ini akan terjadi berulang kali sehingga kita akan merasa capai untuk membersihkannya terus menerus. Memang kita merasa sudah melakukan perawatan mobil secara rutin dan berkala tetapi mengapa air dapat masuk ? Mari kita tahu lebih lanjut.

Beberapa penyebab masuknya air ke dalam mobil

penyebab air masuk mobil
Dek bawah mobil
Jika tiba-tiba karpet basah dan bau tidak sedap menyapa hidung kita, silahkan tengok kondisi dek bawah mobil. Jika sudah sampai berkarat, maka lekas lakukan pembenahan sebab dek menjadi salah satu pintu yang paling berpotensi memasukan air dari bawah mobil. Selain dek, perhatikan juga karet-karet yang ada di dek tersebut, pastikan karet tetap terpasang dan segera melakukan penggantian spare part jika sudah getas atau rusak. Karet tersebut memiliki fungsi sebagai penutup lubang pembuangan air.

sumber berkat toyotaTitik lainnya yaitu lubang udara yang berada di balik bumper atau cover bumper kendaraan. Lubang ini sebenarnya untuk jalur keluar angin saat pintu atau bagasi ditutup sehingga tekanan udara di dalam mobil dapat keluar dan pintu bagasi lebih mudah ditutup. Tetapi plastik penutup sudah hilang atau rusak maka akan menjadi jalur masuknya air ke dalam kabin mobil. Memang untuk mendeteksi plastik di balik bumper agak sedikit sulit karena posisinya yang berada di balik bumper dan tidak bisa dirasakan langsung oleh pemilik mobil. Beda halnya dengan penutup foglamp yang berada pada bagian depan mobil dan bisa dilihat secara kasat mata.

Air juga bisa menelusup ke kabin melalui komponen penutup di balik spakbor mobil. Tidak semua mobil toyota memiliki spare part satu ini, namun bagi yang memiliki ( seperti Toyota Innova, Toyota Fortuner) sebaiknya jangan lupa untuk memperhatikan kondisinya. Dan hal yang perlu diingat ketika memeriksanya adalah jangan melepas spare part tersebut karena melepasnya dapat merusakan keelasitasannya.
karet kaca toyota
karet channel / karet kaca
Titik lain yang bisa meloloskan air adalah karet kaca atau biasa dikenal dengan karet channel, baik dari kaca depan maupun dari belakang serta kaca samping. Sepintas memang tidak terlihat kerusakan pada spare part toyota tersebut. Namun bila kita perhatikan lebih seksama, maka akan ada celah yang membuat air masuk ketika hujan turun. Hal tersebut dikarenakan karet yang sudah getas atau sealant kaca yang tidak lagi bagus. Untuk memperbaikinya bagian karet kaca depan dan belakang mobil, harus dengan cara melepas kaca dan mengganti spare part nya yaitu karet kaca dan dam kaca nya.


karet pintu toyota great corolla
karet pintu
karet pelipit toyota soluna
pelipit mobil
Selain itu karet pintu dan karet pelipit juga memberikan potensi air menyelinap masuk ke dalam kabin mobil . Dalam hal ini, karet pintu adalah karet balon yang mengelilingi pintu mobil dan karet pelipit adalah karet yang melintang di kaca samping mobil (kebanyakan memiliki warna chrome). Kita jangan beranggapan hanya karet yang sudah rusak secara fisik saja yang bisa meloloskan air masuk, sebab pada beberapa kondisi ada karet pintu yang masih bagus sekalipun tetapi dapat menyebabkan air masuk ke dalam mobil. Kita tentu saja masih mengingat penyebab pemanggilan (recall) mobil Honda City pada tahun 2010. Hal ini disebabkan karena pemasangan karet pelipit yang tidak benar atau terdapat celah antara karet dan bodi sehingga menyebabkan air masuk dan membasahi power window mobil sehingga dapat mengakibatkan korslet pada mobil.

Demikianlah beberapa sumber atau penyebab masuknya air ke dalam mobil dan spare part toyota yang kita butuhkan untuk dilakukan penggantian sehingga mobil kita dapat bebas dari air yang membasahi bagian interior kendaraan kita. Ada kemungkinan tambahan yang ditambahkan oleh rekan-rekan sekalian bahwa air dapat masuk ke dalam mobil ketika kita mencuci bagian mesin mobil.

Artikel Terkait:

2 comments:

qkewod72 said...

info.a sangat membantu...
thx...

Unknown said...

Sore om mau tanya.. mobil saya corolla tahun 1999. Dalam kondisi mobil terparkir dan hujan deras disertai angin kondisi kabin depan penumpang pasti ada genangan air.
Mohon infonya om penyebab masuknya air tersebut.
Terimakasih

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --