Kekurangan Aksesoris Mobil Baru

kekurangan aksesoris mobil baru toyota
Mobil Toyota yang baru saja dibeli biasanya membuat para pemiliknya 'gatal' untuk mendandani mobil baru dengan aksesoris-aksesoris mobil sehingga mempercantik tampilannya. Sayangnya, ada beberapa aksesoris tambahan yang terlihat wajar untuk dipasangakan tetapi sebenarnya dapat membahayakan kenyamanan dan keamanan mobil toyota itu sendiri.

Para pemilik mobil baru sepertinya tidak membaca manual book yang diberikan dengan teliti sehingga tidak banyak yang tahu bahwa pemasangan aksesoris yang bersifat elektrikal menyebabkan garansi elektrik mobil baru tersebut langsung 'hangus' alias tidak berlaku lagi. Sungguh disayangkan bukan ? Mobil baru tetapi sudah tidak memiliki garansi elektrikal.

Aksesoris Mobil Baru Toyota yang perlu diperhatikan :

1. Klakson

klakson mobil toyota
Banyak pengemudi mobil Toyota baru yang mengeluhkan bahwa klakson standart mobil dianggap kurang keras bunyinya atau dianggap kurang 'galak' bunyinya sehingga tidak sedikit orang yang langsung menggantinya dengan klakson keong (bentuknya seperti keong). 

Penggunaan klakson keong sendiri memerlukan relay tambahan agar suara yang dihasilkan menjadi maksimal dan untuk menjaga voltase mobil agar stabil sehingga ketika pemasangan klakson harus menggunting kabel body mobil untuk mengambil setrum ataupun massa. Dan ketika menggunting salah satu kabel body mobil untuk dilakukan jumper maka secara otomatis garansi elektrikal sudah hilang.

2. Fog Lamp / Lampu Kabut

fog lamp mobil toyota
Biasanya Fog Lamp hanya terdapat pada varian tertinggi dari mobil tersebut sehingga para pemilik kendaraan yang mengambil tipe mobil dengan varian di bawahnya langsung melengkapi mobil barunya dengan fog lamp sehingga dapat digunakan ketika hujan ataupun di daerah pergunungan.

Baik Fog Lamp Original Toyota maupun Aftermarket memerlukan kabel tambahan untuk pemasangannya sehingga lagi-lagi untuk pemasangannya pasti mengambil kabel body untuk dilakukan jumper dan itu berarti garansi elektrikal mobil sudah hilang. 

Pemasangan aksesoris mobil yang bersifat elektrikal seringkali menyebabkan masalah pada elektrikal lainnya di mobil tersebut karena pemasangan yang tidak teliti dan sembarangan. Dan, yang paling fatal yang pernah terjadi adalah menyebabkan kebakaran pada bagian tersebut yang disebabkan korslet.

3. Alarm

aksesoris alarm untuk mobil toyota
Pada mobil Toyota yang baru yang sudah dilengkapi dengan electrik power steering biasanya turut dilengkapi dengan sistem kunci mobillizer sehingga seringkali tidak dilengkapi dengan alarm tambahan tetapi hanya dilengkapi dengan central lock. Hal ini sebenarnya sudah cukup sebagai pengaman mobil kita karena power steering mobil tidak dapat bergerak sama sekali bila tidak menggunakan kunci asli mobil. 

Tetapi kita seringkali merasa kurang aman tanpa adanya alarm dan toa alarm sehingga kita juga memasang alarm mobil sebagai pengaman mobil kita. Memang sangat dilema apabila mobil tidak menggunakan remote alarm sama sekali. Pemasangan aksesoris alarm mobil tentu saja menghilangkan garansi elektrikal mobil.

4. Sensor Parking

Sama seperti Fog lamp, banyak orang yang membutuhkan sensor parking untuk mobil Toyota barunya. Pada varian mobil tertinggi untuk tipe mobil Toyota tertentu sudah dilengkapi dengan sensor parking. Para pemilik mobil tentunya ingin melengkapi mobilnya untuk menghindari bumper belakang yang tertabrak ketika sedang memarkir kendaraannya.  

Pemasangannya juga harus mengambil kabel utama untuk setrum sensor parking dan dapat menyebabkan garansi elektrikal mobil hilang. 

5. Spoiler

Spoiler yang terdapat pada bagian belakang body mobil seringkali dilengkapi dengan lampu rem sebagai pemanisnya. Selain pemasangan kabel yang mengambil setrum dari stop lamp belakang, ada kalanya pemasangan spoiler belakang seperti toyota Avanza tipe v harus melakukan bor pada bagian belakang sehingga merusak body bagian belakang.

6.Relay Lampu 

Berbeda dengan mobil premium Toyota seperti Toyota Alphard maupun Harrier yang sudah menggunakan HID sebagai lampu standart mobil. Banyak pengguna mobil toyota yang merasa kalau lampu standart mobil kurang terang sehingga menggantinya dengan watt yang lebih besar ( Bohlam Lampu standart mobil biasanya 55/60 watt) dan untuk menstabilkan penggantian bohlam dengan watt yang lebih besar tentu menggunakan relay.

Pemasangan relay sebenarnya dapat dilakukan tanpa mengelupas kabel body mobil tetapi banyak pemasangan yang ingin mencari mudahnya saja sehingga lebih cepat dengan mengelupas kabel body dan mengambil strum dan tentu saja garansi elektrikal mobil hilang

Jadi pemasangan aksesoris tambahan itu memang beresiko untuk mempercantik dan melengkapi kendaraan baru kita. Orang seringkali berfikir apakah garansi elektrik itu diperlukan ? Garansi elektrik sebuah mobil sangat diperlukan seperti untuk power window, electrik power steering, lampu mobil dan tentu saja beberapa komponen spare part yang mengandung elektrik. Sangat tidak lucu, karena mobil baru dan ternyata ada kerusakan akibat cacat produksi pada bagian Electrik Power Steering tetapi tidak dapat diklaim karena adanya pemasangan aksesoris tambahan, tentu saja kita tidak menginginkan hal tersebut bukan? Yang perlu kita ingat adalah setiap pemasangan aksesoris tambahan yang mengupas kabel utama mobil dan ketika komponen elektrik pada mobil baru toyota rusak maka pabrikan Toyota tidak dapat melayani klaim akibat kerusakan ataupun cacat produksi untuk sektor elektrikal.

Artikel Terkait:

2 comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --