Tips untuk Service sendiri Karburator Mobil

Bagi pemilik mobil Toyota yang masih menggunakan karburator seperti Toyota Kijang 5K dan 7K ataupun Corolla Twincam dan beberapa mobil Toyota lainnya memang seringkali dipusingkan dengan masalah karburator mobil yang sering menyebabkan tarikan mobil terasa berat ataupun tarikan terasa loyo alias tidak bertenaga. Setelah kita membahas carbon clean pada mobil injeksi, sekarang kita akan membagikan satu tips otomotif tentang bagaimana cara membersihkan atau men service karburator mobil Toyotanya.

Cara melakukan Service Karbulator mobil

Peralahan yang dibutuhkan :

1. Kunci 10 mm
2. Kunci 12 mm
3. Kunci 14 mm
4. Obeng Minus
5. Carbulator Cleaner 

Cara melakukan Service Karbulator Sendiri :

1. Lepaskan terlebih dahulu tutup dan rumah saringan udara yang menutupi karbulator. Biasanya cukup dengan menggunakan kunci 10 dan 12 mm.

cara menyetel karbulator mobil
Baut pengatur angin
2. Setelah rumah saringan udara terbuka semua, bersihkan bensin yang ada di ruang pelampung karbulator dengan cara membuka baut setelan angin yang ada di bawah karbulator sebelah kanan dengan menggunakan obeng minus sehingga bensin mengalir keluar. Baut tersebut dapat dibuka hingga copot tetapi harap diperhatikan keberadaan baut tersebut agar tidak hilang.

cara service karburator kijang
Baut drain untuk menyemprot spuyer
3. Setelah itu kita dapat melanjutkan membuka baut drain 14 mm ( berfungsi sebagai penutup spuyer ) yang berada di bagian depan bodi karbulator. Bensin endapan dalam karbulator akan mengalir keluar dari bodi karbulator. Dari lubang drain ini, akan terlihat spuyer-spuyer karbulator mobil kita, semprotkan carbulator cleaner ke dalam spuyer tersebut dan kepada baut drain ini.

service karburator mobil corolla twincam
Tutup karbulator dengan  tangan sambil menarik gas mobil
 4. Selesai menyemprot carbulator cleaner, pasang kembali baut yang telah kita buka tadi dan segera nyalakan mesin mobil kita. Setel putaran angin mobil pada baut penyetel angin karbulator agar mesin langsam / stabil. Pada umumnya setelan akan langsam ketika disetel 1,5 putaran. Tutup bagian atas karbulator menggunakan tangan sambil menarik gas mobil, tujuannya adalah agar sisa bensin kotor yang masih terdapat pada karbulator dapat keluar.

cara service karburator sendiri untuk mobil
Semprotkan carbulator cleaner ke dalam karbulator
 5. Semprotkan kembali carbulator cleaner ke dalam karbulator, seketika itu pula mobil akan terasa seperti mau mati akibat RPM mobil yang drop. Jaga agar RPM mobil tetap stabil atau di kisaran 2500 RPM dengan cara membuka skep gas / menarik tali gas sehingga kotoran akan terbuang dari bagian knalpot mobil.

6. Selesai menyemprotkan carbulator cleaner, kita dapat menyetel kembali angin, kita dapat menutup baut setelah angin terlebih dahulu hingga mesin hendak mati, lalu putar untuk membuka angin kira-kira sampai  1,5 putaran. Atur putaran mesin sesuai dengan kondisi yang kita inginkan ( tentunya bukan ketika kondisi gas drop ), gunakan feeling dan perasaan untuk memutar baut. Hentikan putaran baut saat putaran mesin stabil, dan biasanya dari putaran tersebut ditambahkan sekitar seperempat putaran agar mobil mudah hidup saat kondisi dingin. Biasanya proses stel angin ini akan menjadi mudah setelah kita berulang kali mencoba mencari setelan angin yang pas.

Semoga artikel ini dapat membantu para pemilik mobil Toyota dengan sistem karbulator untuk menservice sendiri karburator mobil Toyota miliknya dan mereset ulang setelan gas yang diinginkan.

Artikel Terkait:

7 comments:

adi said...

Thanks om buat tipsnya, dah lama pengen service karburator sendiri tapi cuma bisa sampe buka box udara aja..
Dah lama juga nich gak maen ke tempat om Ridwan...hihihi

Unknown said...

maaf ini mas Adi yang mana yah ? lupa uiii >..<
yah modal nekat dulu yang penting mas, lama-lama juga jadi terbiasa koq

m.anhar.blogspot.com said...

makasih mas tipsnya...

Unknown said...

Mantap tipsnya bos,terima kasih

Unknown said...

Mantap tipsnya bos,terima kasih

web design malang said...

Wuling Surabaya
Harga Wuling Surabaya
Promo Wuling Surabaya

Mulyadi said...

Ilmu nya sangat bermanfaat. Thanks. O ya barangkali butuh service pompa air di dekat rumah anda silakan kunjungi https://tukangpompaair-surabaya.blogspot.com/

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --