Alasan membeli Toyota Corolla Twincam

toyota corolla twincam original
Mobil Toyota Corolla Twincam sering kali menjadi pilihan para pengguna mobil untuk mengisi garasinya untuk yang pertama kali. Selain harga mobil yang masih terjangkau oleh kantong kawula muda, model untuk mobil Corolla Twincam juga tidak lekang oleh waktu alias body mobil masih tetap terlihat kekar dan enak dipandang oleh mata hingga saat ini.

Toyota Corolla Twincam 

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Toyota Corolla Twincam, kita akan membahas mobil Corolla Twincam yang beredar di Indonesia :
  • 1. Corolla SE atau biasa disebut dengan twincam SE ataupun twincam banci, dengan menggunakan mesin seri E yang sama seperti Toyota starlet ( mesin 2E SOHC carburator)
  • 2. Corolla SE Limited dan biasa disebut dengan twincam (secara umum) memakai mesin 4AF, mesin DOHC, narrow angle valve (headnya tidak lebar) atau paling mudahnya di head mesin bagian atas tidak ada tulisan twincam, Cuma terdapat tulisan toyota 16V Carburrated
  • 3. Corolla GTi atau biasa disebut dengan Corolla Twincam GTi sudah menggunakan memakai mesin DOHC wide angle valve (headnya lebar) dan ciri termudah adanya tulisan twincam 16V di head serta menggunakan mesin 4AGE (fuel injeksi) dan barang yang paling diburu oleh hampir semua varian adalah strut bar original pada Twincam GTi

Perbedaan Corolla Twincam yang beredar di Indonesia

harga mobil toyota corolla twincam
Twinnie
Corolla Twincam atau biasa disebut juga Twinnie ( merupakan panggilan kesayangan dari para pengguna Corolla Twincam) mulai diproduksi untuk massal pada tahun 1988. Setiap tahun keluaran Toyota Corolla Twincam sendiri memiliki perbedaan masing-masing. Pada generasai awal, mobil ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bumper depan yang lebih banyak sirip-siripnya dan di bagian bawah bumper mobil tersebut terdapat lubang kotak untuk lubang hawa perangkat rem.

Mobil Corolla Twincam tahun 1989 sudah terdapat lampu sen di bumper depannya. Kotak hawa untuk bumper yang ada pada Corolla Twincam 1988 sudah dihilangkan. Sedangkan pada stop lamp masih seperti generasi awal yaitu kuning putih ( untuk sein dan lampu mundur), hanya saja pada Twinnie tahun ini sudah ditambahkan ornamen lampu pada plat nomor belakang.

Pada generasi Corolla Twincam tahun 1990-1992 hampir tidak ada perbedaan berarti kecuali lampu sein yang ada pada bumper yang mengalami perubahan dimensi. Pada tahun ini, Corolla Twincam menambah variannya dengan menggunakan sistem injeksi dan diberi nama Corolla Twincam GTi.  Masih menggunakan mesin 4A-GE yang sampai saat ini masih memegang pamor sebagai salah satu mesin kencang untuk pabrikan Toyota. Pada Corolla Twincam GTi  sudah mengadopsi sistem rem cakram untuk semua bagian, baik roda depan maupun roda belakang. Indikator yang terdapat pada mobil ini juga sudah lebih lengkap dan jok semi bucket yang siap ‘memegang’ tubuh. Corolla Twincam GTi merupakan awal cikal bakal untuk menyempurnakan varian corolla sesudahnya, yaitu Toyota Great Corolla

Permasalahan Corolla Twincam

1. Bagian Kaki-Kaki

Karena usia mobil yang sudah berumur 20 tahun lebih maka sektor kaki-kaki adalah bagian yang paling sering mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian. Untuk Corolla Twincam hampir tidak mengalami kesulitan berarti untuk mencari spare part kaki-kaki tetapi untuk Varian Corolla Twincam GTi agak sulit untuk mencari kelengkapan kaki-kaki bagian belakang yang memang berbeda sendiri. 

2. Karburator

Hampir semua mesin karburator pasti mengalami masalah untuk bagian yang satu ini. Karburator memang mempunyai peran vital yang mengatur 'lari' nya sebuah mobil. Spare part Toyota satu ini yang mengatur tingkat keiritan sebuah mobil dan enak atau tidak enaknya mobil tersebut untuk lari. Sayangnya Spare part Toyota yang satu ini sudah tidak diproduksi kembali sehingga meskipun kita memiliki uang tetapi belum tentu mudah untuk mendapatkan karburator baru untuk corolla Twincam

3.Elektrikal

Sebagai mobil yang sudah tergolong tua, banyak sekali permasalahan yang ditemui pada corolla twincam adalah masalah kabel yang sudah semerawut dan banyak jumper di sana-sini, memang agak susah untuk mencari soket-soket ataupun kabel bodi satu geludung untuk mobil ini. Solusi yang paling memungkinkan adalah mengganti kabel bodi secara keseluruhan dengan cara manual dan bisa menghabiskan waktu hingga 3 bulan.

Harga Mobil Bekas : Toyota Corolla Twincam 2013 

corolla twincam indonesia
Para Pecinta Corolla Twincam Indonesia

No. Model Mobil Tahun Harga (Rp.)
1 Corolla Twincam 1.6 Gti 1990 55.000.000
2 Corolla Twincam 1.6 Gti 1991 65.000.000
3 Corolla Twincam 1.6 Gti 1992 75.000.000
4 Corolla TwinCam 1.6 SE 1988 45.000.000
5 Corolla TwinCam 1.6 SE 1989 50.000.000
6 Corolla TwinCam 1.6 SE 1990 55.000.000
7 Corolla TwinCam 1.3 SE 1988 45.000.000
8 Corolla TwinCam 1.3 SE 1989 48.000.000
9 Corolla TwinCam 1.3 SE 1990 52.000.000

* Daftar harga Toyota Corolla diatas adalah hanya bersifat sebagai informasi dimana harga aktual bergantung pada penjual, kondisi mobil dan kondisi lainnya. Sebagai persiapan membeli mobil Toyota Corolla Twincam, ada baiknya membaca terlebih dahulu tips membeli mobil bekas Toyota.

Artikel Terkait:

14 comments:

Unknown said...

Permisi Om, numpang tanya dan minta masukan, kalau dalam kondisi harga sama dan kondisi fisik yang tidak beda jauh, mana yang dipilih, Toyota Corona Absolute 2.0 92 atau Honda Civic LX 89. Mohon pencerahannya, makasih om...

My Life said...

nice blog gan... baru nemu ni.ijin ngebukmak dl.sy br aja bl corolla all new 1600 th 96.rumah sekring unt headlampnya mlenyok hbs kebakar,kira bs diakalin atau ganti satu box itu ya?.trm ksh

Unknown said...

Mas tanya juga mengenai ukuran velg dan band standar untuk twincam

Unknown said...

Untuk Corolla Twincam pcd 4x100, Ban 185 dengan ring 14

Unknown said...

Kalau yang kebakar cuma 1 relay, biasanya cara paling mudah adalah dijumper di tempat yang kosong. Karena cukup lumayan biaya untuk penggantian spare part box sekring. Biasanya penggantian box sekring karena terbakar habis semua.

CAKRAWALA CCTV said...

klo kelemahan yg laen apa om? di mesin misalkan..katanya yg di dlm distributor pengapian itu sering mati

Bocah nDeso said...

kalau harganya segitu apa nggak lebih mending pilih mobil ex taxi Blue Bird, umur jauh lebih muda...

Unknown said...

Harga twincam yang mendekati harga taksi kan twincam GTi yang memang sedikit di pasaran mobil bekas dan kondisi yang mumpuni untuk GTi juga memang sedikit susah di cari..

Sedangkan untuk taksi eks blue bird sudah mencapai 70 jt up dengan kondisi sudah berjalan di atas 300.000 km, inilah salah satu alasan orang jarang melirik limo eks taxi karena jam terbang sudah sangat tinggi

Unknown said...

Pilihan mana twincam se limited 1.6 th 91 atw twincam yg 2.0.?

Unknown said...

Pilihan mana twincam se limited 1.6 th 91 atw twincam yg 2.0.?

Bagus Alit said...

punten nih semuanya mau numpang nanya...
si twinie sy kalau d panasin pagi2 RPM suka ngerambat naik dari 500-1000-2000 (posisi AC off) ... sy diemin kurang lebih 10 menitan dia stuck di RPM 2000 ribuan. trus sy gas sentak (naekin RPM ke 3000/4000) langsung deh RPM turun ke 500.... normal gak yah kondisi kaya gt?

satu lagi...rasio bensin si twinie ini brapa sih normalnya? kok rasanya boros bgt....kmaren baru isi full tank (40 ltr an) indikator bensin full tp skrng udah turun satu bar di indikatornya (pemakian udah skitar 50KM dr isi full kmaren) ?? biar irit gimana yah, mngkin ada yg pnya solusi?

jafar hsb said...

Mobil sy twinnie 1.6 SE, th 1990, kalo dimatiin ga langsung mati. Gimn solusinya

G!mbaL said...

Mohon saran dari agan. Saya memiliki GREAT COROLLA 1.6 tahun 1993
AUTOMATIC TRANSMISSION. Permasalahan pada mobil adl pada saat mesin dingin dan baru dinyalakan. Transmisi D tidak bisa langsung respon dan harus menunggu mesin panas minimal 10 menit. Akan tetapi jika saya gunakan mundur dapat langsung respon sekalipun mesin dalam keadaan dingin. Ketika mobil sdh digunakan tidak ada masalah sama sekali. Karena saat sy bawa ke auto 2000 tdk bisa menyelesaikan keluhan saya dan harus turun mesin. Mohon saran

Eno said...

Bisa bantu info dimana kira2 saya bisa dapat sekring 30 ampere buat twincam 1.6 tahun 1990 built up injeksi?

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --