Tips ketika meninggalkan mobil dalam waktu yang lama

blog toyota

Pasti banyak di antara rekan-rekan sekalian yang harus meninggalkan mobil kesayangannya di dalam garasi untuk waktu yang cukup lama baik itu untuk pergi berlibur maupun untuk melaksanakan dinas pekerjaan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan rekan-rekan sekalian agar mobil Toyota kesayangan kita tidak terlantar dan mengalami kerusakan ketika ditinggal pergi.

Hal yang sebaiknya dilakukan ketika meninggalkan mobil dalam waktu yang cukup lama

1. Cuci Mobil

tips merawat mobil toyota

Sebelum meninggalkan mobil Toyota kesayangan kita, ada baiknya kita mencuci bersih terlebih dahulu mobil kesayangan kita. Debu dan kotoran yang menempel pada mobil apabila didiamkan dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan baret-baret pada bagian body. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci bagian kolong mobil yang rawan akan karat. Setelah mobil dicuci bersih, sebaiknya mobil ditutup dengan menggunakan cover  mobil baik itu dari bahan terpal maupun dari kain agar debu tidak lagi menempel pada body mobil.

2. Jangan Tarik Rem Tangan Mobil

rem tangan toyota

Pastikan posisi rem tangan mobil kita dalam keadaan bebas ( tidak ditarik ) sebab bila mobil ditinggalkan dalam keadaan rem tangan terkunci atau masuk dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan kelengketan antara minyak rem dengan disk brake atau piringan rem. Hal ini akan menimbulkan efek yang lebih parah untuk mobil Toyota yang masih menggunakan tromol untuk bagian rem belakang.

3.Ganjal Wiper Mobil 

tips meninggalkan mobil toyota


Ganjal wiper mobil kita dengan busa atau kayu atau alat pengganjal wiper yang sudah banyak dijual di pasaran. Apabila wiper dibiarkan menempel pada kaca mobil dalam waktu yang cukup lama maka karet wiper akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya wiper mobil akan terasa kasar dan menimbulkan baret pada kaca mobil ketika hendak digunakan.

4. Dongkraklah mobil

merawat kaki-kaki mobil agar awet

Untuk yang meninggalkan mobil dalam waktu yang cukup lama, sekitar satu bulan dan tidak ada orang lain yang merawat mobil kita maka sebaiknya mobil didongkrak dan ditahan dengan jack stand agar keempat rodanya tidak menyentuh lantai. Hal ini agar suspensi dan bagian kaki-kaki mobil anda tetap terjaga dalam kondisi yang baik serta tidak terbebani oleh bobot kendaraan sehingga pada saat nanti digunakan, mobil dalam keadaan nyaman. Jangan anggap sepele hal ini karena banyak sekali mobil Toyota yang bagian kaki-kakinya mengalami kerusakan setelah ditinggal dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Lepaskan Aki / Accu mobil

aki toyota awet

Jika kita merencakan untuk berpergian di atas waktu dua minggu dan tidak ada orang yang dapat memanaskan mobil kita, sudah seharusnya aki mobil kita dilepaskan karena bila kendaraan kita tidak dipanaskan dalam jangka waktu 2 minggu atau lebih, hal tersebut dapat membuat aki kendaraan cepat rusak dan tekor.

6. Berikan Pengharum mobil

Meninggalkan mobil dalam jangka waktu yang cukup lama tentu akan menimbulkan bau apek yang kemungkinan besar akan timbul. Berikan pengharum mobil dengan aroma yang anda sukai untuk mencegah bau apek timbul di dalam mobil kita. Selain itu, jangan tinggalkan mobil dalam keadaan terbuka karena akan menyebabkan debu yang cukup banyak yang masuk ke dalam bagian interior mobil kita. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk perawatan ac mobil sehingga tidak menghasilkan bau yang tidak sedap terus menerus.

7. Perhatikan posisi parkir

Hal ini memang sepele tetapi seringkali luput dari perhatian kita. Jangan parkir mobil Toyota kita dalam keadaan miring karena di saat meninggalkan kendaraan kita, kita tidak menarik rem tangan mobil kita. Tidak lucu ketika kita pulang dari berpergian ternyata mendapati posisi mobil kita yang sudah berubah alias menabrak tembok rumah. Tetapi bila memang tidak ada parkiran datar, kita dapat mengganjal keempat ban mobil kita dengan balok ataupun batu.
 
Sekarang kita tidak usah lagi mengkhawatirkan mobil kita ketika kita berlibur atau berpergian dalam jangka waktu yang lama. Tips otomotif kali ini memang simple tetapi sangat jarang dilakukan karena kita jarang menyediakan waktu kita sebelum berpergian. Bagaimana apabila ketika berpergian ternyata disantroni maling ? Nasib oh Nasib...

Semoga membantu

Artikel Terkait:

8 comments:

dew said...

Mas bila kita mengdongkrak mobil dalam jangka waktu yang lama apa ga ada efek sampingnya ya, apakah berpengaruh pada sasis mobil mas?mks

Anonymous said...

salam sukses..

siip..artikel yang sangat bermanfaat..
ijin share om,

makasih ya

Unknown said...

malah lebih bagus kalau mobil ditinggalkan dalam jangka waktu lama itu didongkrak... sasis mobil tidak akan rusak sama sekali karena dia besi padat, tetapi komponen2 mobil seperti tierod, long tierod dimana komposisi utamanya adalah besi kosong dan karet malah akan mengalami kerusakan apabila mobil tidak digantung...

prinsip ini juga dipakai untuk sepeda balap bukan ?

Unknown said...

sama-sama om...
semoga sukses juga dengan rental mobil nya di daerah cirebon

Gunawan said...

Utk meninggalkan mobil dalam jangka waktu tahunan apa yg hrs dilakukan?
Bagaimana dgn oli pd mesin?
Misal mobil hrs di jack stand jika posisi parkir tdk bs datar,bagaimana? Tks.

Unknown said...

langkah2 diatas bisa untuk meninggalkan mobil tahunan....
kalau sampai setahun meninggalkan mobil, ada baiknya ketika mau dihidupkan langsung diganti oli dan menggunakan oli flush untuk membersihkan keraknya2...

parkiran di rumah agak menanjak ? fungsi mobil di jack stand ketika meninggalkan mobil agar mobil tidak menaruh beban sepenuhnya pada bagian kaki2 mobil.

anitasitus said...

Mas Ridwan, apakah yang harus saya lakukan jika meninggalkan mobil 5 hari saja?
(saya pakai mobil hanya dihari libur, yaitu sabtu dan minggu)
Apakah harus melakukan tahapan seperti yang Mas sampaikan diatas?

please visit my website :)
http://anitanet.staff.ipb.ac.id and http://anita-handayani.blogspot.com

Unknown said...

- Motor Việt Nam lần đầu tiên lắp ráp xe tải huyndai tera 230 tại Việt Nam, xe với thiết kế sang trọng, động cơ mạnh mẽ
- Ưu đãi giá toyota vios 2017 tốt nhất thị trường, Ưu đãi lớn cho khách hàng mua xe mới. Hỗ trợ mua xe Toyota vios 2017 trả góp lên đến 80%, lãi xuất thấp.
- Khuyến mãi giá toyota altis 2017 đang giảm mạnh để đáp ứng vừa với túi tiền của khách hàng, hỗ trợ tư vấn chu đáo khi mua xe mới.

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --