Cara Mengatasi Check Engine Nyala

cara mengatasi check engine nyala

Check Engine nyala ? Berikut ini adalah cara mendeteksi kerusakan elektrikal mobil melalui cara Diagnostic On Board (OBD) adalah salah satu metode yang paling ampuh di dalam menentukan spare part mana yang memerlukan penggantian sehingga mobil Toyota menjadi normal kembali. Pada mobil Toyota tahun '90 an masih menggunakan diagnostic manual, dalam arti : kerusakan spare part elektrikal belum dapat terdeteksi melalui software komputer layaknya mobil Toyota sekarang ini. Ciri perawatan mobil Toyota yang masih menggunakan sistem Diagnostic On Board ditandai dengan adanya kotak diagnosis manual yang terletak di bawah kap mesin mobil Toyotanya seperti toyota Soluna, Toyota Great Corolla, Toyota All new Corolla.

Diagnostic on Board sangat dibutuhkan ketika mobil kita tiba-tiba mati total padahal sebelumnya masih baik-baik saja (hal ini sangat sering terjadi) atau bagi para pencinta mobil toyota yang ingin mengecek apa penyebab mobil menjadi brebet. Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan Diagnostic on Board cukup simple yaitu hanya kabel pendek dengan terminal yang dimodifikasi seperti berikut :

diagnostic on Board manual
Peralatan yang dibutuhkan

Cara Mengatasi Check Engine Nyala

1.Diagnosis Normal Mode (DNM) :

Pada Diagnostic Normal Mode, yg dibutuhkan hanyalah menjumper diagnostic box dengan melihat stiker yg tertempel dibalik diagnostic box. Pasanglah kabel tersebut, pada kode TE1 + E1.
Kondisi mesin mobil boleh dinyalakan ataupun hanya ignition ON saja (posisi kunci kontak ON, tp mesin tidak dinyalakan).
Diagnostic akan mendeteksi kerusakan melalui kedipan lampu pada lampu check engine speedometer kita. Diagnostic Normal Mode ini akan memonitor 15 items dalam mobil Toyota kita.

2.Diagnosis Test Code (DTC) :

Biasanya dalam Diagnosis Normal Mode banyak item penyebab mobil mogok total tidak terdeteksi, sehingga masih menyebabkan check engine nyala, kita beralih untuk mengecek mobil dengan cara diagnosis test code Karena dalam keadaan mati, diagnosis test code ini mencangkup 3 kode penting yang akan dicek secara langsung : 
  • Kode 22 : Temperatur Engine coolant tetap pada suhu 80 derajat celcius (apakah mobil overheating atau tidak?)
  • Kode 31 : Waktu pengapian tetap pada 50 sebelum TMA dan tekanan absolut manifold tetap pada 46,7 kPa. (Apakah pengapian mobil normal ?)
  • Kode 41 : Throttle position tetap pada 0  (apakah sensor-sensor yang di Throttle Body dalam keadaan normal yang biasanya berguna untuk pengaturan udara masuk)
Jika salah satu dari kode ini terdeteksi ketika kita melakukan Diagnostic on Board maka secara otomatis ECU akan mengubah mobil ke mode fail safe.Dan sama seperti komputer yang dapat dijalankan melalui safe mode, mobil tetap dapat dijalankan melalui safe mode untuk melihat lebih dalam kerusakan apakah yang terjadi.

Pastikan sebelum DTC dimulai, Throttle Valve tertutup, Seluruh switch aksesoris mobil dalam kondisi OFF, dan transmisi pada posisi parker / netral.
Kode yg harus dijumper untuk DTC ini adalah TE1 + TE2 + E1 kemudian kunci kontak diputar pada posisi ON saja (mesin mobil jgn dinyalakan dahulu), seperti pada gambar ini:

Cara menjumper kabel untuk mendiagnosis mobil
Rangkai kabel yang di jumper seperti ini
Setelah menjumpai trouble code pada saat DTC, kemudian nyalakan mesin dan coba test jalan sebentar. Saat ini, ECU telah mengoperasikan Fail Safe Mode. Jika kecepatan kendaraan adalah 5 km/jam (3mph) atau kurang, kode trouble diagnosis 42 (Signal kecepatan kendaraan) akan dimunculkan, dan ini normal.

Untuk kembali ke normal mode setelah pengetesan silahkan mematikan mesin dan cabut kabel jumper tersebut.Setelah memperbaiki area permasalahan dari trouble code tersebut, ECU akan tetap menyimpan kode trouble diagnostic tersebut pada memorinya dan untuk menghapus kode troublenya, silahkan mencabut sekring EFI pada fuse box atau mencabut kabel negative accu selama ± 10 detik. ECU akan kembali kepada Normal Mode.

Sedangkan untuk mendeteksi kodenya setelah dijumper seperti gambar diatas, dapat dilihat pada lampu check engine speedometer, seperti gambar dibawah ini: 

mengatasi check engine mobil menyala
Perhatikan kedipan pada check engine
Setelah mengetahui cara manual melakukan Diagnosis on Board yang dipersembahkan oleh rekan-rekan di Toyota Soluna Community , tentu tidak lengkap apabila tidak diajarkan cara membaca kedipan lampu check engine sehingga ilmu Diagnosis on Board secara manual menjadi lengkap dan berguna.

Cara membaca check engine ketika sedang melakukan Diagnosis on Board  :

1.Setiap kode umumnya terdiri dari 2 digit seperti 12, 14, 16, 22, Dll

2.Maksud dari 14 itu bukan berarti check engine kedap kedip sebanyak 14 kali, apabila seperti ini bisa kelewatan ketika kita mencoba menghitungnya dan yang ada malah salah hitung terus.

3.Digit pertama biasanya ditandai dengan kedip check engine yang lebih pelan.misalkan digit pertama adalah 1, maka check engine akan berkedip pelan selama kurang lebih 0,5 detik sebanyak 1 kali

4.Setelah itu diikuti dengan kedip lampu check engine yang lebih cepat untuk angka di belakangnya misalkan angka 6 maka check engine akan berkedip secara cepat sebanyak 6x.

5.Dan setelah menunjukkan angka 16 (dalam kasus di atas) atau satu trouble code maka check engine akan mati selama kurang lebih 1 detik dan akan melakukan pengulangan kedipan kembali untuk trouble code 16.Tetapi apabila trouble code lebih dari satu maka check engine akan berkedip menunjukkan trouble code baru.

Misalkan :
Kode 16 : kedipan panjang 1x diikutin dengan kedipan cepat selama 6x,
Check engine akan mati selama 1 detik setelah itu,
Kode 22 : kedipan panjang 2x diikutin dengan kedipan cepat selama 2x,
Check engine akan mati selama 1 detik setelah itu,
Kembali menunjukkan kode 16 dan terus melakukan pengulangan untuk 2 kode diata
Bagaimana bila ada 3 kode atau 4 kode ? maka akan terjadi pengulangan ke awal setiap 3 atau 4 trouble code yang telah ditunjukkan kepada kita.

List trouble code Diagnostic on Board (OBD I) untuk mobil Toyota :

Code 11 Momentary interruption in power supply to ECU (electronic control unit or computer) up to 1991
Code 12 Engine revolution signal missing : Masalah di Delco
Code 13 Rpm signal to ecu missing above 1000 rpm : Masalah di Delco 
Code 14 Igniter signal to ecu missing : Masalah di sirkuit pengapian
Code 16 A/T control signal missing from ecu : Masalah di sensor Matic
Code 21 Main oxygen sensor signal fault : Masalah di Sensor Oksigen
Code 22 Water temperature sensor circuit fault : Masalah di Thermostat
Code 23 and 24 Intake air temperature signal fault : Masalah di Mass Air Flow Sensor
Code 25 Air/fuel ratio LEAN : Masalah di sensor CO
Code 26 Air/fuel ratio RICH : Masalah di sensor CO
Code 27 Sub-oxygen sensor signal or heater circuit fault : Masalah di sensor oksigen
Code 28 No.2 oxygen sensor/heater signal fault : Masalah di sensor oksigen
Code 31 and 32 Air flow meter circuit or Vacuum sensor signal fault : Masalah di MAP / Vacuum sensor
Code 34 and 36 Turbo-charging pressure signal fault
Code 35 Altitude compensation sensor signal fault : Masalah di Throtlle body
Code 41 Throttle position circuit fault : Masalah di sensor TPS
Code 42 Vehicle speed sensor circuit : Masalah di Sensor Speed / Kabel Speedometer
Code 43 No starter signal to the ecu : Masalah di Dinamo Stater
Code 52, 53 and 55 Knock sensor fault : Masalah di Knock Sensor
Code 71 EGR system malfunction : Masalah di Knalpot / Exhaust
Code 72 Fuel cut solenoid signal fault : Masalah di selenoid karburator
Code 78 Fuel pump control signal fault : Masalah di Fuel Pump
Code 81, 83, 84 and 85 TCM communication fault : Masalah di Transmisi mobil

Semoga artikel kali ini dapat membantu rekan-rekan sekalian di dalam mengdiagnosis kerusakan elektrikal pada mobil Toyota kesayangannya.Check engine mobil menyala ? sekarang kita dapat mencoba terlebih dahulu mengatasinya dengan Diagnostic On Board (OBD I) secara manual sebelum melakukan penggantian.

Artikel Terkait:

98 comments:

Unknown said...

SENSOR ECU NYALA DIRESTAR LG MELALUI COPOT KABEL AKI TAPI NANTI NYALA LAGI, PENRTANYAANNYA APAKAH ECU NYA RUSAK YA BOSS TRIMS

Unknown said...

Kalau ECU rusak atau bermasalah pasti mobil tidak dapat hidup ataupun hanya berjalan pelan (tidak lebih dari 30km/jam) pada beberapa mobil karena ECU adalah otak dari mobil tersebut.

Ada beberapa bagian yang tidak dapat direset manual

Unknown said...

bermanpaat sekali buat saya terima kasih ...!

Diedick said...

Salam kenal brow,saya punya mitsubishi airtrex th 2001.saya punya masalah begini brow,mobil di scan semuanya okmulai dari egr,airflow,saringan minum udah dibersihin,busi baru,tapi lampu engine nyala, direset mati tu lampu,untk jalan sebentar aja hidup lagi,dan juga pada pertengahan gigi gak ada tenaga
apa solusinya, minta bantuannya, trima kasih..........

Unknown said...

ketika direset dilakukan di bengkel resmi atau biasa saja ?
sepertinya ada masalah di re-maping ECU alias komputernya..

Diedick said...

Mau tanya lg bos, tentang mitsubishi airtrex sekarang masalah dikipas bos, kunci on kipas langsung hidup duluan kan harusnya kipas hidup otomatis ngikuti panasnya mesin.terima kasih.

Unknown said...

untuk mobil mitsubihsi airtex, terus terang saya kurang paham mengenai masalah ini, tapi sebaiknya dicek terlebih dahulu apakah ini bawaan mobil atau tidak karena pada mobil Honda Cielo, kipas nyala terlebih dahulu ketika posisi on dan kipas tidak segera mati meskipun kita mencabut kunci mobil. Bisa saja airtrex dirancang seperti ini, makanya harus diteliti lebih lanjut.

apabila bukan bawaan mobil, berarti ada jumper yang pernah dilakukan pada bagian sekring fan dan mematikan fungsi dari switch fan yang dilakukan oleh mekanik atau tukang radiator sehingga posisi kipas hidup terus menerus.

semoga membantu

KO2MOER said...

met malem bang, mhn pencerahan, mobil vios ku check enginenya nyala, menurut diagnosanya computer katanya sensor 02nya yg bermasalah. mau diganti tapi harganya mahal banget di auto 200 sekitar 1,2 jt per unit..padahal ada dua sensor di saluran pembuangan mesin... coba saya tukar sensor belakang ke bagian depan dan sebaliknya... tp masih tetap nyala juga walau sudah sy reset manual dgn melepas accu...
pertanyaan saya gimana cara mengetahui sensor mana yg error dr dua sensor yg ada tsb....
apa diagnosis tsb pasti benar yg menyebabkan check engine menyala? khan masih banayak sensor2 yg lain yg bs mengakibatkan check engine menyala..
apa ada cara agar chek engine mati tanpa harus mengganti sensor yg relatif mahal utk mobil yg sudah berumur tsb?

Unknown said...

sensor oksigen pada mobil vios memang seringkali bermasalah, apalagi kalau yang digunakan adalah mobil limo itu sendiri. Harganya sendiri memang mahal dan jarang yang melakukan penggantian sehingga didiamkan saja kerusakan tersebut karena memang sensor oksigen hanya mengatur pada pembuangan di knalpot...

Diagnosis memang dilakukan oleh komputer dan tidak dapat pasti bagian mana yang rusak, tetapi untuk sensor 02 biasanya mengalami kerusakan pada dua bagiann tersebut sekaligus, hal ini dikarenakan kerja sensor yang saling berkaitan satu sama lain

Unknown said...

Bos singkat padat aja yah mobil ane vios 2008 chek enginenya nyala trus mesin ga ada masalah ternyata stelah di scan kendala ada di sensor o2 nya yg saya mautanyakan jika blm di ganti sensor 02 nya akan ada timbul masalah ke ug lain tidak yah,soalnya ane blm cukup dokunya

Unknown said...

Bos singkat padat aja yah mobil ane vios 2008 chek enginenya nyala trus mesin ga ada masalah ternyata stelah di scan kendala ada di sensor o2 nya yg saya mautanyakan jika blm di ganti sensor 02 nya akan ada timbul masalah ke ug lain tidak yah,soalnya ane blm cukup dokunya

Unknown said...

Menurut pengalaman sumber berkat selama ini yang notabene banyak mendapatkan pasien mobil limo alias vios ex taxi. Mereka juga sangat sering mengalami permasalahan pada sensor 02 dan seringkali didiamkan hingga sekarang tetapi tidak ada masalah lain yang terjadi karena memang fungsi sensor 02 hanya untuk mengatur pembuangan pada saluran exhaust sehingga tidak berpengaruh ke tempat lain.

Unknown said...

Tp bos terkadang ketika malam hari pasang ac lampu dll saat di gas kadang mobil ngajret dan gas lama naik nya spertikempos apa itu efek dari sensor oksigennya jg bos?

Unknown said...

apakah bila tidak menyalakan ac dan lampu gas tidak kempos ? kalau tidak kempos dan ketika malam saja, ada cobanya menambahkan grounding atau massa ke mesin.

Unknown said...

Grounding/masa ke mesin maksudnya gmna pak

Unknown said...

Grounding/masa ke mesin maksudnya gmna pak

Unknown said...

bisa di baca di salah satu artikel terbaru blogtoyota.com tentang cara menambahkan ground pada mobil

Unknown said...

Great saya chek enginenya nyala terus.. Pada saat jalan mendaki atau melewati kendaraan di depan pedal gasnya diinjek tapi mobilnya gak ada tenaga. Kenapa ya? Apa pengaruh dari chek enginenya nyala

Unknown said...

Langsung gan, mau nanya saya punya corona 2000 ex saloon th 1990, setiap mesin panas pasti sulit distarter dan stasionernya jadi naik turun apa penyebabnya? Apakah benar dari MAP Sensornya terima kasih

Unknown said...

goood artikel copy ah... thank kyu

Swandra74 said...

om, greco saya check engine nyala saat mesin nyala dan check engine mati saat kontak di ON(kebalikan dari nromal), terus ada suara berisik di arean intake manipole...kira problemnya apa yah?thx

Unknown said...

kode-kode diatas berlaku untuk semua toyota pak ya termasuk avansa type g

Unknown said...

om, mau tanya fungsi tombol disamping kiri handrem untuk apa ya,

Unknown said...

cabang SB di Semarang dimana om makasih atas bantuannya

SMH Service Maintenace Host said...

Terima kasih info sangat membantu, saya punya soluna 2001 ignition lamp tidak menyala dan sekring ign selalu putus bila diganti ada short dimana Ya? terima kasih

Unknown said...

kalo cara mengatasi cek engine inova/pajero sport menyala gmana tuh bos?

luxm4n said...

Met siang gan...temen ane MILnya menyala. dah ganti trotle, rotak dan ECU masih saja menyala. Tandanya Gas tinggi, indikator menyala dan jika di gaspol hanya naik sedikit....Mohon pencerahannya gan. Kasian temen ane dah abis banyak...Mobil
Temen ane Innova E 2008.

a said...

gan saya punya vios/limo exs/ taksi tahun 2005. lampu speedometernya mati. apa masih bisa diperbaiki? untuk indikator lain seperti cek engine dll hidup. kalo odometer diganti kira kira garganya berapa?

Unknown said...

Om..mau tanya, aki vios 2004 saya drop kemudian saya charge sesudah di chrage sekitar 2 harian saya pasang ke vios saya..tetapi mesin tidak mau hidup hanya cengenges cengenges aja...masalah nya apa ya Om. Tks

Tri Yugo Hadi said...

Gan ...saya yugo dari bondowoso jawa timur.begini gan saya punya bengkel di rumah,tp bengkel tsbt hanya menerima mobil2 tua.maksud saya bisa agan bantu saya untuk mencarikan alat2 scaner yg bisa mendeteksi smua jenis kendaraan.mohon bantuannya gan.ni hp saya jika ada barangnya langsung call me.081913345566/08123455595

Unknown said...

Gan....saya punya vios 2004 ex txi..spidometernya mati....bgai mna cara mghidupkan kembli....apa ada komponen yg hrus diganti..mohon saran nya gan

Anonymous said...

Agan agan sory ni.. Mobil ane soluna 2003 ex taxi. Mobil ane kq klo jejek gas di tol indikator nya sering nyala di atas speed 100km/h?? Trus klo lgsg narik kebut indikator chech engine nya nyala. Tapi klo narik nya ngurut jarang banget nyala walopun speed diatas 100km/h. Klo boleh tau,itu knp ya?? Ane dah cabut (-) accu nya msh ttp aja gt. Meain c kga msalah,cuma khawatir aja yg nama nya lg d tol takut knp2.. Mohon pencerahan nya gan.. Mksh

Unknown said...

nanya nie boss ? mobil gw vios 2005 ex taxi,baru aja turun mesin,tapi masalahnya kalau digas tidak ada tenaga/ngempos bahkan mesinnya mati.dan indikator chek engine nyala terus. (sebelum turun mesin penyakit tersebut diatas ngak ada ) mohon pencerahanya ?

Unknown said...

maaf boss mau tanya bagaimana cara mengatasi chek engine nyala trs dan setelah chek engine nyala tau tau engine mati sendiri bos mobilnya toyota hilux mohon petunjuknya bos makasih.

Unknown said...

bos, mau tanya cara matiin lampu engine toyota vios seri g yg nyala terus gimana ya? karena kata makanik ga ada masalah, hanya karena

Unknown said...

Bos ane izin nanya nih ane pumya mobil.soluna 2001 kalau di gas langsung brebet kadang sampe mati kalau lepas gas ane bawa ke bengkel disuruh ganti isc(idle spead control) udah diganti tapi perubahan hanya sebentar brebetnya keluar lagi, mohon pencerahannya

Unknown said...

Kang mau tanya...
Aku punya corona...
Mobil tidak mau di gas, bs hidup tp cuman 1detik hbs itu mati lg...
Wkt di jumper TE1 + E1 indikator engine kedip2...
tp di speedometer hanya indikator engine saja yg nyala...
Ga ada indikator yg laen...
Jumper TE1 + E1 ini brapa menit yaa kang??
Kemudian di lanjut jumper TE1 + TE2 + E1 kemudian restart makr cara fuse EFI ama ACCU bs nyala agak lama sih tp mesin mobil jd brebet trus kalo di gas malah mati tp ga langsung mati brebet dulu baru mati...
Bs beberapa kali seperti itu trus...
Skrg dah ga bs nyala sama sekali cuman "ngek ngek ngek"
Kira2 itu kenapa yaa kang??

Unknown said...

Buat Suhu dan Master Otomotif
Mobil saya Toyota Innova 2008 manual bensin
Ada kendala / gangguan

Sensor Check Engine menyala lalu
Mesin running lalu naik diputaran RPM 2000 dan mesin mbrebet
Pedal gas di injak full tapi mesin ga ada reaksi alias ganteng di RPM 2000

Bisa normal kembali bila kunci kontak di OFF

Mohon Suhu dan Master bantuan pencerahannya

Terimakasih

Unknown said...

permisi bos , saya mau nanya ..
mobil avanza saya tahun 2005 , DOHC , mobil tidak bisa hidup , kalau di stater panjang bos , lampu cek engine nya mati , pergantian pompa dan busi sudah dilakukan , tetapi tidak bisa hidup juga , mohon pencerahannya bos , terima kasih bos

GuruBagus said...

Permisi gan.... minta ijin copy ya bosss. buat pembelajaran

jaya sugara said...

Saya mau nanya check engine avanza saya nyala tapi kalo di reset dengan lepas klem aki mau mati tapi sebentar setelah itu nyala lagi.. bawa ke beres gak ada hasil tetep sepeeti itu.. ini terjadi sehabis turun kop akibat mesin panas.. kenapa ya gan? Saya pusing nie

Unknown said...

Met mlm bang.mo ikut ngasih saran nih klo di mbl limo emg kbanyakan yg kena sensor O2 nmr 1 alias yg atas.dan efek nya klo g di ganti mesin ngempos klo gas diinjek n ujung2 nya bbm jg boros.biasa nya berasa klo mesin dah panas.solusi nya emg harus ganti sensor nya...

Unknown said...

saya punya toyota prado 1kz setelah turun mesin habis aku naikan mesin pas mau di hidupkan accu lampu di layar bawah stir menyala kurang terang sehingga solar tidat naik dikarenakan switt gak ber kedip utk medmpompakan solar sdh aku cek alilanya bagus tp lampunya menyala gak begitu terang bisa bapak sarangkan apa langkah yg saya harus lakukan selanjutnya..??? thanx

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

saya punya toyota prado 1kz setelah turun mesin habis aku naikan mesin pas mau di hidupkan accu lampu di layar bawah stir menyala kurang terang sehingga solar tidat naik dikarenakan switt gak ber kedip utk medmpompakan solar sdh aku cek alilanya bagus tp lampunya menyala gak begitu terang bisa bapak sarangkan apa langkah yg saya harus lakukan selanjutnya..??? thanx

Unknown said...

saya punya toyota prado 1kz setelah turun mesin habis aku naikan mesin pas mau di hidupkan accu lampu di layar bawah stir menyala kurang terang sehingga solar tidat naik dikarenakan switt gak ber kedip utk medmpompakan solar sdh aku cek alilanya bagus tp lampunya menyala gak begitu terang bisa bapak sarangkan apa langkah yg saya harus lakukan selanjutnya..??? thanx

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

saya punya toyota prado 1kz setelah turun mesin habis aku naikan mesin pas mau di hidupkan accu lampu di layar bawah stir menyala kurang terang sehingga solar tidat naik dikarenakan switt gak ber kedip utk medmpompakan solar sdh aku cek alilanya bagus tp lampunya menyala gak begitu terang bisa bapak sarangkan apa langkah yg saya harus lakukan selanjutnya..??? thanx

Unknown said...

Mau tanya mas...saya punya vios 2008 lampu check enggine menyala terus...sudah reset aki tetapi masih menyala...knp ya

Unknown said...

Mau tanya mas...saya punya vios 2008 lampu check enggine menyala terus...sudah reset aki tetapi masih menyala...knp ya

Unknown said...

gan toyota rush ane ga speedometer nya ga nyala, trus lampu engine check nyala truss... knapa tuh ya...
udah dibawa kebengkel terdekat ga ketemu masalah nya....
punya solusi ga.....?????

Unknown said...

Maaf sblmnya, aku mau tanya, aku punya great corolla tahun 94 akhir, awalnya check engine nyala, stlh dicek bengkel, katanya delco assy mesti ganti, kmudian aku ganti delco 1 set, sbg tambahannya aku ganti jg smua busi & kabel busi, trus thermostat & selang radiator, stlh diganti jln krg lbh 20km, esok harinya paling baru dipake 5km check engine menyala & mesin mati, kira2 apa penyebabnya ya? Saya blm check diagnostic yg pake komputer. Tks sblmnya. Salam

Unknown said...

mobil saya livina 2008 kadang keluar check engine dan gas jadi berat ,ketika dimatikan lalu dihidupkan engine hilang namun besoknya muncul lagi check enginenya.kenapa ya?

Unknown said...

Laila nurfitriani: itu masalahnya kemungkinan besar coilnya bocor.
Jadi brebet pas di gas.
Bawa aja ke beres, nanti kalo coilnya yg bocor satu palingan kena 850 rb udh plus jasa pasang coilnya plus reset pake komputer untuk cek enginenya.

Unknown said...

Itu indikasi coil yg kena.
Bawa saja ke bengkel resmi, nanti beres kok.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Laila nurfitriani: itu masalahnya kemungkinan besar coilnya bocor.
Jadi brebet pas di gas.
Bawa aja ke beres, nanti kalo coilnya yg bocor satu palingan kena 850 rb udh plus jasa pasang coilnya plus reset pake komputer untuk cek enginenya.

yudoadi.blogsopt.com said...

Para suhu, saya ingin berbagi sedikit barang kali membantu.
Liburan Desember 2015, mobil saya Pajero Dakar, tiba2 Engine check menyala di toll Cipali Arah Jakarta. Saya bingung lalu berhenti di rest area. Setelah googling ternyata kemungkinan di sebabkan karena solar busuk, tetapi tidak bermasalah kalau perjalanan diteruskan. Sesampai di jakarta dan masih suasana libur saya coba bongkar sendiri filter solar. Ternyata benar bahwa filternya hitam pekat dan kotor. (Filter solar pajero exceed tidak sama dengan dakar Lho).
Ternyata harga filternya ori lumayan mahal mendekati 300rb. Akhirnya saya carikan filter merek S****A. dengan harga cukup fantastik bedanya, hanya di tebus dengan 60rb. Setelah ganti filter berikutnya check ruang udara Euro 2. Betapa kagetnya ternyata sangat kotor dan banyak oli yang sudah berkerak. Ini yang menyebabkan konsumsi solar jadi boros. Akhirnya saya belikan carbu&injector cleaner dengan harga 50rb dan di semprotkan. Penyemprotan dengan kondisi mesin menyala lho. Hasilnya sangat luar biasa. Jadi bersih dan tidak ada lagi oli yang basah maupun berkerak. tapi pas proses penyemprotan asap yang keluar juga luar biasa hitam kaya metromini hehehe. Akhirnya test drive dilakukan. Hasilnya tarikan jadi lebih enteng dan asap mobil jadi berkurang, untuk konsumsi solar belum bisa dilaporkan karena blum coba jauh. Satu masalah masih tersisa yaitu check engine light masih nyala.
Akhirnya cari2 bengkel untuk mereset masih belum ketemu. Coba googling nemu alat yaitu bluetooth yang di konek dengan Android. Kebetulan lagi yang jual di kelapa gading, karena merasa dekat saya samper langsung dengan menebus kurang dari 150rb.
Sampai rumah lang sung di plug&play dan ghasilnya Check engine light mati, Alat ini juga bisa di pakai di Jazz keluaran 2008 keatas.
demikian sharing saya Semoga membantu

Salam yudoadi@gmail.com

Unknown said...

Selamat sore suhu2 great corolla,mohon pencerahannya,saya punya great tapi RPM GAS nya tidak hidup,kira kira apa yg musti saya cek ya..?mohon sarannya,terimakasih

Unknown said...

Selamat sore suhu2 great corolla,mohon pencerahannya,saya punya great tapi RPM GAS nya tidak hidup,kira kira apa yg musti saya cek ya..?mohon sarannya,terimakasih

Unknown said...

Lampu engine mobil avanza ku tidak nyala, terus tidak bisa di starter, padahal baru jalan 50 km gimana cara mengatasinya..?

Unknown said...

Permisi gan .. ane mau nanya nih.. ane pnya mobil xenia all new thn 2012..prmasalahannya, ktika mobil ane nyala bahkan jl ,mobil ane tsb mngalami sperti kehilangan arus klistrikan dgn durasi/0.5 detik saja.. hingga tape mati sjenak..dan msin hampir padam jg..lalu nyala kmbali hingga lampu indikator di spedometer nyala smua sprti awal starter mobil..ane udah bbrpa x mlaporkan kluhan ane k astra ttpi mreka juga blm bs mnganalisa dmn msalahny berhub bru ane yg mngalami kasus sprti ini.. kira2 agan2 atau agan pmilik blog ini bs mmberikan pncerahan kpd ane ..? Trima kasih salam sukses sllu

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Selamat Siang...Mas..saya mau tanya saya pake Yaris MAtic 2008....saya sudah ganti Pomba Bensin,Integrated Relay begitu juga udh d scan normal hasilnya mslh mobil saya masih ada..di mana saat mengendarai tiba2 mesin mati mendadak..saya set gigi ke P terus saya matiin stop kontak sebelum saya starter saya aktifkan lampu dim baru indicator nyala semua.....pasti setiap mati saya harus nyalain lampu dim..mohon pencerahannya Mas..terima kasih

Unknown said...

Sore om. Saya punya corona absolute 1997. Setelah di service ganti kabel busi infikator electric di speedometer tetapnya bila temperstur sudah tidak dingin indikator temporatur masih dibawah separo. Kata bengkel mesti ganti knock sensor tapi yg baru gak ada. Bisa ada info saya mesti nyari dimana ya? Salam

RCM Grafika said...

buat suhu semuanya tolong bantu saya bagi yang tau, saya punya kijang lgx efi saat bejalan tiba2 spemometer tidak muter lagi dan anehnya lagi lampu check engine menyala, lalu saya pun berhenti dan cabut sekering efi lalu lampu indikator check engine pun mati, tetapi spedometer pun masih tetap tidak menyala.

Unknown said...

Misi gan mau nnya.. Saya pake harier 2004 3.0 airs..lampu shockny kedip off terus.. Shock ny jd mati.. Pdhl bru gnti 2 bln... Kira2 knp tu gan? Mohon bntuan ny suhu2

Unknown said...

Lampu cek engine mobil sd Toyota crown saya nyala, setelah dicek ternyata itu sensor oksigen, karena sudah tau yg rusak maka saya tukar dengan mobil crown lainnya, tapi setelah beberapa lama dibuat jalan, cek engine nyala lagi dengan DTC sama.. Kira2 yg rusak apanya ya bang?!

Unknown said...

Lampu cek engine mobil sd Toyota crown saya nyala, setelah dicek ternyata itu sensor oksigen, karena sudah tau yg rusak maka saya tukar dengan mobil crown lainnya, tapi setelah beberapa lama dibuat jalan, cek engine nyala lagi dengan DTC sama.. Kira2 yg rusak apanya ya bang?!

Unknown said...

Ass... salam kenal bos... saya rahmat, mau nanya mobil tentang toyota great tahun 1995, great saya di gas kok ngedet gitu bos... apa masalahnya bos? . Kalau dibawa ngebut gk pa2.. tapi kalau d bawa santai... trus gasnya ditekan dikit ato d paksain dikit... trus ngedet... tolong ya bos solusinya. Terimakasih :)

Unknown said...

Ass...gan mf mau nanyain spedometr corona absolut automatic taun 95, tapi yang lain normal kenapa ya apa ada yang harus di ganti, dan perseneling nya agak keras kalo mau over ke belakang teh knapa kasih tau ya gan ?????

Lalu Muhamad Paizan said...

Selamat mlm. sdh satu minggu mobil sy mati tiba2 ndak mau hidup api d busi ndak ada n mobil sy lgx efi 1.8 apakah ecunya bermasalah atao coilnya n kondisi batteray baru. Mohon penjelasannya trimakaaih.

Unknown said...

Selamat sore, ni saya mau nanya lampu engine pada mobil saya hidup dan pada mesin mobil saya mengeluarkan asap, mobil saya innova bg, mohon saran nya, trimakasih

Unknown said...

Selamat sore, ni saya mau nanya lampu engine pada mobil saya hidup dan pada mesin mobil saya mengeluarkan asap, mobil saya innova bg, mohon saran nya, trimakasih

Unknown said...

Gan kalau great corolla 1992 lampu enginenya kedip kedip terus gak ada jeda waktunya pada saat obd jamper Te1 Te2 E3,dan busi selalu basah bensin tu penyebabnya pa ya gan mohon penerangannya gan

Unknown said...

Gan kalau great corolla 1992 lampu enginenya kedip kedip terus gak ada jeda waktunya pada saat obd jamper Te1 Te2 E3,dan busi selalu basah bensin tu penyebabnya pa ya gan mohon penerangannya gan

Unknown said...

Gan klo prado 1kz ga mau di gas sma sekali apa masalah nya gan...ane udh pusing 7 keliling nie gan....berbagai cara udah ane coba tpi masih ga ada perubahan...ECU nya sempat ada yg hangus ..udh sya gnti sma sja gan...mohon pencerahan nya gan

Unknown said...

Gan klo prado 1kz ga mau di gas sma sekali apa masalah nya gan...ane udh pusing 7 keliling nie gan....berbagai cara udah ane coba tpi masih ga ada perubahan...ECU nya sempat ada yg hangus ..udh sya gnti sma sja gan...mohon pencerahan nya gan

afif muslim said...

Maaf gan mau nanya lampu enggine nyala pas di hidupin pagi² trus jalannya gak bisa diatas 40km nah hbiz tuh sy buka penutup mesin saya cabut coil satu persatu hasilnya mesin kembali normal dan lampu enggiNe ilang dipaje sharian gak apa apa nah pas hari kedua dijalan gitu lagi tpi gak lama ilang endutannya tpi lampu tetap nyala yg sy mau tabya apakah coil yg bemasalah masalhanya di kampung benkl untuk injeksi jarang ahehe

Mr. Z said...

Sore gan mau nanya, saya punya masalah dg altis 2001 mengenai lampu indicator oli nyal terus, saya sdh ganti oli mesin dan filter oli tapi masih nyala terus mohon penjelasan nya gan trims.

Unknown said...

MOhon pencerahan gan

Saya sdh lakukan langkah demi langkah petunjuk diatas
Ternyata lampu berkedip mnunjukkan angka 22...tanda water temperature sensor terganggu

Saya sdh ganti sensornya...lampu masih nyala
Mesin pada keadaan dingin masih ada grebed....tpi kalau panas mah lncar jaya

Apalaginya masalahnya
Apakah sensor ga berfungsi atau kabel yang ga konek

Mohon bantuannya
Makasih gan

Unknown said...

Mohon infonya gan
Masalah pada Oksigen sensor toyota wish apakah bisa d servis tanpa mengganti yg baru....harganya mahal gan...hehehe....klu g d ganti apakah bisa menimbulkan masalah mesin..
Mohon bantuannnya...
Makasih sebelumnya

Unknown said...

Selamat pagi...ijin bertanya,,,mobil saya sedan toyotacorona exsaloon 2000cc injeksi...kalo pada saat mesinnya hidup baru 10 menit selang radiatornya sudah mengembung krn panas,,,terimakasih

Unknown said...

@Ridwan SB "bang mau tanya setelah cek kode slesai dan sy reset pake - accu dan saya cek lagi masih kondisi jemperan malah kedip2 terus ya, itu kenapa?

Unknown said...

Selamat malam saya punya all new corolla 97...saya manasin biasa aja pada mobil saya ..pas jln mobil endut2an saya diem dulu rpm stabil suhu temperatur di tengah...saya jln lg cuma beberapa meter mobil saya ndut2an lg terus cek engine nyala saya diem beberapa menit... Lalu mati sendiri..saya jalan lagi ndut2an lg terus cek engine nyala lg...masalahnya dimana..tolong kasih tau gan...?

Unknown said...

Mf gan mau tanya'Great corolla tiba tiba mogok..distart lampu chek engine nyala terus,kenapa ya bos?

Unknown said...

Maaf gan, nanya...
Belakangan ST191 saya sering nyala engine check nya. Biasanya klo lampu check engine nyala, lari nya agak nyendat ( terkecuali rpm 3000 ke atas baru kerasa ringan ).
Dan jikalaupun lampu engine cek nya nyala, mobil nya dipinggirin bentar. Matikan mesin selama 2 detik dan abis itu di idupin lagi mobil nya, lampu CE nya udh ga nyala lagi dan powernya pun kembali seperti biasa.
Kira kira kenapa ya gan ?
Thx sblm nya

Pablo Escobar said...

Mau tanya bro...saya punya corolla dx 98 solar. Stiap jalan 15-20km lampu engine check nyala,mesin hidup tapi gas tdk bisa naik. Tp stelah dimatikan dan dihidupkan lagi ..mesin kembali normal san bisa di gas. Mohon pencerahannya.. soalnya sangat tdk nyaman. Trims..

Pablo Escobar said...

Mau tanya bro...saya punya corolla dx 98 solar. Stiap jalan 15-20km lampu engine check nyala,mesin hidup tapi gas tdk bisa naik. Tp stelah dimatikan dan dihidupkan lagi ..mesin kembali normal san bisa di gas. Mohon pencerahannya.. soalnya sangat tdk nyaman. Trims..

Yuli motor said...

Bos minta pencerahan sya punya kijang LGX 1.8 efi tahun 2002, masalahnya kenalpot berasap hitam tebal dan pedas, udah services tapi blom sembuh juga,..

Admin WarnetGea said...

wah artikelnya sangat bermanfaat trimalasih ya sudah sharing,

oh iya bagi anda yang cari mobil toyota khususnya bisa di cek disini



harga mobil toyota kaltim balikpapan

mobil toyota tengarong kaltim

harga toyota samarinda kota

brosur harga mobil toyota kalimantan



pemesanan toyota wilayah kalimantan timur bisa wa saya di 081347984770

ImPhanno said...

Bagian2 apa aja itu om ?

ImPhanno said...

Ada yg bisa bantu jelasin gak om2..great xenia 2016 saya lampu indikatornya nyala, lalu saya lakukan cek dtc manual dan keluar kedupan 94, itu artinya apanya ? Makasih

Unknown said...

Maaf bos, kalo kode 39 kerusakannya di mana bos, tidak ada di tabel....

Unknown said...

Untuk mobil agya.. setelah membersikan saringan injeksi, fuelpump tdk berputar lagi jika kunci kontak di ON.. tapi klw di star fuel pumpnya berfungsi tapi mobil tidak bisa hidup trus di spidometer muncul gambar chek angine.. mohon bantuanyaπŸ™πŸ™πŸ™

Kang Andre said...

Om gretco saya lampu cek engine nyala saat jalan tp kadang2, setelah sy cek kedip 1x dan 4x. Terus begitu. Menurut articel di atas masuk kode 14 ya ada masalah di pengapian

edlak777 said...

selamat pagi para suhu,..mohon bantuan dan pencerahan nya.
saya pake toyota altis 2008 type v . kode indikator check engine system nyala trs,padahal sdh dibawa ke beres toyota dan pernah sampai overhoul/turun mesin.setelah di pasang mesin dll,kok masih nyala indikator tsb ..katanya Oil control valve nya,tp setelah di cek normal,.katanya ECU yg error dll,..penejelasan beres nya gak memuaskan

terimakasih

Anonymous said...

Om mohon bantuannya.... Mobil sy Corona St 171 mesin berat,panas,di rpm 2500 nyendat sudah saya cek diagnosa nya code 24, dan yg sy gak mengerti muncul kedipan engine 8xtanpa jeda lalu 11x tanpa jeda,mohon bimbingan nya om πŸ™πŸ™πŸ™

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --