Cara Membersihkan Rem Tromol Mobil

Rem mobil bagian roda belakang seringkali masih mengadaptasi sistem tromol atau belum berbentuk cakram seperti roda depan. Seringkali rem bagian roda belakang menyimpan kotoran hasil dari serbuk kampas rem yang terkikis. Hal ini dikarenakan serbuk kampas rem tersebut tertutup oleh drum brake atau tromol mobil dalam keadaan rapat sehingga kotoran tidak dapat keluar dengan sendirinya.

Apabila kita tidak pernah membuka dan membersihkan tromol mobil maka drum brake atau tromol akan mengikis perlahan-lahan dan menimbulkan efek rem tidak bekerja dengan sempurna. Selain itu kotoran yang menumpuk pada tromol mobil akan menimbulkan bunyi ketika kita melakukan pengereman. Pekerjaan membersihkan rem tromol mobil juga tidak terlalu sulit.

Cara Membersihkan Rem Tromol Mobil 

1. Pastikan Rem Tangan dalam keadaan lepas, kemudian kita dapat mendongkrak roda belakang dan melepas roda tersebut. Selanjutnya cari baut yang terletak pada dinding tromol dan buka baut-baut yang menempel pada tromol tersebut.

2. Apabila baut macet atau tidak dapat terbuka, kita dapat memaksa untuk membukanya dengan menggunakan obeng ketok.

3. Setelah semua baut dilepas, kita dapat mengetok teromol tersebut dengan memakai gagang palu maupun besi agar tromol terlepas.

4. Setelah tromol terlepas dari tempatnya, kita dapat melihat kotoran serbuk kampas rem yang menempel pada dinding tromol. Untuk membersihkannya dapat menggunakan brake cleaner sehingga kotoran terlepas dan menjaga kondisi dinding tromol. Atau cukup dibersihkan dengan menghembuskan angin yang berasal dari kompresor. 

5. Anda dapat membuka sepatu rem atau kampas rem belakang untuk diamplas kembali sehingga permukaan kembali kasar dengan tujuan agar pengereman dapat mencapai hasil maksimal. Tapi perlu diperhatikan agar per-per kecil dan spi ketika membuka kampas rem jangan sampai hilang dan tidak terpasang kembali.

6. Semprot bagian kampas rem dan bagiannya dengan menggunakan brake cleaner. 

7. Pasang kembali tromol mobil dan pastikan semua baut tromol dalam keadaan terpasang dengan kondisi yang cukup kencang sehingga tidak menggganggu sistem pengereman mobil.
 
Untuk lebih jelas di dalam cara membersihkan rem tromol mobil dapat melihat pada gambar di bawah ini :

Cara membersihkan tromol mobil
Jangan biarkan kinerja rem yang tidak sempurna dapat membahayakan kinerja mobil anda. Setelah membaca cara perawatan mobil terdahulu, yaitu cara memperbaiki kisi-kisi ac yang patah, sekarang anda dapat menambah pengetahuan di dalam perawatan mobil khususnya untuk cara membersihkan rem tromol mobil toyota anda. Semoga membantu.

Artikel Terkait:

2 comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --