Penyebab Mesin Mobil Brebet


Mesin mobil brebet atau menggelitik sehingga akselarasi mobil kita menjadi menurun dan menyebabkan kita merasa kurang nyaman atau malas untuk menggunakan mobil tersebut. Perawatan mobil kali ini akan membahas apa saja penyebab mesin mobil brebet atau menggelitik secara garis besar ada dua kemungkinan, yaitu yang berhubungan dengan pengapian mobil dan yang berhubungan dengan sistem bahan bakar mobil. 

Penyebab Mesin Mobil Brebet / Ngelitik

Komponen pengapian mobil :

  • Koil

koil mobil toyota kijang
  • Kabel Busi

kabel busi mobil racing
  • Busi


Busi Original Mobil Toyota

Komponen bahan bakar Mobil

  • Injektor  / Karburator

Injektor Toyota Great Corolla
  • Fuel Rail

fuel rail toyota soluna
  • Fuel Pressure

fuel pressure Corolla Twincam
  • Filter Bensin (Fuel Filter)

Penyebab utama mesin mobil brebet
  • Pompa Bensin (Fuel Pump)

Fuel Pump Vios

Gejala mesin mobil brebet / ngelitik biasanya terjadi pada semua tingkat kecepatan, hal ini disebabkan pasokan api atau bahan bakar yang dikirim dari sumbernya tidak bisa sampai ke tujuan dengan sempurna. Contohnya, ketika terjadi perpindahan gigi, mesin mobil menjadi brebet hal ini dapat disebabkan karena kondisi pengapian yang sudah tidak bagus, tidak mampu untuk membakar jumlah bahan bakar yang masuk sehingga bahan bakar menjadi over suplly atau tidak terbakar secara sempurna.

Salah satu cara mudah mengetahui adanya kebocoran pengapian adalah ketika malam hari atau dapat dilakukan pada tempat gelap sekalipun. Nyalakan mesin mobil dan lihat sekitar perangkat pengapian yang disebutkan di atas, kalau ada kebocoroan biasanya akan langsung terlihat adanya percikan api. Apabila kita merasa kurang yakin, kita dapat memegangnya langsung. Dijamin mata langsung segar dan teriak-teriak sendiri akibat kena setrum mobil.

Untuk mengetahui adanya masalah di dalam sistem bahan bakar, salah satu metode yang paling ampuh adalah menginjak secara tiba-tiba pedal gas sampai menyentuh dek mobil. Jika mesin brebet atau jeda, sebaiknya diperiksa komponen-komponen yang berhubungan dengan sistem pendistribusian bahan bakar. Hal ini disebabkan apabila kita menginjak gas secara mendadak maka mesin mobil akan meminta bahan bakar dalam jumlah yang banyak, kalau terdapat masalah di dalam salah satu komponen maka jumlah bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin mobil tidak akan terpenuhi sehingga menyebabkan brebet / gelitik.

Analogi sederhananya, kita dapat menganggap seperti kran air, selang dan penyemprot. Kran air dapat diibaratkan dengan fuel pump dan koil, kemudian selang sebagai kabel busi dan fuel rail. Penyemprotnya dapat disamakan dengan kabel busi dan busi. Jika kran kita buka penuh tetapi ada kebocoran pada slang, maka air yang keluar di penyemprot tanaman juga tak bisa maksimal. Selain itu, komponen pemberi dan penerima perintah mesin mobil juga bisa menyebabkan mesin brebet seperti ECU, Air Flow, Crank Sensor atau juga camshaft sensor.

Jadi apabila mesin mobil brebet maka komponen spare part antara pengapian dan pendistribusian bahan bakar harus kita cek terlebih dahulu sebelum melangkah ke sistem elektrik mobil karena harga spare part sistem elektrik mobil harganya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain mesin mobil brebet, biasanya permasalahan yang sering timbul adalah rem mobil yang blong secara tiba-tiba.

Semoga membantu

Artikel Terkait:

57 comments:

Anonymous said...

sip kang ( agus greco -magetan)

Unknown said...

sangat membantu.

Unknown said...

sangat membantu.

BulBul said...

Kang, boleh tanya.. kalau pada saya kadang kalau saya digas tiba2, lantas terasa seperti mobil tidak cepat berakselerasi, dan 1 detik kemudian terdengar mobil baru berakselarasi diiringi dengan bunyi seperti letupan yang menghasilkan bunyi dooops pada akhirnya sehingga mobil yang berakselerasi seolah terhenti sesaat baru kemudian maju lagi kenapa ya Kang..? saya sudah periksa injector, dan businya

Unknown said...

ini sepertinya sudah saya balas di artikel sebelumnya yah om... kalau ada bunyi doopss berarti ada letupan pengapian... apakah ada bagian header atau knalpot yang bocor ?

Unknown said...

Malam om Ridwan, mau tanya siapa tahu bisa kasih masukan... :)

Saya baru pakai GREAT COROLLA 1.6 tahun 1995 AUTOMATIC TRANSMISSION, mobil brebet (mesin getar) saat idle/stasioner di rpm 900-1000 (terutama saat AC dinyalakan)...kalau gas diinjak sampai rpm > 2000 getaran hilang dan akselerasi mobil baik2 saja untuk ukuran matik (rada lemot dibanding manual, tapi fitur Over Drive normal dan cukup membantu saat butuh akselerasi mendadak)

Gejala ini sangat terasa saat mesin dingin (pagi), saat mesin mulai panas gejala berkurang tapi tidak hilang..apalagi saat kipas AC nyala (bunyi "tek"...langsung getar/brebet/ndut2an terasa sampai ke jok), terutama saat macet2an dan posisi gigi saya tahan di D (AC hidup posisi rpm 1100-1200) sambil main rem ditengah macetnya pagi jakarta :b

Langkah pertama saya lakukan engine scan di bengkel spesialis toyota di MGK Kemayoran, (terbaca ada masalah di Idle-Up AC dan MAP Sensor), setelah saya ganti baru, secara scan engine sudah tidak terbaca ada kelainan elektrikal....TAPI masih brebet/getar saat idle

Langkah kedua saya cek sistem pengapian, mulai dari busi, kabel busi, distributor/koil/rotor/tutup delco saya ganti baru...cuman aki basah yang nggak diganti (indikator masih bagus)...hasilnya...masih getar/brebet saat idle

Langkah ketiga saya cek sistem bahan bakar, pompa dan filter bensin ganti baru, injector di kalibrasi ulang...fuel rail di cleaner, hasilnya...masih getar/brebet saat idle

Terakhir, karena mobil saya matik, temen saya kasih saran untuk flush oli matiknya (kinerja transmisi matiknya tidak ada yang saya keluhkan jadi hanya flush oli saja), TAPI itupun masih tidak menghilangkan getar/brebet saat idle

Catatan: mesin standar/ori bukan tuning racing, timing pengapian di angka 10 (sesuai buku panduan), fuel consumption normal ukuran matik (1 liter : 8,5 km - mesin 1600cc), AC dingin, ban dan kaki2 semua baru sesuai standar..

Temen2 saya nyerah hehe...masih bingung, sudah hampir semua potensi getar/brebet dicek/ganti, tapi kok masih sama gejalanya... getar/brebet saat idle, makin terasa saat AC dinyalakan, tapi hilang saat rpm > 2000

Mohon pencerahan om Ridwan, kemungkinan apa yang masih berpotensi menyebabkan getar/brebet saat idle mobil great corolla matik saya....terima kasih

-rifqi-

Unknown said...

Mas rifqi, sebelumnya perlu diluruskan bahwa getar dan brebet itu adalah penyakit yang berbeda.

Getar ketika idle dapat disebabkan oleh kondisi engine mounting yang sudah tidak bagus atau menggunakan engine mounting yang tidak original Toyota.. Engine mounting untuk Greco Matik sangat disarankan untuk menggunakan yang original karena kinerja nya jauh lebih berat dibandingkan mobil manual.
Saya tidak mendapatkan laporan dari mas Rifqi bahwa adanya penggantian engine mounting untuk masalah getar ini, maka saya rasa ini adalah sektor yang perlu dicek kembali.

"Rada lemot dibanding manual, tapi fitur Over Drive normal dan cukup membantu saat butuh akselerasi mendadak" <--- pernyataan yang mas berikan berarti mobil sebenarnya dalam kondisi prima untuk berakselerasi sekali pun.

Sedangkan pengertian Brebet itu adalah ketika rpm kita tidak bisa stabil alias naik turun dalam keadaan idle (tanpa nyala ac yah) serta tarikan yang terasa sering kosong ketika berakselerasi. Hal ini disebabkan karena pasokan bensin yang 'telat' dengan kondisi buka tutup katup udara di thorthle body.

semoga membantu

Unknown said...

Salam,,, Om mobil ane TC 1.6 Taon 90, klw ac mobil nyala, paginya mobil brebet, padahal klw gak pake ac, mobil lancar2 aja, alias pagi dikenalpot msh mngeluarkan air (embun),,,mohon pencerahannya om,,,oh iy, apa pengaruh TVSV yg dah gak ada ya OM,,tp selama ni mobil aman2 aja koq start pertama,,,trims atas prhatiannya.

Unknown said...

Penyakit mobilnya om ijal unik nich, pas nyalain ac, pagi2nya mobil brebet tapi kalo gak nyalain ac, mobil tidak brebet....

Kalau twincam sich penyakit brebet selalu ada di bagian karbulator, ini penyebab utama segala macam twinnie, tapi karena berhubungan dengan ac, coba cek di bagian vacuum ac nya dan idle up dia

Yudis Gendut Banget said...

Selamat sore om ridwan.. Saya mau tanya
Baru2 ini corona absolute saya selalu brebet kalo posisi transmisi di D atau R om.,bahkan sampe mesin mati,padahal kecepatan di speedometer sekitar 40kpj..
Dan sebelum mobil mati,lampu check engine selalu nyala..
Tapi,pada saat lampu check engine nyala,posisi transmisi saya oper ke N,lampunya mati,dan ga brebet kalo saya gas..setelah lampu check engine mati,saya oper lagi ke D,dan begitu saya gas,mulai brebet lagi om..
Kira2 penyakitnya dmn ya om?

Catatan : sebelumnya,setiap kali saya oper dari posisi netral atau parking ke posisi reverse atau drive,rpm selalu drop,tapi mesin gak pernah mati..

Unknown said...

masalah ane sanpai skrng blum tpecahkan om,,
Tuh TC ane kan dah gk pakek TVSV om (dah lepas) ap krn susunan vacumny yg salah y,,sgala cara dah ane coba om,,mulai dari ganti busi baru, bersihkan ruang carbu dgn STP carbu clean, tp tetap aj brebet esok hariny klw ac nyala... Mohon om pencerahan 'untuk susunan selang vacum yg sudah tidak mnggunakan TVSV' krn blum jg tpecahkan,,tmasuk teman2 ane yg pakek TC, bnyak yg tdk gunakan TVSV lagi,,mhon pencerahanny om...trm ksh sblunya, salam santun saya dari Pematangsiantar-Sumatera Utara (y)

Unknown said...

Selamat siang om... saya mau tanya dong....mobil saya peugeot505gti, 2bln yg lalu kebanjiran dan delco nya mati...akhirnya sayadapat kanibalan delco....setelah dipasang mobil nyala...dan saya sempat ganti watterpump....tapi permasalahannya kalau saya bawa jalan 30menit.,saat mesin panas....tiba2 mobil saya brebet dan seperti overhead....skali2 kalau saya paksakan jalan dia meletup2 dan ada bunyi getaran dibagian mesin...kira2 apa yg hrus saya lakukan ya? Kalau kata org bengkel saya hrus ganti silklep dan klepnya....mohon masukannya...#terimakasih

Unknown said...

Selamat siang om... saya mau tanya dong....mobil saya peugeot505gti, 2bln yg lalu kebanjiran dan delco nya mati...akhirnya sayadapat kanibalan delco....setelah dipasang mobil nyala...dan saya sempat ganti watterpump....tapi permasalahannya kalau saya bawa jalan 30menit.,saat mesin panas....tiba2 mobil saya brebet dan seperti overhead....skali2 kalau saya paksakan jalan dia meletup2 dan ada bunyi getaran dibagian mesin...kira2 apa yg hrus saya lakukan ya? Kalau kata org bengkel saya hrus ganti silklep dan klepnya....mohon masukannya...#terimakasih

Unknown said...

@ rici : Kalo ic mahal mas, bisa kena 1,2 jutaan yang baru...kondensornya original toyota kena 210ribu...saran saya mending ganti satu set delco copotan twincam, kalau memang bermasalah bagian ic, itu kena 1,3 jt

Unknown said...

mas kenapa gas kijang kapsul 1.8 EFI th.2000 punyaku jadi besar pada kondisi mesin hidup,tidak jalan. biasanya rpm menunjukkan angka 800 rpm, akir akir ini rpm diatas 1000. trims sebelumnya

Unknown said...

Misi kang nanya ..klo mobil ngedut" kadang" di gigi 1 sama 2 suka ngedut" knp ya? Ada solusi gak? Itu terjadi di saat mesin sudah panas kayak tiba" pengapian ilang ... mobil greco 95 makasi

Unknown said...

kalo ndut2an berarti saluran bensin ada kendala, cek saja bagian filter bensin dan tune up terlebih dahulu

VaNiLLa said...

Mas boleh saya numpang tanya..terimakasih sebelumnya..
Mas saya ada eterna DoHc91..dlu sebelum saya servis..mobil sehat2 aja. Tapi stlah saya servis..keadaan mobil malah jadi tidak seperti biasanya..
1. Waktu di starter timbul suara kasar kroook..pernah waktu itu mesin malah tidak mau hidup..saya coba lebih 3X baru nyala..saya heran..
dulu distarter lgsg Greng(tanpa suara krrook)..meski hentakan kunci kontak pendeg..
Sekarang harus aga lama mass ngontak nya...krook nya juga nge ganggu.. -_-
2. mesin hidup pagy hari biasanya saya injak pedal gas..suara lgsung Wruuuuung-wruung..putaran mesin sesuai..
Lha sekarang..pedal kegedean..mobil mati..
Pedal ane injek..
itu mobil kok malah brebet...tapi..kalo perlahan gasnya dya mau jerit kya biasanya mas..Jujur saya kecewa atas bengkel tsb..
saya benar2 baru masalah mobil..dan ini mobil pertama saya..yang dlunya saya semangat ngerawat..skg jadi lemes mas..
oh iya ada lagi..knalpot jadi ngebul ga karuan..
pernah juga dibersihkan menggunakan Karbu cleaner(apa ngefek jadi kebul/asap)
terima kasih bnyag mass..mav kalo saya ada salh kata..
karena mobil tetep idup dan saya biasa bawa pelan masalah itu kurang terasa..tapi tetap saya tidak nyaman..kalau bisa mau saya beneri..
tq somad :D

Unknown said...

saya punya mobil chery qq (china) pd pagi hari mobil sering mogok, kalau air intake sensor dilepas mobil nyala.
kira" masalahnya dimanaya? tolong saya dibantu teman??

Unknown said...

Gan,mau tanya mobil kijang krista sy klo da panas ngak ada tenaga ,jangankan pendakian jalan rata aja susahnya minta ampun tpi klo kontaknya di matiin trus dinyalain lgi langsung normal tpi ngak lama gitu lagi,,,,,bagi ilmu yaaaa gan.....

Unknown said...

Gan,mau tanya mobil kijang krista sy klo da panas ngak ada tenaga ,jangankan pendakian jalan rata aja susahnya minta ampun tpi klo kontaknya di matiin trus dinyalain lgi langsung normal tpi ngak lama gitu lagi,,,,,bagi ilmu yaaaa gan.....

Wahidin said...

Makasih om,sangat membantu di pengendara banget.

Wahidin said...

Makasih om,sangat membantu di pengendara banget.

Unknown said...

om saya punya masalah pada toyota cressida saya

ketika rpm tinggi sekitar 3500-4000 dan seterusnya mobil brebet ga abis2 seperti limit, padahal sebelumnya tidak knp2.

usaha yg sudah saya lakukan adalah mengganti filter bensin,busi full,kalibrasi injektor
yang belum saya cek kabel busi,koil,sama pompa bensin..mohon pencerahannya om...hal ini sangat menyebalkan..

terimakasih om mohon pencerahannya..

idho said...

Terima kasih sangat membantu

Gede Yohan Fernando said...

Kalau untuk idle up dan map sensor ori dengan harga yang bersaing untuk great corolla 95 bisa didapat dimana ya gan.
thanks gan

Gede Yohan Fernando said...

Kalau untuk idle up dan map sensor ori dengan harga yang bersaing untuk great corolla 95 bisa didapat dimana ya gan.
thanks gan

thegoeh mengaji said...

om saya punya masalah dengan toyota all new avanza 1.5G 2012.
1. Saat di kendarai dengan gigi 1 & 2 dalam keadaan pelan mengalami tersendat-sendat seperti orang baru belajar mobil dan seperti kurang seimbang antara gas dan kopling.
2. Untuk mesin kalau diperhatikan dalam keadaan normal tidak di gas agak goyang.
3. AC depan kurang dingin dan ac belakang yang keluar angin agak panas. (belum lama ini 16/7/2015 sudah di service ganti freon dan di bersihkan blowernya, selang yg terhubung ke ekspansi ac sangat dingin hingga mengeluarkan embun tetapi hasilnya sama saja tidak maksimal. mohon informasinya
Trim's.

mirza said...

Ass mas sy mau tanya mobil saya honda stream knp ya mobil saya klo mesinnya dingin di start merebet tp kalo udah di gas gas normal lg... Tolong mas pencerahannya

Unknown said...

Mas mau tanya mobil saya accord vtil tahun 1999 , waktu starter awal mobil harus distarter 2x dan waktu matiin mesin selalu timbul getaran seperti mesin mengayun , mohon pencerahannya itu kemungkinan gara" pompa bensin atau pengapian ?? Saya Ogir baskara Thank you sebelumnya

Unknown said...

Mas mau tanya mobil saya accord vtil tahun 1999 , waktu starter awal mobil harus distarter 2x dan waktu matiin mesin selalu timbul getaran seperti mesin mengayun , mohon pencerahannya itu kemungkinan gara" pompa bensin atau pengapian ?? Saya Ogir baskara Thank you sebelumnya

Unknown said...

selamat pagi mas, saya rahman di bogor. mobil ortu saya toyota kijang LGX 1.8 EFI. yang saya mau tanyakan, kenapa pada saat ada genangan air kita lewati mesin mobil jadi brebet?bahkan setelah beberapa meter melewati genangan air,saya coba gaspol malah knalpot jd nembak dan RPM mentok di angka 2.

Unknown said...

Mas mao nanya . Mobil saya kijang super g 1995 kalo posisi jalan keadaan mobil panas tiba tiba brebet trus nembak nembak . Kalo udah nembak lancar lagi normal lagi mobilnya. Kira kira apanya mas ? . Mksh mas

rusdisubaweh said...

Slm semuanya mau tanya klo Avanza type s th 2010. Klo di jalan tol suka kosong gas gasanya, setiap 10 menit sekali. Kt bengkel fule pumpnya, sudah Sy ganti masih tetap suka kosong gasnya. Trimakasih ya om info sblmnya

Unknown said...

Mas. Greco saya thn 94 1,3cc ex. Singapur..
Kalo hidup ac sekitar 15 menit kok mesin merebet ya mass..?
Saya sudah ganti busi sama kabel busi..
Tp masih merebet..
Tolong saran nya mas.. trims..

Addy S said...

Saya kemarin ngalamin rpm naik turun saat idle, terutama saat rpm rendah, saya ganti ISCV nya dan sembuh seketika..hehe sekarang lain Lagi masalahnya, rpm saat mesin dingin rendah banget (500), saat mesin panas normal di 1000 rpm..mohon pencerahan

Unknown said...

Mlam mas Ridwan, mohon pencerahannya. Mobil great Corolla thn 1995 punya suka brebet bahkan sampai gk bisa jln krn gas hilang,tp klo cpt dimatikan dan langsung di stater lgi mesin jdi normal, tpi gk lama pling skitar 5 menit brebet lgi. Udh sbulan ini mobil gk nyaman d pke. Udh sya tune up jg msh aja nempel penyakit brebtnya

Unknown said...

Mlam mas Ridwan, mohon pencerahannya. Mobil great Corolla thn 1995 punya suka brebet bahkan sampai gk bisa jln krn gas hilang,tp klo cpt dimatikan dan langsung di stater lgi mesin jdi normal, tpi gk lama pling skitar 5 menit brebet lgi. Udh sbulan ini mobil gk nyaman d pke. Udh sya tune up jg msh aja nempel penyakit brebtnya

Unknown said...

Tb nya kotor coba bersihkan pakai injektor clean.dan setel pengaturan udaranya

Unknown said...

Coba bersihkan idle up nya

Unknown said...

Coba bersihkan idle up nya

Unknown said...

oo..malamma setangna tu kawan..

yukie said...

selamat pagi mas, mobil saya kebetulan kijang super "90 nih. nah kebetulan ada sedikit keluhan. pas di gigi 3 pada rpm rendah tuh ada rasa "mbrebet" kenapa ya ? terus apa yang harus dilakukan supaya rpm mobil tidak menurun ketika ac dinyalakan ? [kipas extra kondensor ac nya otomatis nyala dan mati] akselerasi terasa berat ketika kipas ac nya nyala. mohon pencerahannya :D

Haryanto Simangunsong SP said...

dear all,

saya ingin menanyakan mengapa mobil hilux yang saya pakai tiba2 tidak bertenaga padahal filter solar sudah dibersihkan.

Unknown said...

pagi mas, numpang tanya mobil saya kijang super tahun 88...di jalan kemarin mobil mogok...sebelum mati mesin seperti tersendat - sendat dan mati perlahan...setelah beberapa saat coba dihidupkan...agak susah namun akhirnya bisa hidup dan jalan kembali kijangya...tapi setelah beberapa meter mobil mogok lagi...gejalanya seperti yang pertama...saya baru saja perbaiki dinamo starter dan ganti aki baru...sedangkan dinamo isi dan karburator belum pernah saya perikasa semenenjak dibeli ( mobil bekas mas )...mohon sedikit pencerahannya mas...terima kasih

Unknown said...

saya juga ngalamin hal yg sama dgn bro rifqi. sampe sekarang ga ketauan masalahnya dimana

Unknown said...

saya juga ngalamin hal yg sama dgn bro rifqi. sampe sekarang ga ketauan masalahnya dimana

Unknown said...

salam mas ridwan
saya mau tanya mobil mazda baby boomer saya terkadang mengalami brebet bila dipake pelan,kalo dipake kenceng mobil enak dipake,kenapa ya mas ..mohon dibantu

Unknown said...

Selamat sore mas, mobil saya ford everest tahun 2009. Kendala nya kalau posisi mesin hidup terus diinjak gas langsam rpm 1100 sampai 1300 mesin terasa pincang, asap hitam nya juga banyak. Sdah cek injector masih normal semua. Sebelum kejadian ini mobil sempet masuk bengkel karna injektor mati 1, sdah diganti injektornya malah timbul permasalahan diatas. Mohon pencerahannya mas berhubung orang bengkel sudah angkat tangan. Terimakasih

www..LINOTANRITA.com said...

Kalau avansa 1.3 2005 susah hidup tapi start percikan busi gak ada gimana yah.??

Unknown said...

Siang mas ridwan mau tanya saya punya innova bensin 05 kenapa pada gigi 2 selalu merebet.dan busi.filter bensin.fuelpump sudah saya ganti tapi masih saja.mohon info solusinya terimakasih

Unknown said...

Siang mas ridwan mau tanya saya punya innova bensin 05 kenapa pada gigi 2 selalu merebet.dan busi.filter bensin.fuelpump sudah saya ganti tapi masih saja.mohon info solusinya terimakasih

Unknown said...

Siang mas mau tanya kalau innova bensin 05 sering merebet pada gigi dua kenapa ya padehal busi.filter bensin.fuelpump sudah diganti

Unknown said...

Malam om... Saya punya all new corolla kadang gigi 1,2, kalo saya bawa pelan jalan mobil ndut2 dengan jarak ndutnya hampir sama, pencerahannya om.trimakasi

Unknown said...

Busi semua diganti, folter udara, dan kabel koil sudah diganti, kemungkinan kerusakannya dimana lagi om?

Materi Hawalah said...

Bang mau nanya, ini mobil brebet pas gigi 1 dan pas mundur, kadang sampe mati mesin nya, posisi netraal juga rpm naik turun gak stabil gitu knapa ya kira2

bungyans said...

terimakasih ,
semoga bermanfaat.
MOBA

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komen atau pertanyaan sebagai bukti anda adalah pengendara yang baik dan budiman

-- Jangan biarkan tabrak lari terjadi di tempat ini --