Cara Mengetahui Kondisi Kopling

"Bagaimana cara mengetahui kondisi kopling mobil Toyota saya sudah aus / abis / rusak belum yah ?" Pertanyaan yang seringkali terlontar dari para pengendara mobil. Memang tidak dapat dipungkiri apabila kopling merupakan komponen utama di dalam mobil agar dapat berjalan atau melakukan perpindahan gigi. Kali ini kita akan membahas mengenai kopling pada mobil manual Toyota.

Komponen-komponen yang terlibat pada kopling mobil :

1. Flywheel / roda gila 

flywheel mobil corolla great
 Fungsinya : Meneruskan dan menahan putaran dari kruk as mobil saat mesin mobil hidup

2. Plat Kopling / Clutch Disc


Plat kopling toyota soluna vios
Fungsi : Sebagai perantara antara tenaga mesin dengan perseneling / gigi yang akhirnya tenaga tersebut diteruskan kepada roda.

3. Dekrup / Matahari / Clutch Cover


dekrup original toyota great corolla
Fungsinya : Pengatur kapan tenaga mobil diteruskan atau kapan tenaga mobil dihentikan, hal ini sesuai dengan gerakan kaki kita ketika menekan atau melepas pedal kopling.

4. Dreklahar / Bearing Kopling

dreklaher toyota avanza
Fungsinya : Sebagai bantalan untuk menarik atau melepas dekrup sesuai dengan pedal kopling

5. Garpu Kopling / Fork Kopling

Garpu kopling toyota corona
Fungsinya : Sebagai rumah atau tempat dreklaher yang akan bergerak maju mundur sesuai dengan gerakan pedal kopling.

6. Master Kopling Atas


master kopling atas soluna
Fungsi : Meneruskan tenaga hidrolik yang berasal dari minyak ren sehingga dapat menyalurkan tenaga dari pedal kopling ke master kopling bawah.

7. Master Kopling Bawah


master kopling bawah all new corolla
Fungsi : Menerima tekanan dari master kopling atas dan menggerakan garpu kopling untuk mendorong maju dan membebaskan kopling.

Cara Mengetahui Kondisi Kopling Mobil Toyota

diagram kopling mobil toyota
Diagram pemasangan kopling mobil manual

Cara kerja kopling mobil :

Ketika kaki tidak menginjak pedal kopling

Ketika kaki kita tidak menginjak pedal kopling , dengan melihat susunan diatas maka bantalan dekrup akan menekan plat kopling terhadap fly wheel sehingga seolah olah Fly wheel, plat kopling dan dekrup menjadi satu kesatuan. Sehingga apabila fly wheel berputar 10 rpm maka demikian pula dengan plat koplingnya. Dengan cara inilah tenaga dari mesin dapat di transfer ke dalam Gearbox perseneling (melalui as blender) yang pada akhirnya diteruskan ke roda.
cara mengetahui kondisi kopling mobil

Ketika kaki menginjak pedal kopling :

Ketika kaki kita menginjak pedal kopling, maka dreklahar mendorong kuku/ tuas dari dekrup sehingga bantalan dekrup yang menekan plat kopling dan roda gila terangkat. ketika terangkat inilah posisi dikatakan Free / perei. Dimana perputaran dari roda gila tidak di ikuti oleh perputaran dari plat kopling. sehingga tenaga dari mesin tidak sampai pada gearbox perseneleng. Pada saat ini lah perpindahan gigi dari porseneleng dapat dilakukan.Didalam gearbox porseneleng inilah tenaga dari mesin di atur sedemikian hingga sesuai dengan kebutuhan pengemudi melalui rasio gigi.
cara mengetahui kondisi kopling mobil 

Gejala Kopling Mobil mengalami kerusakan : 

1. Putaran mesin rata - rata lebih tinggi untuk melepas kopling. Jika dalam keadaan normal jalan 60km/jam gigi 3 dengan rpm mesin 2000 rpm, tetapi karena plat kopling sudah aus maka rpm yang biasanya 2000 menjadi 3000 rpm pada gigi 3 kecepatan 60km/jam.

2. Ketika mobil berjalan di tanjakan tercium bau gosong dari kampas kopling yang mulai selip atau mobil sudah tidak kuat menanjak.

3. Kopling terasa lebih berat dan mesin menderu ketika hendak jalan atau saat melepas pedal kopling serta kecepatan mobil lambat naiknya atau mungkin yang lebih parah mobil tidak dapat berjalan sama sekali ketika melepas kopling.

Cara cek kondisi kampas kopling mobil :

1. Hidupkan mesin mobil kemudian tarik rem tangan atau handrem,
2. Masukan gigi 1, lepas kopling perlahan (seperti biasanya) kaki kanan dalam posisi menginjak rem dan gas mobil secara perlahan.
3. Jika pedal kopling sudah terlepas tetapi mesin tidak mati maka kampas kopling sudah benar-benar tipis.

Masalah pada kopling mobil :

1. Susah masuk gigi perseneling baik saat mesin dimatikan maupun di hidupkan : hal ini berarti terdapat kesalahan pada sistem mekanik pengoper gigi hal ini dapat berupa tongkat yang sudah oblak, master kopling atas dan bawah yang bermasalah (kalau mobil toyota tertentu masih menggunakan shift cable atau kabel gigi) atau mekanisme pengoper gigi didalam gearbox.

2. Kopling susah masuk gigi hanya pada saat mesin di hidupkan atau dinyalakan, namun mudah jika mesin dimatikan : dalam hal ini ada 2 kemungkinan kerusakan 
A. Kerusakan terjadi pada mekanisme pendorong clutch release bearing yaitu : master kopling atas bawah, atau kabel kopling yang masih menggunakan kabel, Fork/garpu kopling retak,  atau drek lahar itu sendiri yang mengalami kerusakan. 

B. Kemungkinan yang kedua adalah kerusakan terjadi pada Clutch cover atau dekrup, biasanya ada ciri-ciri tambahan jika kerusakan terjadi pada dekrup anda yaitu biasanya akan lebih susah masuk gigi lagi setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh atau kondisi dekrup sudah panas, gigi akan semakin susah di pindahkan.

3. Kopling bergetar saat pertama mau jalan : 60% hal ini terjadi karena Clutch disc atau plat kopling yang sudah aus , 40% disebabkan karena fly wheel sudah bergelombang.

4. Suara mesin besar (rpm tinggi) tapi mobil tidak bisa lari (acceleration kurang) : 80% hal ini terjadi karena platkopling anda sudah tipis, dan lebih parah lagi akan timbul bau "sangit" ketika kita memaksa untuk akselerasi.

5. Pedal kopling ngempos atau harus dikocok terlebih dahulu
Hal ini biasanya disebabkan karena master kopling atas sudah mengalami kerusakan sehingga ketika kita menginjak pedal kopling tidak terdapat tenaga hidrolik (berasal dari minyak rem) untuk mengangkat dekrup kendaraan sehingga dalam posisi pre atau netral.

6. Bunyi Krik-Krik ketika mesin hidup
Bunyi ini disebabkan oleh drek lahar dan bunyinya seperti bunyi jangkrik (krik...krik..) akan terdengar ketika mesin hidup dan akan hilang suaranya ketika kita menginjak pedal kopling. Pada beberapa mobil Toyota tertentu dapat juga terdengar bunyi jangkrik ketika mesin dihidupkan baik ketika kita melepas atau menginjak pedal kopling, bunyi yang berasal dari pilot bearing.

7. Bunyi pada saat jalan dan melakukan penggantian gigi.
Jenis bunyi yang ketiga ini hanya dapat didengar pada saat kendaraan melakukan pergerakan. Bunyi ini berasal dari bearing didalam gearbox anda.

8. Bunyi mendesing pada gigi tertentu
Hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada pasangan gigi yang bunyi tersebut kemungkinan gigi sudah aus atau gompal sehingga memberikan rongga udara yang dapat menimbulkan bunyi mendesing.

Demikianlah beberapa pengetahuan mengenai kopling mobil Toyota, sebaiknya penggantian kopling pada mobil manual dilakukan secara set yaitu penggantian plat kopling, dekrup dan dreklahar secara bersamaan karena ketiga komponen ini memiliki ketergantuan yang erat satu sama lain dan penggantian hanya salah satu dari ketiga komponen tersebut akan menyebabkan rusaknya komponen lainnya dalam waktu dekat dan menyebabkan anda mengalami kerugian ongkos bongkar pasang kopling.

Artikel Terkait:

66 comments:

Anonymous said...

cek kopling :
1. Hidupkan mesin mobil kemudian tarik rem tangan atau handrem,
2. Masukan gigi 1, lepas kopling perlahan (seperti biasanya) kaki kanan dalam posisi
menginjak rem dan gas mobil secara
perlahan.
3. Jika pedal kopling sudah terlepas
tetapi mesin tidak mati maka kampas
kopling sudah benar-benar tipis.

-mau tanya berarti injek gas nya pakai kaki kiri yah ?

Unknown said...

posisi kaki kanan sama ketika sedang tanjakan. menginjak rem dan gas secara bersamaan menggunakan kaki kanan dek.... :P

Unknown said...

tanya nih gan: bunyi krik..krik... seperti gesekan besi saat kaki di lepas dr pedal kopling apa yg harus di ganti gan????
nuhun....

Unknown said...

bunyi jangkrik ini ketika menginjak kopling hilang yah kang ?
kalau hilang ketika menginjak kopling berarti ada kerusakan pada dreklaher mobil, entah itu karena aus atau karena pemasangan yang tidak simetris...

solusi : turun kopling mobil kembali dan melakukan penggantian dreklaher

Unknown said...

saat gigi ditambah ada sendatan sendatan saat gas ditambah....masuk gigi 2,3......saat melaju ...tidak gejala apa itu gan?

Unknown said...

saat gigi ditambah ada sendatan sendatan saat gas ditambah....masuk gigi 2,3......saat melaju ...tidak gejala apa itu gan?

Unknown said...

Mau tanya pak!
1. Ketika gigi 2, kalau gas ditekan cepat, maka kembali ke gigi netal secara tiba2.
2. Kalau kopling di tekan lama pada saat masuk gigi, maka kopling hilang sehingga mobil jalan terus. Rusaknya dimana ya pak?

Unknown said...

dibantu yah bro :
1. Ada baiknya coba ganti oli transmisi mobilnya terlebih dahulu, ketika penggantian, lihat apakah ada serbuk2 besi di dalam transmisi karena ada indikasi seperti gigi-gigi transmisi yang mulai rontok di dalam gear box..
2. terakhir kali penggantian kopling kapan? ini indikasi yang menunjukkan dekrup mobil sudah mulai termakan dan membutuhkan penggantian spare partnya

melan said...

mau tanya ...nih
mobilku habis buat mudik tiba tiba aja nggak bisa jalan , ketika injak kopling mobil hanya nggereng aja , nggak mau jalan .....terpaksa deh mobil di tiipkan , dan pulang harus pakai taksi .....coz nggak ada bengkel buka di hari raya . kira kira pa ya penyebabnya ....oh ya ...pas mudik jalanan macet ....

Pamungkas Nunchaku said...

nanya gan.. estimasi biaya nich.. untuk great corolla'92 bila di ganti penuh pakai part ori {toyota} sampai berapa ya? thx gan..

Unknown said...

untuk great corolla ada 2 pilihan kopling set :
1. Original toyota Indonesia : Rp 950.000/set
2. Original Toyota Japan : Rp 1.250.000/set
perbedaan tentu saja di pabrikasi pembuatan, ketahanan plat kopling dan tentu saja tarikan pertama yang lebih bertenaga bila menggunakan yang japan.

Pamungkas Nunchaku said...

mantap dan sangat berguna bagi saya gan.. informasinya. sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terima kasih atas pencerahannya.

R3PRO said...

Lg jalan di tol cipularang..masuk gigi4..tiba tiba loncat netral...soluna ane.kira kira apa yg kena ya boz?

Unknown said...

sama-sama om danna

Unknown said...

coba diganti terlebih dahulu oli gearbox / transmisi, ketika penggantian lihat apakah ada serbuk-serbuk besi halus, apabila ada serbuk halus maka ada indikasi bahwa ring syncromize dan gear pada gearbox bermasalah..

penggantian kopling set terakhir kali kapan yah ? bisa jadi karena kopling yang sudah melewati usia 100.000km, tapi kalau langsung loncat netral kemungkinan besar permasalahan pada gearbox

Anonymous said...

pak ridwan kopling saya sempet di setting ulang sm montir krn terlalu jauhh dari gigi 1 sering loncat,,,stlh setting jln kenceng penuh tenaga..tp skrg kumat jauh lg dan klo dari gigi 3 untuk 60km aj msk 3200rpm klo mau pindah ke 1 itu susah sekali,,dr gigi 2 pun spt itu apakah itu mslh sdh pada set koplingny?

montir nyaranin ganti sekalian koplingny 1 set krn memang sdh aus,,trus jg smpt tercium batu karet terbakar apa memang sdh wktny kah kopling ini di ganti atw gmn?

mohon bantuannya terima ksh..

Pamungkas Nunchaku said...

Permisi gan... nanya-nanya lagi nich.. greco'92 saya ini, beberapa waktu yang lalu, begitu di START kok ngambek nggak mau hidup.
Padahal, semua kelistrikannya normal, lampu utama, lampu sein, klakson, semua hidup. Tapi begitu saya start ada bunyi CLEEEK... sekali tapi belum juga mau hidup,
Tempo hari sempat saya ganti baru, spool dinamo starter dan gulungan dinamo amphere.
mohon pentuahnya nggih gan,, matur suwun.

Unknown said...

Kalau sering loncat seperti itu ada 2 kemungkinan besar pak Rahmat :
1. Dekrup yang sudah lemah sehingga ketika kita menginjak kopling, kopling tak sepenuhnya tertahan dan mengakibatkan pindah gigi.
2. Bagian gearbox yang sudah aus untuk bagian gigi2 dan ring synchromze.

Tetapi karena ada bau aus yang tercium, ada kemungkinan plat kopling yang cepat aus dari semestinya, hal ini dikarenakan point 1 sehingga semestinya dekrup dalam keadaan diam dan mengunci plat kopling ketika diinjak. ini dalam keadaan gerak sehingga plat lebih cepat aus..

Jangan lupa ketika melakukan pembongkaran untuk melihat kondisi flywheel / gigi gendeng, takutnya terkena efek dari dekrup yang mulai aus

semoga membantu

Unknown said...

Cek terlebih dahulu adakah soket yang terlepas ? Kedua cek bagian sekring terlebih dahulu apakah ada yang putus. Terakhir, cek apakah pemasangan spool pada dinamo stater berfungsi seperti semula, ada kalanya spool yang diganti merupakan kanibal ataupun menggunakan barang parts dari china sehingga mudah hangus.

Apabila semua dalam keadaan bagus, kemungkinan terakhir adalah fuel pump...Caranya buka sedikit di rel injektor sambil stater, apakah bensin menyembur masuk ke injektor....

EZ ADVANTRIP said...

bukannya saat tanjakan kita megang rem tangan lalu kaki kanan injak gas dan kaki kiri lepas kopling?
lantas bagaimana caranya kaki kanan kita minginjak gas dan rem saat bersamaan? apakah posisi kaki kita membentuk horizontal untuk menginjak kedua pedal tersebut? ._.

EZ ADVANTRIP said...

permisi mau nanya nih mobil saya saat gigi1 & dinaikan rpmnya dari 1000-2500,lalu trun lg hingga antara 1500-2000rpm tanpa menaikan gigi k gigi2 secara stabil akan terasa ajut-ajutan.penasaran dng msalah itu saya bertanya-tanya kpada orang lain dan jawaban yg paling masuk akal bagi saya adalah "pengaruh dari hidupnya AC mobil" apakah itu benar? atau pengaruh dari kopling mobil?

terimakasih bila ada yg menjawab :)

Unknown said...

Kalau seperti ini memang agak susah dideskripsikan dengan kata-kata... Tapi ketika tanjakan, pernah mendengar istilah setengah kopling ? sebenarnya gak bersamaan juga sich, tapi biasanya ujung kaki kanan menekan rem, sambil digas perlahan dengan bagian belakang kaki kanan...

Mungkin sering dibilang teknik dasar kaki ketika drifting atau shalom.

Unknown said...

mobilnya toyota apa nich bro ? Benar dengan pernyataan yang diberikan teman2, logika dasarnya ketika mencapai suhu tertentu, kipas ac akan menyala sehingga voltase mobil mengalami lonjakan, tetapi lonjakan ini biasanya diback up dengan fungsi pada idle up ac. kalau rpm turun tiba2 itu biasa karena idle up ac yang sudah mulai kena.. tapi untuk mobil di atas tahun 2000 toyota, fungsinya sudah digantikan dengan ISC yang terletak di thorthle body dan disetting ulang pada bengkel resmi..

EZ ADVANTRIP said...

toyota avanza tahun 2011 model lama yg ga banyak dekokan pada body, jadi intinya pengaruh AC ya?? trimakasih udah menjawab :)

Anonymous said...

Pak Ridwan, Saya pemakai toyota corolla 98. Dalam kondisi macet ditanjakan, masuk gigi 1 terasa mobil bergetar saat kopling di lepas. Apakah ini gejala plat kopling rusak atau dekrupnya. Terima kasih

DytaGrosir.Com said...

Terima kasih banyak Gan atas pencerahannya. Sangat bermanfaat !

Unknown said...

Klo masalahnya sulit oper gigi buat mundur, apa penyebabnya mas?? Sdh dibawa ke bengkel service rutin hanya berubah sebentar aja tp kesininya suka sulit lg

sony said...

Mau nanya mobil acanza velloz saya pas jalan tanjakan kok tiba2 bau sangit ya..saya bau dari arah aki ma radiator kira2 kenapa ya...

Unknown said...

Mas, Kijang 5K '90 sy mulai rewel stlh jln jauh dr Pekanbaru ke Bukit Tinggi PP, penuh tanjakan, turunan n tikungan. Muatan penuh, 9 dewasa + 2 anak2, macet lg. Sampai di rmh, besoknya sy jln lg tp mobil bermasalah, masuk gigi 1 susah banget, oper ke 2 keras, gak mau masuk. Gigi 3 jg macet. Kopling sy kocok2 baru mau masuk, itupun terdengar bunyi besi berlaga. Mobil mau lari tp 'ngeden', apalagi ditanjakan. Mohon pencerahannya karena gigi suka netral saat jalan n gak bisa pindah gigi (macet/keras).

Jimmyjin said...

mau tanya nih... mobil ane great corolla!!! kl pagi susah bener di starter terus baru hidup sebentar langsung mati.. trs kl jalan mobil langsung kaya ngadat/ tenaga hilang dan kemudian stabil lagi itu terjadi pada saat mobil jalan langsam... kira2 kendalanya dmn ya bos

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Mau tanya gan....? Mobil sya rush taun 2007... 6 bulan yang lalu saya ganti kopling, matahari, dreklahar/clahar.... nah akhir2 ini kopling kadang keras ngak bisa nekan kayak ada yang mengganjal..sya biarkan sbentar sya coba tekan yang wlaupun keras skli lama bisa dan normal lgi... sudah di cekh ke bankel ngak ada maslah kata... selang seminggu lagi terulang lagi seperti gejala awal.... apa yang harus dilakukan ap harus bongkar gerbox lagi untuk cek ulang ato ada yang harus di ganti...? Maksih gan sbelumnya.

Unknown said...

Tanya nih pak, mobil sy innova g thn 2006. Setiap injak pedal kopling terdengar bunyi jangkrik, tetapi bila kopling dilepas bunyi itu hilang. Apakah yg jd penyebabnya y pak? Ada teman bilang klo dreklahar nya udah kena. Mohon infonya y pak. Trims

Unknown said...

Tanya nih pak, mobil sy innova g thn 2006. Setiap injak pedal kopling terdengar bunyi jangkrik, tetapi bila kopling dilepas bunyi itu hilang. Apakah yg jd penyebabnya y pak? Ada teman bilang klo dreklahar nya udah kena. Mohon infonya y pak. Trims

Unknown said...

Tanya nih pak, mobil sy innova g thn 2006. Setiap injak pedal kopling terdengar bunyi jangkrik, tetapi bila kopling dilepas bunyi itu hilang. Apakah yg jd penyebabnya y pak? Ada teman bilang klo dreklahar nya udah kena. Mohon infonya y pak. Trims

Unknown said...

Avanza 2006 saya setelah ganti kampas kopling menjadi terlalu lembek, kayak ga ada koplingx, sudah ganti kabel kopling dan sudah ∂Ä« stel tapi bagus sehari setelah itu balik lagi ke kondisi awal kayak ga ada koplingnya..dan ketika perpindahan gigi menjadi sulit lagi, (jerryparidy@gmail.con) terima kasih

Unknown said...

Klo pake corolla dx atau mobil klasik bru ngerti.. apalagi yg rem tangannya udh blong.. klo make mbil yg msh normal smuannya beda critax. Hehehe

DODO said...

sore pak ridwan
mohon diinfo kira" berapa harga gear box untuk soluna,
saolnya kemarin habis dibongkar katanya sdh pd aus, eh sekarang
gigi 4 loncat ke netral

maturnuwun

Kebenaran said...

Toyota avanza veloz saya kok baru Jalan 50000 km sudah 3 kali ganti kanvas dan matahari. Kenapa penyebab utamanya ya. Tks

Unknown said...

Permisi pak mw tnya ni mbil hilux double kan sdh di ganti plat kopling.. matahari sama bearing nya knp kok waktu msuk kan gigi msh susah...? Mohon petunjuk nya. Terima kasih

Amar said...

2. Masukan gigi 1, lepas kopling perlahan (seperti biasanya) kaki kanan dalam posisi
menginjak rem dan gas mobil secara
perlahan.

ini injak rem dan gas nya bersamaan om ?

My biz said...

mobilku escudo2.0i tahun 2001, tiap oper gigi ( semua gigi ) muncul suara "crek..crek " ( seperti kering gitu ). Oli transmisi dah saya ganti tapi tetap bunyi itu muncul. Mohon bantuan Pak, kira-kira bagian mana yang bermasalah dan bagaimana solusinya ?. terimakasih.

Unknown said...

mau nanya gan? mobilku bunyi krek...krek pada saat nanjak.padahal udah ganti oli transmisi,oli mesin,oli gardan,saringan udara,dan tune up.kalau pada kampas kopling ga masalah gan.masalahnya dimana ya gan? thanks

ibnuabisyam said...

Assalaamu'alaikum,.
Jazakallahukhoiroo..

berbagiperistiwa said...

misi gan..mau nanya saya pake corolla ae92, 1. sebelumnya saya pake mesin langsam dan jalan meskipun kopling dan gas tidak diinjak setelah masuk gigi1 normal gak? 2 setelah digunakan bbrp waktu, mesin jd gak langsam dan stelah dinyalain lgsg mati, kalo mau hidup terus mesti digas, kira2 apa penyebabnya ya?( digunakan di tempat banyak debu dan pasir)..

Unknown said...

misi pak mau tanya sy punya kijang super'87.saat digigi4 dan 5 mesin dan bodi bergetar,jika makin digas getarannya makin kuat,juga agak berdengung..itu penyebabnya apa ya..mohon infonya ..makasi

Unknown said...

Mlm bro... Tanda2 Kampas kopling innova bensin Matic suda habis gimana ya? Kalau ganti set kena brp ya biayanya? Ty

Unknown said...

Mlm bro... Tanda2 Kampas kopling innova bensin Matic suda habis gimana ya? Kalau ganti set kena brp ya biayanya? Ty

Unknown said...

tanya dong bos...mobil saya kenapa yah pas lagi jalan saat hujan,pas ngelewati genangan air, koplingnya langsung rendah sendiri, trus ntar kalo udah jalanan kering lagi beberapa saat koplingnya kembali normal, di tambah lagi pas kalo jalan jauh, mesin panas koplingnya tinggi sendiri..???

Livestream said...

Mau tnya om, mbil kijang kpsul efi ane getar saat prtma x di injak gas, getar gilang saat rpm naik dan itu trjadi saat posisi netral dan masuk gigi..
Mohon jawabannya ya om.. thx

Unknown said...

Assalamualaikum. Pak ridwan mobil saya soluna 2001. Mau tanya , yg pertama saat masuk gigi 3 susah bahkan hampir tidak bisa seperti gak nyantol dan ada bunyi grok..grokk..grokk..saat masuk gigi 3.
Kedua. Setelah tancap gas lalu gas saya lepas mobil enjut-enjutan disertai bunyi nguk..nguk..nguk.. Kenapa ya pak? Tolong dijawab. Makasih.

Unknown said...

Assalamualaikum. Pak ridwan mobil saya soluna 2001. Mau tanya , yg pertama saat masuk gigi 3 susah bahkan hampir tidak bisa seperti gak nyantol dan ada bunyi grok..grokk..grokk..saat masuk gigi 3.
Kedua. Setelah tancap gas lalu gas saya lepas mobil enjut-enjutan disertai bunyi nguk..nguk..nguk.. Kenapa ya pak? Tolong dijawab. Makasih

Unknown said...

Mobil dihidupin Ada bunyi krik krik dan bila pijak kopling bunyinya hilang, jika kita terlambat memperbaikinya apa pengaruhnya

Unknown said...

Mobil dihidupin Ada bunyi krik krik dan bila pijak kopling bunyinya hilang, jika kita terlambat memperbaikinya apa pengaruhnya

Abu Azzam Al fatih said...

Mohon dibantu penjelasannya ya gan, salam...

Abu Azzam Al fatih said...

Mobil sy yaris 2010, kalo gigi 1 suka endut endutan gitulah bahasanya...hehehh... terkadangpun di gigi 2 putaran bawah suka bunyi klotokan clep... harus gantung peda/klos tuk mengatasinya. Mengganggunya saat di kemacetan, busi sdh sy ganti pake toyota punya, minyak sy pake terkdang premium or pertalite. Kalo putaran atas sih ok. Kira2 apa ya gan?? Mohon penjelasannya. Tx

Unknown said...

Kemana bung ridwan kok ga ad balasan

Unknown said...

mau tanya Pak Ridwan mobil saya toyota Dyna 130 ht tahun 2010 saya punya masalah ketika berjalan awalnya gigi 2 susah masuk apalagi saat berhenti dilampu merah, kemudian sekarang gigi 2 tersebut jadi mudah dimasukan tanpa disevice tapi ganti gigi 4 yang susah masuk kalau masuk malah bunyi grook, apa yang rusak ya pak, apa mesti saya turun gearbox. terimakasih pak

Unknown said...

Pak saya mau bertanya, jadi mobil saya itu Nissan Terrano 2001. Jadi setiap saya tekan atau melepaskan kopling setelah pergantian gigi atau pun tidak, selalu ada bunyi seperti besi yang saling bergesekan, dan kalau maju dalam keadaan menanjak selalu ada bunyi kretek secara terus menerus...kira-kira bapak tahu tidak berapa biaya nya, dan apa yang harus diganti?? Terima kasih...

Unknown said...

Pak saya mau bertanya, jadi mobil saya itu Nissan Terrano 2001. Jadi setiap saya tekan atau melepaskan kopling setelah pergantian gigi atau pun tidak, selalu ada bunyi seperti besi yang saling bergesekan, dan kalau maju dalam keadaan menanjak selalu ada bunyi kretek secara terus menerus...kira-kira bapak tahu tidak berapa biaya nya, dan apa yang harus diganti?? Terima kasih...

Unknown said...

Pak saya mau bertanya, jadi mobil saya itu Nissan Terrano 2001. Jadi setiap saya tekan atau melepaskan kopling setelah pergantian gigi atau pun tidak, selalu ada bunyi seperti besi yang saling bergesekan, dan kalau maju dalam keadaan menanjak selalu ada bunyi kretek secara terus menerus...kira-kira bapak tahu tidak berapa biaya nya, dan apa yang harus diganti?? Terima kasih...

Unknown said...

Perseneling toyota dina rino 130 ht.apakah bisa di kawinkan dgn 4x4 toyota hardtop

Unknown said...

Perseneling toyota dina rino 130 ht.apakah bisa di kawinkan dgn 4x4 toyota hardtop

arka_blog's said...

Salam kenal pak Ridwan, saya ada pertanyaan tentang permasalahan di transmisi, mobil saya innova 2006 manual transmisi, pada saat akan menjalankan mobil di gigi 1 ada seperti goncangan pada tuas persneling, saya berasumsi kemungkinan kampas kopling yang sudah aus, namun setelah kampas kopling 1 set saya ganti penyakit tersebut belum sembuh juga, lalu saya beranggapan fly wheel yang tidak rata, karena saya tidak nyaman saat berkendara maka selang 2 hari saya ganti fly wheel tersebut...al hasil penyakit belum sembuh juga. Mohon pencerahannya apa yang harus saya perbaiki lagi, mengingat saya sudah tidak nyaman menggunakan mobil yang pada waktu jalan setelah melepas pedal kopling berlahan-lahan timbul getaran pada tuas tersebut, dan bila ada rekomendasi saya harus ke bengkel mana saya akan turutin.

D&D news said...

mobil sy bergetar masuk gigi 1 tp itu pada saat mesin sdh panas sj.kira2 yg rusak apanya ya?

Unknown said...

Mobil saya agya,sma ad bunyi jangkrik jg..klo kopling d injak,bunyi ilang..apa sma tu jga dreklaher nya? Brp biaya gnti dreklaher agya?

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --