Cara mencuci mesin mobil

cara mencuci mesin mobil

Seringkali kita merasa jengah ketika membuka kap mesin mobil kita dikarenakan bagian mesin mobil yang kotor. Mengapa kita tidak berani untuk mencoba untuk mencuci mesin mobil sendiri? Memang mencuci mesin mobil tergolong pekerjaan beresiko karena ada potensi merusak kelistrikan mobil namun bukan berarti mencucinya tidak diperbolehkan sama sekali karena ini merupakan salah satu proses perawatan mobil Toyota kita. Oleh karena itu proses pencucian mesin mobil harus dilakukan dengan teliti dan penuh perhatian.

Cara mencuci mesin mobil

Persiapan Mencuci Mesin Mobil

Sebelum kita membasahi ruang dalam kap mesin perlu diperhatikan bahwa mencuci mesin lebih baik dilakukan ketika kondisi mesin dalam keadaan hangat (bukan panas), apabila mesin masih dalam keadaan dingin lakukan pemanasan dalam waktu beberapa menit.

cara mencuci mesin mobil toyota
Bungkus dengan plastik bagian-bagian elektrikal
Setelah mesin dalam keadaan hangat, tutup bagian-bagian pengapian pada mesin seperti Distributor / Delco, Altenator, Dinamo Stater, Kabel-kabel busi serta sistem elektronik mesin. Bagian-bagian pengapian tersebut dapat ditutup dengan menggunakan lembaran kantong plastik, ikat dengan karet gelang atau isolasi untuk menghindari air yang dapat masuk. Atau dapat juga menutup bagian-bagian tersebut dengan alumunium foil, menggunakan alumunium foil memang lebih mudah dilakukan karena dapat direkatkan mengikuti lekukan komponen. Setelah itu jangan lupa untuk mengecek tutup oli mesin dan tongkat pengecek oli (dipstick), apakah sudah terpasang dengan baik? Hal ini penting agar air tidak masuk dan bercampur dengan oli mesin mobil kita.

Proses Pencucian Mesin Mobil

Setelah semua bagian pengapian dipastikan dalam keadaan aman maka mesin mobil sudah siap untuk dibersihkan. Bagian yang paling mudah untuk dibersihkan terlebih dahulu adalah bagian bawah kap mesin dengan disemprot menggunakan air dan setelah itu bagian dinding mesin. Untuk mencuci bagian bawah kap mesin gunakan saja sabun colek / krim karena sabun colek dapat melarutkan kotoran yang bercampur lemak dan juga oli. Gosok menggunakan sikat yang berbulu agak kasar, jika telah selesai segera bilas dengan air bersih, jangan sampai air sabun kering dengan sendirinya karena akan berbekas. Keringkan dengan menggunakan kain sehingga tidak ada lagi air yang menetes ke mesin.

cara menyuci mesin mobil

Pencucian selanjutnya adalah mencuci ruang mesin, kita dapat menyemprot air terlebih dahulu dan yang perlu diperhatikan air yang disemprotkan sebaiknya tidak menggunakan tekanan tinggi (biasa digunakan untuk cuci steam), kita cukup menyemprot dengan menggunakan slang air biasa ataupun menggunakan botol spray yang sudah tidak terpakai. Dimulai dari blok mesin bagian belakang kemudian dilanjutkan ke bagian depan mesin mobil. Untuk membantu proses penyabunan bisa menggunakan spons, sedangkan untuk mengangkat kotoran dapat menggunakan kuas ataupun sikat gigi untuk menjangkau bagian yang sulit dan penuh kotoran. Setelah itu, keringkan seluruh bagian mesin dengan kain perca atau handuk.

cuci mesin
Penggunaan botol spray untuk menyemprotkan air
Seluruh proses harus dilakukan dengan cermat. Apabila anda ragu sebaiknya proses ini diserahkan kepada salon mobil. Namun tanyakan dulu langkah-langkah mereka dalam mencuci mesin mobil, apabila proses yang mereka jelaskan terkesan sembrono dan kurang professional atau tidak masuk akal maka dapat mencari salon lain. Tanyakan juga garansi hasil pengerjaan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.



Setelah kita melihat bagian mesin mobil yang sudah bersih tentu kita merasa bahagia dan puas melihatnya, jangan lupa setelah penampilan bersih, lakukan pengecekan rem mobil agar keadaan berkendaraa kita menjadi lebih aman dan nyaman.

Artikel Terkait:

7 comments:

butiq batik said...

mau tanya mas kenapa mesin harus dihangatkan dulu sebelum mau dicuci..mohon penjelasanya mas...mksh

Unknown said...

Kenapa mesti dalam keadaan hangat ?

1. Ada beberapa bagian dekat mesin yang tidak terjangkau oleh tangan tetapi kena masuk air, sehingga mesin yang hangat dapat membantunya lebih cepat kering.

2. Agar proses stater kembali dapat lebih mudah dibandingkan mesin dalam keadaan dingin.

3. Menyalakan mesin juga sebenarnya proses pengecekan ulang sebelum terkena air, apakah ada bagian yang sulit menyala atau ada kerusakan.

Unknown said...

Ferry
Mohon pencerahnya senior,ane punya mobil great corola 1,6, 95 kemaren ane cuci mesin nya,tapi ga di tutup pengapianya cuma accu nya doang yg di tutup,ane ciuci dalm keadaan anget mesinya,tp setelah selasai ane nyalain lg,tp setelah mesin nyala. Beberapa menit mesin brebet,bahkan jika pedal gasnya ga di injak mesin mati,udah coba buka busi dan di cuci peke bensin,tp masih brebet juga,mhn pencerahanya gan bisa ke email ku,ffebista@gmail.com thanks slam sukses

Unknown said...

kalau brebet begini berarti ada yang salah dengan pengapian, tidak ada salahnya untuk di tune up terlebih dahulu dan melakukan penggantian filter bensin serta ada pengaturan ulang di setelan timing delco.. busi diganti aja om, karena kalau sudah kena air, hasilnya akan kurang maksimal..

semoga membantu

Teacher's Message said...

mau tanya tlg dijawab, saya baru plg jalan jauh, kira kira 1.800km, sapai dirumah saya cuci mesin mobil saya siram air karna kotor, pas ngebersihin tutup busi kebuka dan tersiram air. air sudah sy bersihkan, setelah itu mobil saya hidupi, brebet, sampai skrg belum saya cek lagi, kira kira apanya lagi ya yg kena air...

Teacher's Message said...

kalau kasusnya mas Febrian Febista jika pedal gasnya ga di injak mesin mati,tapi punyaku ngk hanya agak nyendat nyendat.....

Unknown said...

Klo mobil ngeluarin asap dibagian bawa mesin penghangat abis dicuci itu apa yh, apakah asap dri sisa air tdi? Tq

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --