Ciri-Ciri Engine Mounting Rusak

ciri ciri engine mounting rusak
Engine mounting Toyota merupakan spare part yang diciptakan untuk menjaga pondasi mesin mobil atau dapat dibilang sebagai pegangan mesin ke chasis mobil. Mesin boleh saja bergoyang inul ketika berakselarasi maupun deselarasi tetapi bodi mobil seharusnya tetap senyap agar penumpang merasa nyaman. Berbahan dasar karet yang fleksibel namun tetap kokoh ini dapat diibaratkan sebagai pagar yang menjaga tanaman. Namun seiriing dengan umur pemakaian maka banyak gejala kerusakan yang menganggu kenyamanan berkemudi yang disebabkan oleh rusaknya engine mounting. Tidak hanya masalah mesin yang bergoyang tidak karuan namun juga bisa merembet ke pipa knalpot pecah akibat tertindih mesin hingga as roda yang menjadi rusak.

Ciri-ciri Engine Mounting Rusak

Mobil Toyota Penggerak Roda Depan
posisi engine mounting toyota
Posisi engine mounting pada mobil toyota

Dari kasus yang sering terjadi di workshop kami, Toyota Vios maupun mobil Toyota lainnya mengalami getaran yang tidak seperti biasa. Kondisi getar tersebut terasa pada seluruh kabin di saat mesin berputar idle, khususnya pada bagian steer mobil. Setelah diperiksa, getaran tersebut bukan berasal dari kondisi mesin yang kurang baik ataupun pincang akibat salau satu koil mati. Pasalnya, getaran berasal dari engine mounting yang sudah mulai getas. Untuk mengeceknya sebenarnya cukup mudah untuk bagian tertentu pada engine mounting yang terlihat kasat mata ( Engine Mounting sebelah kanan dan Engine Mounting sebelah depan ) 

Jika mounting terlihat jelas dan dapat diraba dengan tangan maka penutup karetnya dapat ditarik untuk melihat kondisi di dalamnya. Jika bagian tengah karet sudah getas dan hampir menempel dengan bagian bawah, tentunya sangat mudah getaran mesin sampai pada seluruh bodi.

Mobil Toyota Penggerak Roda Belakang

Pada mesin Toyota berpenggerak roda belakang, ciri-ciri masalah engine mounting rusak biasanya dimulai ketika mesin baru saja dihidupkan. Dari kolong, bisa terdengar suara gemeretak seperti halnya suara besi beradu. Kita memang harus memeriksa terlebih dahulu apakah mounting knalpot dalam keadaan baik atau sudah mengalami kerusakan. Jika karet pengikat memang tidak rusak, maka bagian knalpot bisa berbunyi akibat goyangan mesin yang terlampau lentur. Tanda lainnya juga bakal terdengar suara gemeretak seperti saat mesin dimatikan

Masalah yang timbul akibat engine mounting rusak

Pada mobil Toyota biasa terdapat 3 sampai dengan 4 engine mounting (tergantung dengan mobil itu sendiri), biasanya engine mounting tidak langsung rusak secara keseluruhan tetapi satu persatu hingga keseluruhan engine mounting yang berada pada mobil kita, hal ini disebabkan beban mesin tidak tertahan dengan sempurna oleh karet engine mounting yang masih dalam keadaan baik.

Kerusakan engine mounting tentu saja menyebabkan getar yang sangat terasa pada steer mobil dan apabila dibiarkan terus menerus maka tidak mungkin akan merembet kepada komponen spare part lainnya seperti as roda luar atau cv joint yang tidak dalam posisi semestinya akibat kondisi mesin yang turun dan tidak tertahan sempurna sehingga menggangu kelenturan as roda. 

engine mounting original Toyota
Engine mounting Original merupakan pilihan terbaik
engine mounting merk RBI
RBI merupakan pilihan after market
Setelah beberapa kali perbandingan di dalam menggunakan berbagai merk engine mounting, memang pilihan terbaik adalah Engine Mounting Original Toyota, dimana kelebihannya adalah kualitas karet yang lembut dan dudukan baut yang presisi sehingga getar di steer tidak terasa kembali. Tetapi apabila keadaan kantong tidak memadai untuk membeli yang original, pilihan engine mounting dapat menggunakana merk RBI yang memang masih merupakan rekanan toyota untuk bagian karet-karet dan bushing. Kelemahan menggunakan RBI adalah getar tidak sepenuhnya hilang karena kualitas karet sekitar 80-85% dari engine mounting Original Toyota. Hal ini tentu lebih baik daripada mesin mobil tidak tertahan dan turun akibat engine mounting rusak. Selain Engine mounting yang sering rusak, permasalahan yang sering terjadi pada spare part toyota adalah Shock Breaker

Artikel Terkait:

5 comments:

Anonymous said...

engine mounting ori brp hrgny pak?

Noor Chaliem MS said...

Mobil saya Xenia Li 1.0, pada saat berjalan di jl. gelombang / pafing suara pada roda depan klutuk2, kira2 apa ya....., mohon solusinya

Unknown said...

Mw nnya gan,,mbil sya kcptn 60 k ats bergetar d gas ny pda saat melaju juga mkin getar,,kira" apa yaa,,ban baru n ud d balancing n spooring..

Unknown said...

Cuma mau berbagi pengalaman aja nih... kalo mau ganti mounting.. mending yg ORI aja dah, kemarin saya ganti pake yg tdk ORI baru di pasang pas tes jalan terdengar suara "kletok-kletok" saya kira Otu suara dari AS roda, ternyata pas di bongkar lagi mounting rusak, padahal baru di pasang. Akhirnya saya putuskan untuk beli monting yg ORI. Oia mobil saya Toyota vios

Cuma mau berbagi aja nih om.....

Fourshan said...

Hai semua... mau tanya ne... kalo pesan engine monting berapa lama kirim nyampe ke jayapura papua ?

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --