Tips Memilih Shock Breaker Mobil

memilih shock breaker mobil original toyota

Shock Breaker mobil seringkali menjadi perhatian utama para pemilik mobil khususnya mobil sedan Toyota, seringkali para pemilik mobil sedan mengeluh kurang puas dengan performa suspensi terutama untuk bagian belakang. "Mobil sedan Toyota saya ketika memuat penumpang, langsung terlihat amblas dan sering gasruk ketika melewati lubang ataupun polisi tidur."

Shock Breaker Mobil Toyota

Bagi produsen mobil seperti Toyota, faktor safety dan kenyamanan selalu menjadi skala proritas di dalam merancang suspensi kendaraan. Meski sisi kestabilan juga mendapat porsi yang tidak bisa di bilang sedikit, terutama untuk kendaraan jenis MPV atau sedan. Kebutuhan setiap pengemudi selalu berbeda, bagi pengemudi dinamis tentu tuntutan pengendalian optimal diperlukan maka tidak heran bila sisi kestabilan menjadi proritas utamanya meski sektor kenyamanan tetap diperhitungkan sebagai alat transportasi harian.

Kasus terhadap paket suspensi bawaan pabrik pun menjadi alasan lain bagi konsumen untuk melakukan perubahan ini. Seperti suspensi Avanza Xenia generasi pertama yang terkenal keras terutama saat dimuat dengan sedikit penumpang tetapi cukup nyaman ketika membawa banyak penumpang maupun barang.

Ciri-Ciri Shock Breaker Mobil Rusak

Sebelum memutuskan untuk mengganti shock breaker mobil tentu pertimbangan pertama kita adalah usia pakai shock breaker itu sendiri. Pada umumnya, kinerja shock dirasa mulai melemah atau usia ketika mencapai 2-4 tahun / lebih dari 60.000 km (tergantung pemakaian) 

ciri shock breaker mobil rusak
Adanya rembesan oli di shock breaker
Ciri yang dapat langsung dirasakan, ketika ayunan mobil terasa berlebih saat melewati lubang jalan atau gundukan. Hal ini menandakan kinerja shock breaker telah mulai melemah. Ciri lainnya adalah rembesnya cairan oli pada seal di shock mobil, sehingga tekanan pun menurun drastis dan ciri yang paling parah bila shock breaker telah mengeluarkan bunyi bletak atau tumbukan antar komponen di dalam shock mobil itu sendiri. Dapat dipastikan ketika shock diturunkan dari kendaraan maka shock akan mati alias tidak dapat melakukan pegas kembali.

Pasalnya shock breaker memiliki fungsi untuk meredam gerakaan berlebih dari per di kendaraan. Bila mobil mengayun berlebih saat menabrak lubang, tentu sangat mempengaruhi pengedalian dan kestabilan mobil. Belum lagi, keausan ban pun menjadi tidak merata lantaran permukan ban tidak menerima beban secara merata.

Perbedaan Shock Breaker Original dengan Shock Breaker After Market

Selain memperhatikan unsur safety dan kenyamanan, factor biaya produksi pun menjadi salah satu acuan untuk memperoleh harga jual kendaraan yang kompetitif. Tidak pelak ini bersinggungan dengan penerapan teknologi didalamnya.

Pada mobil Toyota terdapat 2 produsen yang dipercaya sebagai pemasok utama Shock Breaker yaitu Tokico dan Kayaba.  Dan pada umumnya jenis shock dapat dibagi menjadi dua yaitu tipe oli (semua Original Toyota menggunakan tipe ini) dan gas. 

Kedua jenis ini memiliki karakter yang berbeda. Dimana jenis oli memiliki kecenderungan berkarakter nyaman ketimbang jenis gas. Tipe gas pun tidak serta merta berisikan gas 100%. Peran oli sebagai pelumas pun tetap dibutuhkan.

Pertanyaan yang sering diajukan kepada saya adalah, " Shock mana yang lebih baik untuk mobil Toyota saya?" Jawaban yang biasa saya berikan adalah tergantung, maksudnya adalah seberapa sering anda menggunakan mobil itu hanya seorang diri maupun dengan pasangannya atau lebih sering menggunakan mobil itu beramai-ramai bersama keluarga besar.

Apabila lebih sering menggunakan seorang diri ataupun berdua dengan pasangan, saya lebih menganjurkan penggunaan shock breaker original Toyota karena shock breaker tipe oli terasa sangat smooth dan nyaman ketika berkendara seorang diri maupun berdua tetapi ketika memuat muatan banyak maka seringkali mobil gasruk atau mentok ketika melewati polisi tidur apabila menggunakan shock original. Oleh karena itu penggunaan shock breaker Kayaba Excel G maupun Kayaba Ultra sangat maksimal untuk mobil yang seringkali memuat muatan penuh.

Selain itu, beberapa produk aftermarket kerap menawarkan shock tipe double action. Padahal, tipe ini cukup mempengaruhi kinerja shock breaker ke sisi negatif. Dimana peran shock lebih kepada menjaga kecepatan saat kembali ke posisi semula atau rebound. "Double atau single action hanya merupakan perbandingan persentase antara saat compress dan rebound. Bila single action memiliki perbandingan 40 compress dan 60 rebound, maka double action sebaliknya. Dimana semakin tinggi angka persentase, maka sokbreker memiliki tahanan yang semakin kuat. Jadi saat rebound, selain per yang memiliki karakter memantulkan, shock pun kian menambah kecepatan ketika pergerakan ke atas atau kembali ke posisi semula

Jenis Shock Breaker Kayaba 

Sumber Berkat Toyota sebagai salah satu distributor Kayaba, maka perlu diperjelas lagi mengenai produk-produk Kayaba yang beredar di pasaran 

1. Shock Breaker Original Toyota 

shock breaker original toyota
Meskipun Kayaba tetapi Original Toyota
Banyak dari mobil Toyota yang menggunakan Kayaba sebagai shock breaker bawaan mobil atau dapat disebut dengan original. Meskipun buatan Kayaba tetapi shock breaker original tidak dijual di pasaran dengan dus kayaba sendiri, melainkan dijual dengan kemasan dalam dus original Toyota. Tipe Shock Breaker untuk original Toyota adalah tipe oli yang mengutamakan kenyaman bagi pengendara.

Tentunya spare part toyota original ini memiliki kelebihan yang tidak dapat disamakan dengan produk-produk Kayaba lainnya. Sebagai produsen yang telah menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan besar seperti Toyota tentu barang pesanan original dibuat berbeda dengan barang yang dijual untuk di pasaran, sangat tidak mungkin barang original dikeluarkan sama dengan barang after market, apabila hal itu terjadi maka Pihak Kayaba tentu akan mendapatkan penalti dari kontrak kerja samanya.

2. Kayaba Excel G

shock breaker kayaba excel g
Ciri utama Kayaba Excel G adalah dus merah
Kayaba Excel G merupakan produk Kayaba yang langsung dibuat di Japan dengan tipe gas ( G itu merupakan kepanjangan Gas ). Pilihan yang sangat tepat apabila anda menginginkan alternatif untuk mengganti shock breaker mobil anda dengan harga yang lebih terjangkau untuk dompet kita tentunya. Tapi penggunaan shock ini dikembalikan kembali kepada anda sebagai pemilik, apa kebutuhan utama dari pemakaian mobil Toyota anda ?

3. Kayaba Ultra

harga shock breaker kayaba
Warna Kuning merupakan ciri utama Kayaba Ultra
Kayaba Ultra merupakan produk kerja sama antara pihak Kayaba dengan pihak Toyota Indonesia sehingga produk kayaba ini disuguhi dengan label Astra Otoparts. Kayaba ultra sendiri sudah diproduksi di Indonesia dengan ciri utama warna kuning untuk shock breaker nya. Sangat cocok untuk mobil Toyota Avanza dan Innova yang notabene sering memuat muatan banyak. Dan memang kabarnya, Shock Kayaba Ultra memang difokuskan untuk kedua mobil ini karena banyak keluhan untuk Shock Breaker bagian belakang untuk Avanza dan Innova sehingga pihak Astra memerlukan opsi untuk perbaikan di bagian shock belakang.

4. Kayaba Premium 

harga shock breaker original toyota
Kayaba Premium serupa tapi tidak sama dengan Original
Kayaba Premium juga merupakan bentuk kerja sama antara Toyota Indonesia dengan pihak kayaba, dimana produksi untuk shock breaker mobil ini sudah dilakukan di Indonesia, dengan tipe shock ini adalah tipe oli. Meskipun sudah menggunakan oli sebagai komposisi utama Shock Breaker tetapi tentu saja ada perbedaan antara shock yang khusus untuk original Toyota dengan kayaba premium. Tipe ini dikeluarkan untuk opsi pemilik kendaraan Kijang dan beberapa mobil Toyota yang masih menggunakan catridge untuk mobil Toyotanya. 

Jadi apakah pilihan anda untuk menentukan Shock Breaker Mobil Toyota ? apakah mau menggunakan Original Toyota yang memang nyaman untuk berkendara seorang diri maupun berdua atau lebih memilih Shock Breaker Kayaba karena mobil memang lebih memuat banyak penumpang ? Selain penentuan shock breaker mobil, ada komponen penting bagi pemilik mobil toyota yaitu Timing belt Toyota

Artikel Terkait:

38 comments:

Unknown said...

apakah ada shock kayaba heavy duty utk corona twincam 2.000 cc ST171?

karena sekarang kalau muatan penuh ada bunyi dari roda belakang seperti gasruk dan sering nyangkut polisi tidur yg agak tinggi

dan apakah diperlukan penggantian juga utk per-nya?

mobil selalu dipakai utk memuat 4 orang anggota keluarga
dan suspensi belum pernah diganti sejak beli dari baru

trims

Unknown said...

kebetulan kalau heavy duty gak masukin barang karena memang jarang peminatnya...
hampir smua mobil sedan toyota mengalami permasalahan di bagian belakang, yang harus dilakukan adalah penggantian per yang lebih keras dengan shock dapat menggunakan kayaba exel g dimana rebound lebih cepat...

TAPI, kelemahan yang harus diingat ketika menggunakan shock gas maupun heavy duty sekali pun adalah mobil terasa kurang nyaman ketika dibawa seorang diri maupun berdua, solusi nya mungkin menaruh 2 karung beras di bagian bagasi...hihihi

Anonymous said...

Jika saya mau beli shock kayaba ultra untuk innova apa ada no. Seri khusus untuk shock kayaba ulta yang digunakan pada shock belakang innova? Trms.

Unknown said...

Untuk setiap mobil Toyota memang memiliki shock belakang yang berbeda-beda jenis, dan untuk kayaba ultra belakang Innova kena Rp 500.000/set (sudah kanan kiri)

Ampuh Adi Wiratmo said...

untuk mobil yg ban nya sudah modifikasi,... dari ring 14 menjadi ring 16,... saran untuk shocknya bagaimana?

extra minute said...

untk toyota soluna tipe shock kayaba depan dan belakang yg mana and harganya /set berapa gan...thanks

Unknown said...

Selamat siang pak. mobil saya avanza 2011 kenapa stlh 2 tahun kondisi ban depan selah dalam ( 2-2nya ) tidak rata permukaanya ya, kondisi shock breaker basah, kalo ganti kayaba, jenis apa yang cocok dan harganya berapa? terima kasih.

Unknown said...

Tipe kayaba apa yg cocok buat mobil starlet kotak? Mohon petunjuk nya.. Mksh

Unknown said...

Om tipe kayaba apa yang cocok untuk mobil fj40 tahun 1977, mohon pencerahannya..Makasih

Unknown said...

Saya punya toyota starlet kapsul, kalau ingin mengganti shock yang empuk dan enak dikendarai type apa yang harus sy cari dan tentu original toyota. Trims sebelumnya

smpn 16 said...

Mas mobil saya vios gen 1, kira2 Kayaba Exsel G bagus gak buat yg depan, soalnya shockbreker depan mobil saya udah matiiiii... ga enak banget kalo lewat jalan jelek. Dan berapa kira2 harga Kayaba Exsel G?

Unknown said...

untuk lebigh jelasnya silahkan bertanya di outlet astra resmi yaitu di shop & drive untuk masalah shock absorber dan aki gs astra ....02134626640 untuk wilayah tangerang kota dan sekitarnya

Unknown said...

Gan mau tanya klw shock kayaba ultra berapa ya?

imamriauan said...

Gan ane pake vios type G, kalau pulanf kampung sering kandas dan kadanf bempernya pecah/ penyok...ane rencana mau tambahin per atau shock breaker atau apanya kek, yg penting bebas kandas. Meskipun ane sadar ini adalah citu car, mohon masukannya yg bg ridwan

Soeryo said...

Jadi diantara 3 itu yg paling keras dan ga amblas saat berpenumpang banyak yg tipe mana ya? Mobil saya sedan gasruk mulu nih gan

Unknown said...

Mobil saya innova keluaran tahun 2008. Shockbreaker belakang pakai jenis apa yang cocok. Karena saya sering bawa barang yang lumayan berat.

Unknown said...

Kayaba ultra apa cocok untuk rush-terios keluaran 2011? Nomor part/size berapa?

Unknown said...

Kayaba ultra apa cocok untuk rush-terios keluaran 2011? Nomor part/size berapa?

Unknown said...

UNTUK BPK DANI..
untuk kayaba ultra terios belakang sangat cocok untuk mobil bapak.
kalau mau lebih bagus lagi yaituh dengan menggunakan kayaba yg EXCEL-G
untuk kode parts kayaba ultra.nya kysu-sp8439z

Unknown said...

Saya pengguna xenia 2012,mau gnti shockbreaker depan.kayaba type apa yg cocok.mohon infonya

Unknown said...

Untuk toyota altis 2002 shockbreaker yg paling pas apa ya? Depan dan belakang. Trims

Unknown said...

Utk all new corolla sebaiknya shockbreaker kayaba tipe oli seri brp yg cocok agar nyaman d kendarai?

Unknown said...

Untuk corolla ke 30 apakah ada shock depan kayaba. ?

Unknown said...

Untuk corolla ke 30 apakah ada shock depan kayaba. ?

Ningsih Sulistiawati said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

untuk toyota etios adakaah shok depan nya.
mohon bantuannya.

Unknown said...

shocbreker avanza bisa ga di pake kijamg super

Unknown said...

Mau nanya gan
Skop belakang untuk toyota corrolla dx apa gan.?

Unknown said...

shockbraker harrier Limited edition 4500 cc th 2006 4WD , yang pesanan khusus anggota DPR yg disita KPK, nyamanya melebihi Mercy or citroen, itu mereknya apa krn sy pesan di auto 2000 stock tdk ada pesanpun juga tdk ada. tapi shockbeker tsb nyaman banget, jalan kayak gimanapun tdk berasa

Unknown said...

mau nanya gan
Untuk shockbreker starlet depan merk IKYBI ep80 90 ON, bisa nggak dipasang di starlet kotak ep71 thn 1988..
Mohon pencerahan maaf baru pemula pakai starko

Unknown said...

Maap gan mau nanya
Untuk shockbreaker depan starlet merk IKYBI ep80 90 ON, bisa nggak di pasang di starlet kotak ep71 tahun 1988.

Wahyu said...

Apakah kualitas shok original yang dari dealer toyota memiliki kualitas sama dengan shok original yang dijual dipasaran?

Rivaldi said...

Gan mobil sya sigra klw bawa muatan 7orang langsung kelihatan amblas ,mau tanya klw shok blk yg cocok buat Sigra Type R Delux apa,brpa harganya,Terimaksih gan

Evih evianti said...

sangat lengkap banget gan artikel nya. Mampir jug di blog ku seputar kaki kaki mobil http://bloggodor.blogspot.com

Unknown said...

Apakah shocbreaker inova bs diaplikasikan buat great corolla?

Unknown said...

Mobil saya Ford 1.4 fiesta shocbreker apa yg cocok

Unknown said...

maaf boss mau tanya. klo avanza 2007 pakai velg R17 ban tipis biar enak & stabil pke shokbreaker tipe apa uah. terimakasih

Rico said...

Untuk toyota fortuner trd 2015 apa yg cocok pak? Fortuner sy di beli 2015 januari, masih model lama, tidak seperti model 2016

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --