Penyebab Rusaknya Tie Rod dan Long Tie Rod

Artikel kali ini untuk lebih mengenal Spare Part Toyota pada bagian kaki mobil yang seringkali mengalami kerusakan atau pergantian yaitu Tie Rod dan Long Tie Rod / Rack End. Sebagai pemilik mobil tentu kita tidak asing mendengar dua benda tersebut, tetapi apakah kita mengetahui dengan pasti apa fungsi tie rod dan long tie rod serta apa penyebab kedua spare part ini mengalami kerusakan ? 

Fungsi Tie Rod dan Long Tie Rod

Fungsi utama Tie rod dan long tie rod adalah meneruskan putaran dari steer mobil sehingga roda dapat berputar ke kanan atau kiri sesuai dengan kemudi kita. Dalam dunia otomotif, sebenarnya hanya mengenal istilah tie rod tetapi untuk mempermudah penggantian spare part maka dibagi menjadi dua bagian yaitu Tie Rod yang menempel langsung pada knuckle mobil dan Long Tie Rod atau rack end yang menempel langsung pada rack steer (lihat gambar untuk mempermudah pengertian)
tie rod dan long tie rod toyota
Tie Rod dan Long Tie Rod Toyota

Ciri-Ciri Tie rod atau Long Tie Rod Rusak

Sebenarnya untuk mengecek tie rod ataupun long tie rusak tidak terlalu sulit. Kita cukup mendongkrak salah satu sisi ban dan menggoyangkan ban tersebut dengan perasaan, apabila ketika kita menggoyangkan ada sedikit oblak berarti ada pertanda bahwa tie rod sudah mengalami kerusakan. Agar lebih yakin, tentu saja kita harus membuka ban mobil kita dan melepaskan tie rod dari knuckle sehingga dapat melihat dengan jelas apakah tie rod sudah oblak ( tie rod yang rusak ketika kita putar dengan tangan sudah tidak memiliki tekanan apa pun , berbeda dengan tie rod yang masih bagus yang membutuhkan tenaga untuk menekannya ke segala sisi )

ciri-ciri long tie rod rusak
Long Tie Rod yang rusak
Sedangkan untuk mengecek long tie rod yang rusak memang harus membuka ban dan melepaskan tie roda dari knuckle terlebih dahulu, setelah itu kita tinggal melihat ketika long tie rod dalam keadaan tergantung, apakah sudah memble ( binggung dengan istilah yang tepat ) sehingga mengayun ke bawah terus menerus dan apakah rack end digoyangkan dengan tangan sudah tidak memiliki tekanan pula.

Biasanya penggantian spare part long tie rod pasti bersamaan atau tidak berbeda jauh waktu penggantian dengan penggantian tie rod karena tie rod mengalami kerusakan terlebih dahulu baru merambat ke bagian long tie rod. Tetapi penggantian tie rod tidak harus mengganti bagian long tie rod. Dan setelah penggantian kedua spare part toyota ini, kalian harus segera melakukan spooring sehingga jarak antara kiri dan kanan ban presisi.

Penyebab Tie Rod dan Long Tie Rod Rusak

Bagian spare part yang satu ini termasuk bagian spare part yang aktif alias terus melakukan gerak ketika kita memutar steer mobil dan bahan yang menahan poros gerak itu adalah bagian joint dari tie rod yang berupa karet boot. Tentu saja karet yang mengalami pergerakan terus menerus, lama kelamaan akan pecah ataupun getas. Sedangkan pada bagian long tie rod juga mengalami kerusakan karena dia merupakan poros dari tenaga untuk disalurkan kepada knuckle sehingga ban mobil mengalami pergerakan ke kiri ataupun kanan.

Jadi, penyebab utama tie rod dan long tie rusak adalah karena usia pemakaian dan yang kedua adalah jalan yang rusak ataupun lubang yang sering kita lalui dengan kecepatan yang cukup tinggi. Memang ketika kita menghantam lubang dengan kecepatan yang cukup tinggi tentu bukan hanya bagian tie rod dan long tie rod yang berpotensial rusak tetapi hampir semua bagian kaki-kaki mengalami rawan untuk kerusakan.

tie rod dan long tie rod toyota
Letak Tie Rod dan Long Tie Rod

Akibat Tie Rod dan Long tie Rod Rusak 

Akibat yang ditimbulkan karena kerusakan tie rod dan long tie rod adalah :
  • 1. Jarak ban tidak dapat center sehingga posisi steer tidak dapat rata tengah alias menarik ke salah satu sisi, dan apabila kedua spare part ini mengalami kerusakan, mobil tidak dapat dispooring.
  • 2. Ban akan cepat aus di bagian dalam, hal ini disebabkan karena jarak ban tidak merata, sehingga ketika kita memutar mobil, salah satu ban akan mengenai fender mobil sehingga mengalami gesekan.
  • 3. Bunyi yang menganggu seperti besi yang beradu di telinga kita ketika melewati lubang maupun jalanan yang tidak rata.
Untuk harga tie rod dan Long tie rod sendiri cukup bervariasi untuk setiap jenis mobil, tetapi tenang saja untuk bagian spare part ini, kita tidak harus menggantinya dengan yang original karena sudah tersedia jenis yang kualitasnya tidak kalah jauh dengan original toyota. Untuk harga tie rod dan long tie rod Toyota dapat menghubungi kami (sumber berkat) atau dapat langsung ke workshop kami untuk pengecekan bagian kaki-kakinya.

Artikel Terkait:

9 comments:

Unknown said...

om, kalau kared pintu ada nggak ya, SB di Semarang dimana ya, makasih infonya

sugar said...

Om harga tierod and long tierod corolla gl brapa om...

sugar said...

Om harga tierod and long tierod corolla gl brapa om...

Unknown said...

Ok bermaanfaat infonya terima kasih

Unknown said...

Ok bermaanfaat infonya terima kasih

Unknown said...

Trims..sangat bermanfaat bagi pemilik kendaraan..👌👍

Unknown said...

Om klo long tie rod Kijang lgx 2003 berapa ya om? Klo d SBY dmna?

arimbombo said...

Om klw tie rod datsu. Panca berapa an y..???

Unknown said...

PANTASAN RACK END KU SERING RUSAK KARENA SERING MENGHANTAM JALAN BERLOBANG

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --