Pilihan untuk Modifikasi Mobil Toyota

Modifikasi mobil Toyota memang sering menggoda para pemilik mobil agar mobilnya menjadi lebih unik, lebih fresh ataupun sedap di pandang mata serta menggundang pujian dari rekan-rekannya maupun orang lain yang melihat mobilnya. Tidak sedikit para pengguna mobil toyota yang memodifikasi mobilnya secara extreme sehingga menggundang decak kagum ataupun rasa penasaran bagi para penggemar jenis mobil toyota tersebut.

Tapi tidak sedikit pula orang yang melakukan kesalahan di dalam memodifikasi mobilnya sehingga terlihat berantakan di sana sini dan akhirnya menyerah dengan keadaan mobilnya. Memang tidak pernah ada aturan baku di dalam memodifikasi mobil, tapi berikut ini adalah pattern / pola para pemodifikasi mobil Toyota yang memang menghasilkan mobil-mobil Toyota baik mobil bekas maupun mobil terbaru yang menggundang rasa kagum akan kreativitas dan keuletannya di dalam 'membangun' sebuah mobil.

Modifikasi Mobil Toyota

1. Modifikasi Penampilan Mobil

modifikasi toyota vios
Modifikasi tampilan luar

Tentu mobil-mobil yang dapat mengundang decak kagum dan membuat sebagian besar dari kita terperangah adalah mobil-mobil seperti di film "Fast and Furious" ataupun mobil-mobil di dalam game "GT Turismo" yang sebagian besar mengacu pada mobil sport yang ceper, corak warna mobil yang menarik, audio yang cetar membahana dan pastinya lari mobil seperti gundala putra petir alias kencang.

"Cinta itu datang dari mata, turun ke hati." begitu juga dengan decak kagum, terlihat oleh mata dahulu baru deh turun ke mulut untuk berkata, "Wow". Apabila anda tipe orang yang termasuk mementingkan penampilan mobil, maka kita dapat melupakan sejenak tentang urusan audio dan mesin. Kita fokus terlebih dahulu untuk penampilan mobil kita agar mengundang decak kagum, modifikasi penampilan mobil sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian exterior dan bagian interior.

2. Modifikasi Audio

modifikasi mobil toyota soluna
Audio tanpa batas

Musik itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, setiap orang menyukai musik termasuk ketika mengendarai mobil kesayangan. Modifikasi pada audio mobil biasanya mencirikan sampai sebesar mana kecintaan dan ketergantungan seseorang pada musik. Banyak orang yang menganggap, audio mobil hanya pelengkap saja agar tidak terlalu BT ketika macet ataupun perjalanan jauh. Tapi ada beberapa orang yang begitu maniak terhadap musik yang menginginkan mobilnya menjadi diskotik berjalan. Mengapa saya sebut diskotik berjalan ? karena hampir seluruh bagian mobil dilengkapi dengan peralatan audio untuk menghasilkan suara yang sungguh-sungguh luar biasa kencang sehingga tidak terdengar suara lain.

Memang sepertinya tidak masuk akal menghabiskan berjuta-juta bahkan hingga ratusan juta hanya untuk audio mobil, dimana kita sebagai pemilik mobil tentu tidak menghabiskan waktu yang terlalu lama di dalam mobil tetapi itulah nilai dari kepuasaan modifikasi audio. Maafkan saya yang tidak terlalu bisa menilai apakah audio itu bagus atau tidak karena saya tidak begitu mencintai suara yang terlalu kencang seperti suasana diskotik. 

Yang saya tahu tentang prinsip modifikasi audio mobil hanyalah, jangan gunakan merk-merk tidak ternama karena settingan akan berubah-rubah ketika audio dinyalakan dan dimatikan. Box cosmetik untuk bagasi mobil merupakan hal wajib bagi para pencinta audio dan tentu saja peredam agar hasil suara dapat maksimal.

3. Modifikasi bagian mesin

Bagi para pencinta modifikasi mesin sangat jarang memperhatikan penampilan yang bagus karena mereka mencari bobot teringan dari sebuah mobil sehingga dapat dipacu maksimal. Tentu sangat aneh ketika mobil harus berlari kencang tetapi disertai bobot yang cukup berat seperti audio dan boxnya, jok penumpang mobil maupun jok belakang. Saya sangat jarang bahkan tidak pernah melihat juara drag race ataupun drift yang mengisi mobilnya dengan barang-barang yang memiliki bobot berat. Semua harus 'dipotong' agar mencapai bobot teringan tapi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

modifikasi toyota great corolla
" Do u want have this one ? "

Bagaimana dengan para pemilik mobil yang menginginkan mobil dapat berlari kencang tetapi dapat dipakai harian ? Tenang saja, selalu ada jalan untuk mencapainya. Agar dapat kencang tentu saja banyak pilihan seperti porting polish, mengganti piston dan ring seher maksimal serta penggunaan piggy back maupun turbo mobil ataupun sekedar grounding untuk menyeimbangkan massa mobil. Tentu saja sama seperti modifikasi audio, hal yang perlu diperhatikan adalah tidak adanya batasan kreativitas maupun dana untuk bagian oprek mesin. Setiap mobil kita merasa kencang, pasti masih ada saja yang lebih kencang lagi.

4. Modifikasi Original Style

Toyota great corolla original
Classis never Die
Pengertian modifikasi original adalah para pencinta original untuk versi JDM atau USDM ataupun standart seperti pertama kali mobil diluncurkan di Indonesia. Mobil Toyota biasa memiliki banyak model yang berbeda meskipun untuk varian mobil yang sama, seperti Great Corolla yang memiliki versi Japan dan Versi Europe. Para modifikator original style tentu saja memiliki kesulitan di dalam mencari barang-barang original untuk versi luar negeri. 

Meskipun original dan standart saja, tetapi mobil-mobil Toyota lawas menjadi sedap dipandang di mata dan tentunya menaikkan harga jual mobil tersebut karena mobil terlihat lebih apik dan tampil beda dari mobil yang beredar di pasaran Indonesia. Mungkin ungkapan yang paling tepat untuk para modifikator seperti ini adalah, "Classic is never too old."

5. Modifikasi Offroad

modifikasi toyota hardtop offroad
Are u ready for the challenge ?

Selain mobil Onroad, tentu saja mobil yang paling dimodifikasi adalah mobil Offroad. Bahkan semua mobil yang dipakai untuk turun Offroad tentu di modifikasi agar dapat melewati medan yang terbilang cukup berat. Modifikasi mobil Toyota Hardtop sendiri tergolong susah-susah gampang sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal dari bagian kaki hingga pengapian mobil. Bagi para pencinta offroad banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum turun di ajang offroad, jangan sampai ketika turun malah menyusahkan teman-teman yang ikut terlibat menjadi terfokus pada mobil kita.

Biaya yang digunakan untuk memodifikasi mobil offroad seringkali membuat geleng-geleng kepala dan belum lagi barang spare part yang diperlukan sudah termasuk langka. Biasa yang sering dimodifikasi adalah bagian gardan mobil, karbulator dan tentunya bagian kaki-kaki mobil. Apabila ditanya mengapa mereka mencintai dunia offroad ? Semua pasti bilang, "Penuh tantangan, kebersamaan dan pastinya kita akan lebih mencintai alam."
***
Modifikasi sebuah mobil toyota memang tergantung pada kreativitas, ketersediaan barang dan tentu saja dana kantong kita. Kita tidak dapat membatasi modifikasi sebuah mobil karena selalu ada cara baru atau 'racun-racun' untuk membuat mobil kita lebih unik dan bagus, yang menjadi pertanyaan adalah apa tujuan kita memodifikasi mobil toyota dan sampai sejauh mana kita siap untuk mengeluarkan dana bagi mobil kita ?

Artikel Terkait:

3 comments:

Aprilianto Chayadi said...

sekedar tambahan untuk yang modifikasi pada bagian mesin. dari pada sayang2 pasang turbo, porting polish dan kawan-kawannya yang merubah keorisinilan bberapa komponen asli pabrikan. mending setting pengapian. atau ganti pengapian. bisa ganti koil, cdi, kabel busi, yang bisa membuat pengapian menjadi lebih besar, mobil pun akan terasa beda dan lebih irit. beda di banding dengan memasangkan turbo atau bahkan porting polish yang akan membuat bensin menjadi lebih boros. sekian tambahannya. #bravoTKCI

Unknown said...

Simpel,jelas & dahsyat infonya.
Thanks a lot

Unknown said...

Dapatkan promo rental elf jogja murah dengan kualitas pelayanan dan kondisi rental mobil jogja yang baik hanya di Persada Transport & 25transwisata - rental elf jogja.

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --