Permasalahan Mobil Diesel

permasalahan mobil diesel

Banyak mitos yang beredar bahwa banyaknya permasalahan mobil diesel baik itu milik Toyota maupun pabrikan lainnya sehingga membuat ragu para pembeli mobil baru.Tapi apakah mitos tersebut masih berlaku untuk mobil-mobil Toyota bertenaga diesel keluaran terbaru seperti Toyota Fortuner, Toyota Innova, Toyota LandCruiser dan Toyota Hilux ?

Mari kita bahas lebih dalam mengenai mitos yang beredar sejak dahulu kala untuk mobil Toyota yang menggunakan mesin Diesel.

Masalah Mobil Diesel

1.Harga Mobil Diesel Mahal

Apabila kita membandingkan harga mobil baru maupun harga mobil bekas antara mobil dengan mesin bensin dengan mobil yang menggunakan mesin diesel memang benar kalau harga mobil diesel lebih mahal terutama untuk kapasitas mesin (cc) dan teknologi yang sekelas.Hal ini disebabkan mesin diesel dirancang untuk menerima getaran, tekanan dan panas yang lebih tinggi sehingga komponennya pun dirancang lebih baik dan lebih kuat bila dibandingkan dengan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin.Selain itu, dari pemakaian komponen pendukungnya seperti dinamo stater maupun aki membutuhkan kapasitas yang lebih besar agar kuat menyalakan mesin.

2.Mobil Diesel seringkali mengeluarkan asap hitam (ngebul)

penyebab asap hitam mobil diesel
asap hitam yang seringkali muncul dari mobil diesel

Asap knalpot yang ngebul berwarna hitam bukan menjadi hal yang aneh bagi mobil bermesinkan diesel, tapi tidak sepenuhnya benar mengenai image tersebut. Biasanya hal tersebut terjadi sebagai pertanda bahwa pembakaran yang tidak sempurna sehingga asap hitam keluar dari ujung knalpot sebagai arang.

Hal ini juga seringkali terjadi pada mesin diesel konvensional (lama) seperti Toyota Hardtop dan Toyota Landcruiser tahun '90an namun hal itu juga bisa terjadi pada mesin diesel modern.Terutama jika mesin bermasalah akibat terlalu banyak kerak yang tersisa yang disebabkan jarang melakukan perawatan rutin dan cara mengemudi yang kasar. Penggantian filter solar harus teratur akibat kualitas bahan bakar solar di Indonesia pun terbilang buruk sehingga menyebabkan mobil bermesin Diesel keluaran terbaru sekalipun dapat mengeluarkan asap hitam.

3.Biaya perawatan lebih mahal

biaya perawatan mobil toyota dieselUntuk perawatan rutin, apabila dihitung secara total, mesin diesel tidak terpaut jauh bahkan bisa dibilang sama bahkan lebih murah daripada mobil bensin. Hal ini disebabkan perawatan mobil diesel menggunakan komponen yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan mobil bensin dan lebih mudah dilakukan untuk pengecekan rutinnya.

Akan tetapi, apabila mobil diesel harus turun mesin atau overhaul maka part-part mesin diesel relatif lebih mahal, contohnya injector common rail harganya bisa 2-3x lipat bila dibandingkan dengan injector mobil bensin. Tetapi karena solar mengandung pelumas makanya usia spare part mesin diesel biasanya berumur lebih panjang dengan catatan service rutin selalu dilakukan.

4.Mobil Diesel tidak bertenaga

Dalam hal ini, mungkin yang dimaksudkan adalah mobil diesel sulit untuk diajak ngebut di jalanan beraspal (On Road), hal tersebut sepenuhnya benar dikarenakan mesin diesel mempunyai torsi lebih besar daripada mesin bensin.

Mobil diesel pada umumnya dirancang sebagai kendaraan angkutan atau Off Road sehingga desain mesin diesel lebih mengutamakan torsi (ayunan piston menjadi lebih panjang bila dibandingkan mesin bensin), namun seiring perkembangan jaman, mobil diesel modern saat ini sudah banyak dilengkapi dengan turbo sehingga tidak kalah bersaing dengan mobil bensin.Dan lagi sudah banyak perangkat tambahan yang dapat menambah horse power mobil.

5.Mobil Diesel penyebab polusi

Gas buang kotor yang dihasilkan mobil diesel memang benar tetapi hal tersebut khusus bagi mesin diesel konvensional seperti angkutan umum bus dan truk ataupun pada mesin diesel modern tetapi sedang mengalami kerusakan.

Mesin diesel modern sudah berstandar emisi EURO yang mementingkan minim polusi, apalagi saat ini mobil Toyota Fortuner sudah dilengkapi alat seperti EGR (Exhaust Gas Re-circulating) , catalytic converter dan turbocharger untuk mereduksi emisi gas buang.Dan apabila berbicara tentang polusi, asap gas buang pada mesin bensin justru lebih buruk dan mematikan, Asap buang diesel dapat menyerang otak jika kita seringkali menghirupnya tetapi asap buang bensin langusung menyerang ke darah yang dapat menyebabkan kematian.

6.Mobil Diesel bergetar dan berisik

penyebab mobil diesel tidak bertenaga
mobil diesel seringkali bergetar dan berisik
Hal ini adalah wajar sebab untuk menyalakan mesin diesel menggunakan sistem kompresi (bukan percikan api seperti mobil bensin), membutuhkan kompresi yang tinggi (hampir mencapai 2kali lipat mobil bensin) terutama guna menaikan suhu untuk membakar solar. Hal ini kerap terasa pada mesin diesel direct injection tetapi masalah ini sudah teratasi dengan teknologi common rail yang berkembang saat ini.

7.Mesin Diesel tidak boleh langsung dimatikan

Hal ini benar terutama apabila kita mengendarai mobil diesel konvensional yang sudah dilengkapi dengan turbo. Hal ini dimaksudkan agar komponen rumah keong jadi lebih dingin setelah bekerja dan terkena panas tinggi sehingga tidak terjadi perubahan suhu drastis ketika ingin mematikan mesin.

Namun untuk turbo sekarang, secara umum sudah memakai komponen yang lebih baik sehingga pengemudi dapat langsung mematikan mesin kapan pun tanpa harus menunggu kecuali setelah mengendari dengan kecepatan tinggi maka disarankan untuk menunggu beberapa detik. Dapat pula menggunakan turbo timer sehingga kita merasa lebih aman di dalam perawatan mobil diesel.

8.Mobil diesel harus dipanaskan terlebih dahulu baru bertenaga

Banyak orang yang mengatakan kalau memakai mobil diesel harus tunggu panas dahulu. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, seperti mobil bensin, tenaga optimal terjadi ketika mesin sudah mencapai suhu kerja. Semua mesin baik itu mobil Toyota bensin maupun diesel kalau masih dingin atau baru dinyalakan memang belum optimal sehingga tarikan mobil terasa kurang.

Artikel Terkait:

77 comments:

Kolom Blog Gratis said...

Thanks info permasalahan mobil disel bermanfaat sekali,...

Unknown said...

sama-sama om...

dedex_rangkuti said...

selamat pagi kang mimin..
saya punya mobil diesel toyota town ace 2 C, built in japan th 96( mungkncm ada dibatam nih mobil).
saya mau ty :
1. klu pagi mobil susah nyala (selanjutnyasehaian nih mobil lancar jaya).
2. pijar otomatis rusak,jd saya langsungka ke aki (manasin pijar manual), apa efeknya klu itu saya lakukan?
3. sekitar 2 bulan lalu mobil tiba2 mogok ditrengah jalan (asli emosi tngkat tinggi, selain karena mobil mogok, mobil di belakang klakson melulu, panasnya cuaca minta ampun (belum panasna neraka ya,heehe).
4. sesuai anjuran mekanik tuh mobildiservice (inject pump, nodzel baru, glow plug baru) abis sekitar 4 jt.
5. semingu pemakaian tuh mobil nyala pagi topcer, tarikan lancasr jaya, tp semingu setelah itu saya ganti oli, alhasil tuh mobil susah nyala klu pagi, tenaga kurang. padahal pagi saya sering buang angin. tetep susah nyala, walhasil baru beberapa kali start aki pun tekor.
6. solusi nya apa ya?

trims atas masukannya.

Unknown said...

dibantu yah kang buat permasalahannya :
1.Hampir semua mobil diesel yang dah lama kaya hardtop segala memang susah nyala ketika pagi, hal ini karena kualitas solar indonesia yang agak buruk dan memang udara pagi masih mengandung banyak embun sehingga susah untuk menghidupkan.. Solusi yang biasa dilakukan adalah rutin melakukan penggantian filter solar dan kalibrasi ulang injectornya.

2. efeknya : busi pijar lebih sering ganti daripada ketika otomatis pijar masih berfungsi, hal ini sangat menggangu ketika tiba2 mau stater agak sulit karena busi pijar yang sudah mulai aus.

3 & 4 : Mogok alias susah stater biasa karena saluran distribusi solar ada gangguan makanya montir mengajurkan untuk menservice bagian2 yang berhubungan dengan pendistribusian solar.

5. apakah oli yang dipakai kembali adalah oli yang sama dengan sebelum penggantian, takutnya karena perbedaan kekentalan oli sehingga menyebabkan hal ini terulang kembali...soalnya mobil dah tokcer sehabis service besar

semoga membantu

Dendy said...

Slamat pagi pak ridwan,..
Mau tanya, mobil saya fortuner diesel jebolan tahun 2008, mulai tahun ke lima ini mulai muncul masalah pada mesin.
1. setiap start engine waktu setiap mobil berhenti 10 menit keluar asap putih ngebul (bau oli terbakar), saya bawa ke bengkel diagnosa turbo bocor akibat sering campur bbm (bio solar & solar dex) juga penggunaan oli yg nga tepat. yg saya mau tanyakan apa benar bahan bakar dan penggunaan oli yg nga tepat bisa berakibat pada kerusakan turbo ??
2. setelah turbo di service ternyata pada start awal masih tetap ngebul asap putih kemudian disarankan untuk overhoul mesin (biaya nauzubila mahalll...).
mohon masukan dan sarannya. trims

Unknown said...

Dibantu yah bro buat permasalahannya...
1. Apakah menggunakan turbo timer untuk penggaturan turbo ? Biasanya dari permasalahan yang om hadapi ini kebanyakan karena lupa menggunakan turbo timer untuk mobil dieselnya. Mobil yang menggunakan turbo sebenarnya wajib menggunakan turbo timer sehingga mesin tidak langsung mati ketika mobil berhenti karena itu merupakan proses pendinginan turbo yang terpakai selama perjalanan.

Penggunaan bahan bakar tidak begitu berpengaruh terhadap turbo meskipun dicampur seperti itu, kalau penggunaan bahan bakar yang lebih sering menyebabkan mobil mengeluarkan asap hitam karena kualitas solar yang buruk dan tidak ada nya penggantian filter solar.

definisi penggunaan oli yang tidak tepat itu seperti apa ? apakah oli untuk mobil bensin digunakan untuk mobil diesel ? kalau seperti itu memang menyebabkan kerusakan di dalam engine (bukan hanya turbo)

2. Turun mesin karena asap putih itu hanya membutuhkan 2 komponen utama (beda kasus karena over heat) :
a. Packing set
b. Ring piston
untuk harga mungkin bisa langsung menghubungi saya karena saya membutuhkan data lebih detail untuk estimasi harga... Tapi memang biaya overhaul mobil diesel jauh lebih mahal dari mobil bensin..

semoga membantu

Dendy said...

Pak ridwan klo kebocoran pada turbo apa bisa diperbaiki ato harus ganti baru ? kalau bisa diperbaiki bisa tahan berapa lama ? trus berapa pak biaya pemasangan turbo timer ? trims

Unknown said...

Kalo turbo pada diesel tergantung dari kerusakan yang dialami pak, apabila belum parah masih dapat dibenarkan kembali, tetapi kalau sudah hancur hingga dalaman maka mau tidak mau harus diganti dengan yang baru...

Turbo timer yang terdapat pada tempat kami adalah turbo timer matic, dalam arti timer disesuaikan dengan kondisi turbo mobil, berapa lama perjalanan dan berapa jauh turbo digunakan. berbeda dengan turbo timer manual yang harus diset untuk 3 menit ataupun 5 menit dan setelah itu mobil baru mati secara otormatis...

Turbo timer + pemasangan : Rp 850.000

Hwy said...

Selamat pagi pak,saya mau tanya,labd cruiser saya tiap dipanasi pertama kali pasti asap putih mengepul lumayan banyak,tapi ketika jalan biasa saja,apakah itu normal kah??terima kasih

Hwy said...

Selamat pagi pak,saya mau tanya,labd cruiser saya tiap dipanasi pertama kali pasti asap putih mengepul lumayan banyak,tapi ketika jalan biasa saja,apakah itu normal kah??terima kasih

Unknown said...

selamat siang, nanya : air radiator selalu masuk di tanki tandon dan gak mau balik ke radiator, tutup radiator saya ganti baru dan radiator dah di bersihkan dan tak ada kebocoran, klo air yang ditandon dikembalikan ke radiator volumenya sama, apa penyebabnya ?? terima kasih
NB : kijang diesel LGX

Radian Diesel said...

Selamat malam Pak Ridwan...

Perkenalkan nama saya DELVY YULIZAR
Saya tertarik dengan artikel anda mengenai problem pada mesin diesel terutama pada injection pump dan injectornya.
Sejak tahun 1988 ~ 2010 saya bekerja pada perusahaan group anda yaitu DENSO JAKARTA. bagian technical service sebagai trainer untuk injection pump dan AC mobil.
Pada saat ini saya berdiri sendiri dalam bidang perbaikkan injection pump dan injectornya juga pada AC mobil.
bilamana bapak berkenan untuk hal ini. saya dapat membantu untuk perbaikkan injection pump dan AC mobilnya.
untuk itu Bapak dapat menghubungi saya lewat email atau HP di;

email : ydelvy@yahoo.com
HP : 081319307829
atas kerjasam dan perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Unknown said...

Hal ini menunjukkan bahwa ring piston pada mobil sudah mulai mengalami kerusakan. Penyebabnya adalah keadaan ring piston sudah mengalami penyempitan sehingga ada oli masuk ke dalam ruang pembakaran dan ketika mobil sudah panas, ring piston memuai kembali sehingga menutup celah yang tadi dihasilkan ketika mesin dalam keadaan dingin...

Unknown said...

Prinsip kerja pada radiator adalah ketika air bersirkulasi dan mencapai titik didih tertentu maka air dari cadangan akan masuk ke dalam radiator sehingga air berputar... ketika air dari cadangan tidak bisa naik kembali ke radiator maka perlu dicek di tutup radiator dan thermostatnya pak...

semoga membantu

Unknown said...

Saya turut senang mendengar adanya sdm yang berani untuk memulai usahanya sendiri.. Tentu saja hal ini akan didukung oleh kami dan saya keep dahulu no hpnya untuk dihubungi di kemudian hari,

sukses selalu pak Delvy

Unknown said...

Pak, mobil saya memakai mesin 2CT, apakah bapak bisa bantu mencarikan paking set/head dan juga ring piston?Mohon infonya ,klu bapak berkenan mohon sms saya di 085730232808.terimakasih

Unknown said...

salam kenal, nama saya heri,yang saya pertanyakan gimana merawat innova diesel,berapa lama penggantian filter solar dan bagaimana caranya,trima kasih banyak

Unknown said...

salam kenal juga pak Heri, merawat mobil diesel hal yang paling diperhatikan adalah memang filter udara dan filter solar. Filter udara penting karena mempengaruhi kondisi stater yang mana mobil diesel memang menggunakan udara sebagai tenaga untuk menyalakan mesin. Filter solar sendiri memang sangat mempengaruhi kondisi sisa buangan pada knalpot dan lari dari mobil itu sendiri..

Umumnya filter solar diganti setiap perawatan 20.000 KM, tapi kalau mobil jarang dipakai Pak Heri bisa memutuskan untuk mengganti di 15.000 KM karena ada solar yang mengendap pada filter solar.

Perawatan secara berkala tentu akan menyebabkan mobil sehat selalu dan bertenaga.

Unknown said...

sALAM OM

fORTUNER 2008 MESIN COMMONRAIL DIESEL
pROBLEM:
1. aKSELERASI AWAL PORSNELING 1 AGAK LEMOT, TERUTAMA KALUU MACET DI TANJAKAN SAAT MAJU KEMBALI PASTI LEMOT BANGET TAK BERTENAGA
2. pADA PORSNELING 2 KALO DI GEBER SAMPAI 3000 rpm AKAN KELUAR ASAP HITAM

mOHON INFO MENGATASI DUA POIN DIATAS

KONDISI DIATAS TERJADI BAIK SAAT SEMUA FILTER BARU (ff, oLI fILTER DAN AIR FILTER)

tERIMAKSIH SEBELUMNYA OM

sALAM

Unknown said...

@ arjuna : Tidak bertenaga mungkin ada permasalahan pada turbonya, coba bersihkan turbo...

Asap hitam memang permasalahan utama mobil diesel dan ini memang karena kualitas solar yang sangat buruk, ada bagusnya membersihkan kembali saluran bahan bakar sehingga fresh seperti awal

Unknown said...

saya pemakai kia pregio sudah berjalan kurang lebih 6thn. yang saya mau tanyakan masalah tenaganya pada start awalnya kok ngedrop ya pak.... gak seperti mobil diesel yang lain . apa perlu dipasang turbo....? terima kasih.

Unknown said...

saya pemakai kia pregio sudah berjalan kurang lebih 6thn. yang saya mau tanyakan masalah tenaganya pada start awalnya kok ngedrop ya pak.... gak seperti mobil diesel yang lain . apa perlu dipasang turbo....? terima kasih.

Unknown said...

salam kenal pak.
saya punya mesin genset isuzu 6wg1, pake common rail. rpm mesin stal jika dinaikan ke 1900 rpm, dari mufler keluar asap putih. kondisi semua filter baru dan pake solar industri,, kira kira kenapa ya pak?

Unknown said...

salam kenal pak.
saya punya mesin genset isuzu 6wg1, pake common rail. rpm mesin stal jika dinaikan ke 1900 rpm, dari mufler keluar asap putih. kondisi semua filter baru dan pake solar industri,, kira kira kenapa ya pak?

hung said...

saya ingin service injector common rail innova ? lokasi saya di tangerang ........mungkin sobat2 ada yg tahu bengkel recomendasi ....thx

Unknown said...

Min , mw nannya ni.
Mobil saya taft 89' bila ganti gigi asap nya semakin banyak! Penyebabnya apa ya min? Apa karena kualitas solar yg kurang baik kah?
Terima kasih,

Admin TB Center said...

salam kenal pak.
saya punya masalah dengan mobil kijang krista tahun 2001,akibat pernah kehabisan air,sekarang air radiator selalu masuk ke tanki air cadangan,lalu tumpah keluar,radiato tidak bocor,saya sdh chek dan bersihkan radiator,ketika saya bawa kebengkel kata montirnya deksel sdh tidak rata,katanya harus ganti seharga 8.500.000,apa tdk ada solusi lain?pada hal saya lihat hanya halus sekali kemiringannya,apa msh bisa hanya ganti paking aja?Tks

Unknown said...

salam kenal pak.
saya punya masalah dengan mobil kijang krista tahun 2001,akibat pernah kehabisan air,sekarang air radiator selalu masuk ke tanki air cadangan,lalu tumpah keluar,radiato tidak bocor,saya sdh chek dan bersihkan radiator,ketika saya bawa kebengkel kata montirnya deksel sdh tidak rata,katanya harus ganti seharga 8.500.000,apa tdk ada solusi lain?pada hal saya lihat hanya halus sekali kemiringannya,apa msh bisa hanya ganti paking aja?Tks

Unknown said...

Salam kenal pak.
Ane mo tanya,klo mobil panther th'2000 sering kali masuk angin dan dibiarkan kayak gitu terus selama 1 bulan,lalu efeknya apa itu bos

Unknown said...

Tolong dibantu boz

Unknown said...

untuk pak parlinsilalahi..
tidak usah diganti bisa diperbaiki kok pak,,nama nya ngegosok..soalnya saya juga pernah mengalami seperti bapak..

Unknown said...

Saya juga punya permasalhan yang sama dengan rekan2 yang lain tentang asap hitam dan asap putih yang keluar dari knalpot serta tenaga yang kurang responsif pada fortuner diesel 2008.
yangmau saya tanyakan
1. untuk mengatasi hal tersebut apakah efektif menggunakan pembersih ruang bakar seperi produk Wealthy Cleaning Tool Set (WICT) yang sudah diulas blog2 tetangga?
2. saat mobil mulai berjalan, kadang2 atau sering juga terdengar dari ruang mesin suara suara berderik mirip2 suara jangkrik.
3. getaran mobil sangat terasa getarannya sampai ke handling transmisi,apalagi waktu melintasi jalanan berlobang seakan handling seperti mau pindah ke free whell sendiri.
mohon solusinya pak
trims

Unknown said...

Pa saya pakai inova th 2005 diesel..KNP kalu dipakai jln jauh pulkam jarum spido meternya kok TDK berada do Nol tetapi menjadi di angka 20 ITU setelah +- 300 kg non stop...mohon dibantu infonya pa...terima kasih pa

Unknown said...

Pa saya pakai inova th 2005 diesel..KNP kalu dipakai jln jauh pulkam jarum spido meternya kok TDK berada do Nol tetapi menjadi di angka 20 ITU setelah +- 300 kg non stop...mohon dibantu infonya pa...terima kasih pa

akim said...

Bos aq pemakai Inova disel, yang mau saya tanyakan boleh tidak bahan bakar sering kami oplos dg non subsidi? klo boleh ada pengaruh tidak pada mesin? terima kasih sebelumnya.

sebar cerita mbeling said...

saya pake ford ranger 2008, ketika kondisi jalan macet lama, dari knalpot muncul asap putih .tp begitu jalan normal tidak ada asap sama sekali, kecuali saya injek pedal gas dengan kasar baru muncul asap hitem, normalkah mobil saya itu.trims

sebar cerita mbeling said...

saya pake ford ranger 2008, ketika kondisi jalan macet lama, dari knalpot muncul asap putih .tp begitu jalan normal tidak ada asap sama sekali, kecuali saya injek pedal gas dengan kasar baru muncul asap hitem, normalkah mobil saya itu.trims

Unknown said...

Salam kenal Pak Ridwan saya menggunakan mobil ford ranger 2500cc double cabin turbo 4x4 tahun 2002, permasalahannya pernah mengalami retak pada kop atas dan sudah diganti baru, tapi stelah itu saat ini setiap menghidupkan mesin mobil harus di pancing dengan semprotan bensin kira2 apa penyebabnya mohon saran dan masukannya,tks

Unknown said...

Pak saya dion pemakai ford everest 4WD 2010 common rail
Masalah pada mesin mobil saya adalah
- asap ngebul hitam pekat saat di akselerasi di atas 2000 rpm baik saat diam atau saat jalan
- tarikan berat
Sudah diganti fuel filter, air filter. Juga sudah dicoba ganti solar dex dan dicampur diesel treatment tapi masih tetap dengan masalah yang sama.
Mohon petunjuknya & terima kasih

Unknown said...

Saat mesin di start apakah muncrat dari radiator? Jika ya ganti deksel/silinderhead, atau di scrup di bengkel bubut(jika memungkinkan).

Unknown said...

Saat mesin di start apakah muncrat dari radiator? Jika ya ganti deksel/silinderhead, atau di scrup di bengkel bubut(jika memungkinkan).

Unknown said...

Saat mesin di start apakah muncrat dari radiator? Jika ya ganti deksel/silinderhead, atau di scrup di bengkel bubut(jika memungkinkan).

Agus kirun said...

Selamat malam pak, nama saya Agus
Saya punya permasalahan pada ford ranger saya 2.5 L tahun 2011 (belum commonrail) akselerasi dan larinya berat, padahal sudah ganti filter solar maupun filter udaranya, asap tidak mengepul
Mohon solusinya, terima kasih

ANDRE said...

Mobil saya kijang diesel trus ganti busi pemanasnya trus patah dan masuk ke mesin. Apa yang akan di akibatkan potongan yg jatuh ke mesin

Unknown said...

mobil kijang innova tahun 2010 mati. Pas di cek alat keluar tulisan Fuel system leak detected large leak, exhaust gas recirculation flow malfunction
apa kerusakannya ya pak ?
mohon petunjuk pak
helena

Unknown said...

Assalamuallaikum
Saya punya LGX tahun 2000 dan sekarang turun mesin karna metal dan as kruk udah parah ,kira" klo udah selesai bisa normal kembali atau nggak om? Dan kemungkinan bisa kambuh lagi gag om??

Unknown said...

Pak ridwan saya mau tanya....saya punya ford ranger dobel cabin tahun 2011 .2500 cc...nah saya punya kendala begini pak akhir2 ini saya rasa mobil saya kurang bertenaga contoh dijln aspal mulus agak naik sedikit....walaupun sudah digas di gigi 5 sudah ditinjak gas pol cuma naik sekitar 50 km/jam......kayak ada yang buntu gitu...trus kalau lagi dipacu diawal pas gigi 3 atau 4 biasanya dikecepatan 50 sampe 60 rada ngeraung....tp sebenter.....jadi menurut bapak apalah kira2 masalahny pak...trims

Unknown said...

Pak ridwan saya mau tanya....saya punya ford ranger dobel cabin tahun 2011 .2500 cc...nah saya punya kendala begini pak akhir2 ini saya rasa mobil saya kurang bertenaga contoh dijln aspal mulus agak naik sedikit....walaupun sudah digas di gigi 5 sudah ditinjak gas pol cuma naik sekitar 50 km/jam......kayak ada yang buntu gitu...trus kalau lagi dipacu diawal pas gigi 3 atau 4 biasanya dikecepatan 50 sampe 60 rada ngeraung....tp sebenter.....jadi menurut bapak apalah kira2 masalahny pak...trims

isrul said...

salam kenal ni pak ridwan,, masalah mobil sy ini,, kok mobil hilux double cabin yg terbaru pengeluaran tahun 2015 tiba tiba tarikannya terasa berat, kemudian apa bila gas nya di tekan, malah mesinnya mau mati

isrul said...

salam kenal ni pak ridwan,, masalah mobil sy ini,, kok mobil hilux double cabin yg terbaru pengeluaran tahun 2015 tiba tiba tarikannya terasa berat, kemudian apa bila gas nya di tekan, malah mesinnya mau mati

isrul said...

salam kenal ni pak ridwan,, masalah mobil sy ini,, kok mobil hilux double cabin yg terbaru pengeluaran tahun 2015 tiba tiba tarikannya terasa berat, kemudian apa bila gas nya di tekan, malah mesinnya mau mati

isrul said...

salam kenal ni pak ridwan,, masalah mobil sy ini,, kok mobil hilux double cabin yg terbaru pengeluaran tahun 2015 tiba tiba tarikannya terasa berat, kemudian apa bila gas nya di tekan, malah mesinnya mau mati

isrul said...

salam kenal ni pak ridwan,, masalah mobil sy ini,, kok mobil hilux double cabin yg terbaru pengeluaran tahun 2015 tiba tiba tarikannya terasa berat, kemudian apa bila gas nya di tekan, malah mesinnya mau mati

Unknown said...

mas, saya punya niat beli kijang kapsul diesel tahun 97. kira-kira dibandingkan kijang super/grang, lbih bagus yang mana ya? trus, apa sih masalah yang sering diahadapi kijang kapsul diesel?

Unknown said...

@BlogToyota, saya harus tahu apakah gas buang mesin diesel itu memang benar2 lebih aman dari gas buang mesin bensin yang merujuk pada gas buang yang lebih bersifat karsinogenik - pemicu kanker pada Manusia biasa? Saya dibilangin kenalanku dan artikel ini kalau menyatakan gas buang mesin bensin lebih banyak mengandung gas CO / Karbondioksida dibandingkan dengan gas buang mesin diesel yang lebih banyak mengandung gas CO2 / Karbondioksida.

ardy said...

ardy malang
tanya gan..
mobil ford ranger 2008 ada masalah ni:

pada RPM rendah mesin normal tetapi ketika RPM diatas 2000 mesin mbrebet ) hilang tenaga seperti kehabisan solar.
mohon solusi maaf dan trimakasih

Vikar said...

* MOBIL Sienta Paling IRIT *
http://m.news.viva.co.id/news/read/800096-fakta-fakta-menarik-toyota-sienta-diklaim-paling-irit
DP Sienta hanya 25jtaaaaaan
Harga resmi Toyota Sienta
ON THE ROAD:
- SIENTA E MT 230,000,000
- SIENTA 1.5 E CVT 248,000,000
- SIENTA 1.5 G MT 242,000,000
- SIENTA 1.5 G CVT 260,000,000
- SIENTA 1.5 V MT 257,000,000
- SIENTA 1.5 V CVT 275,000,000
- SIENTA 1.5 Q CVT 295,000,000

Info dan Pemesanan,
Vikar Ronaldo Toyota Pondok indah
✆ 0812 1287 4111 (WA)
Pin BB : 56B197A4
http://www.toyotamobilindo.com/

Unknown said...

As..nanya pak..hilux diesl 3.0 tahun 2006..tenegax bagus.gas buang bgs lampu indikator ..masalah biasanya mati tiba2.langsung stater tidak mauhidup.nanti di of dulu kontak lalu on lagi star bisa hidup..tangki.filter solar sdh di bersihin smuanya..kira apax itu pak...

Unknown said...

As..nanya pak..hilux diesl 3.0 tahun 2006..tenegax bagus.gas buang bgs lampu indikator normal..masalah biasanya mati tiba2.klw langsung stater tidak bisa hidup.nanti di of dulu kontak lalu on lagi star bisa hidup..tangki.filter solar sdh di bersihin smuanya..kira apax itu pak...

Unknown said...

Maaf pak ridwan kalo boleh tau alamat workshop Bpk dimana, terima kasih

Anonymous said...

Alamat bengkelnya di daerah mana ya pak Delvy?

Anonymous said...

Selamat malam pak Ridwan SB..mhn ijin bertanya.. saya kan pakai mobil land cruiser turbo diesel thn 97,tapi asap dari knalpotnya kok terlalu banyak keluarnya ya pak?tapi untuk masalah tenaganya gak ada masalah pak.mhn penjelasannya ya pak.. tks.

Unknown said...

malam pak ridwan saya van panjaitan, saya mau nanya ini pak ridwan saya punya mobil nissan patrol keluaran tahun 80 sekarang mobilnya gak kuat naik di tanjakan. masalahnya apa ya pak sama mobil saya yang gak tarik di tanjakan? terimakasih

Unknown said...

inova d4d 2005 masalahnya egr flow malfunction,egr sdh dibersihkan tapi lampu enggine masih nyala

Unknown said...

salken Pak Ridwan,

izin tanya pak, saya pengguna baru (1 bulan) panther touring 2002 (matic), setiap baru nyala (kondisi mesin dingin) keluar asap putih tipis.. apakah ini petanda ada kerusakan? tenaga enteng dan suara mesin normal, konsumsi BBM dalkot 1:9.5.. apakah masih termasuk wajar pak?

Unknown said...

Siang pak,, mau tanya,,,
Saya baru ambil kijang krista diesel th2000,, kemaren pas mau ambil mesin dah dicek mekanik,,normal gak ad masalah,,bunyinya juga normal,,hanya bak transmisi rembes olinya.. setelah bayaran,,langsung ganti oli mesin, gardan dan transmisi..lanjut dibawa pulang jarak -+390km,, isi solar 1kali,, kira2 km350an tenaga berkurang,,dr knalpot asap tebal.. sampe rumah mesin mulai agak kasar,, paginya dihidupin mesin kasar baget,,keluar bunyi "tak,,tak,,tak,, kayak mesin diesel punya traktor sawah..
Mati di tengah jalan mau kebengkel,, stater mudah, hidup bentar tapi mati lagi..

Dah dibongkar dikit,,solarnya bau aneh,,kayak minyak tanah/lampu..padahal isinya kemaren diPOM..

Mohon analisa dan penyelesainya pak... terimakasih. .

Unknown said...

Salam kenal nama saya Frengky Om..saya mau tanya 1 Ford 2011 DC base..ditanyakan tenaganya gak ada..apa lagi muatan 700 kg ditanyakan.
Mohon solusi gan..

Unknown said...

Salam kenal nama saya Frengky Om..saya mau tanya 1 Ford 2011 DC base..ditanyakan tenaganya gak ada..apa lagi muatan 700 kg ditanyakan.
Mohon solusi gan..

Unknown said...

Tapi, kenapa mesin diesel produksi Isuzu mulai tahun 2001 / 16 Tahun lalu sampai sekarang tidak ada yang menggunakan busi pijar untuk memanaskan BBM? Bahkan sepertinya Mobil Medium SUV produksi Isuzu Mu-X juga tidak punya busi pijar? Setahuku, Mobil2 Diesel buatan pabrik Isuzu selalu menggunakan sistem injeksi langsung, Turbocharger dan Commonrail.

Unknown said...

Saya juga lebih suka dengan Mesin Diesel untuk kebutuhan apa pun. Cuma belakangan ini ada kasus "Dieselgate" yang disebabkan emisi gas buang Mobil Diesel jauh lebih berbahaya dari yang di klaim oleh Pabrik Mobil VW. Jujur saja saya jengkel sekali sama perusahaan dan pabrik mobil VW yang begitu ceroboh. :-( Tapi untungnya emisi gas buang yang sangat beracun ini segera diketahui oleh pemerintah Jerman.

Unknown said...

mau tannya pak, di pabrik saya untuk menyalakan forklift kenapa harus dipancing dengan bensi dulu ya , apa penyebabnya dan solusinya gmana ya pak.
kalo ga dipancing ga mau nyala tapi kalo sudahnyala ga ada masalah, kalo sudah dimatikan pasti mancing pakek bensin. mohon arahannya

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

bos ikut nanya mobil toyota hilux D-4D tahun 2013 punya saya lampu kontrol enggine nya nyala ... terus rpm ngak mau naik paling pol 1900 kenapa ya ..??

Unknown said...

bos ikut nanya mobil toyota hilux D-4D tahun 2013 punya saya lampu kontrol enggine nya nyala ... terus rpm ngak mau naik paling pol 1900 kenapa ya ..??

Unknown said...

Saya punya hilx D-4D tdk mau hidup, apa karna ada kebocoran pipa nosel yg no4? Mohon bantuannya

wisnu said...

berapa estimasi biaya perbaikan oil turbo yg bocor pd fortuner?

Unknown said...

Innova disel saya thn 2009 ma Salah nyalampu indicator solar nyala terus mobil aat digas mati stater hidup lagi apa penyrebab mohon info

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --